Baru-baru ini viral video tentang remaja putri yang makan buah di rak makanan segar, namun setelah digigit, buah tersebut dikembalikan lagi ke tempatnya. Aksi ini direkam dan dilakukan sambil tertawa. Warganet pun geram dibuatnya dan seperti tradisi yang sudah-sudah, pelaku pun membuat video klarifikasi minta maaf.

Memang ada banyak kelakuan nyeleneh pembeli saat belanja di supermarket. Ada yang karena tidak mau rugi, atau ingin bikin konten, hingga yang memang sudah kelakuannya saja yang agak minus. Barangkali Sobat Boombastis pernah mendapatinya saat belanja, atau mungkin pernah melakukan salah satunya.

Icip buah, alasannya tester. Tapi habis!

Ilustrasi tester buah [Sumber Gambar]
Kalian pernah lihat buah rambutan, baby orange, atau kelengkeng dijual di supermarket tapi sudah banyak yang rontok dan habis karena diserbu pembeli? Sering banget nih pembeli dengan dalih mencoba buahnya, akhirnya memetik satu, lalu menawarkan ke teman atau keluarganya. Masalahnya, tidak hanya satu pembeli yang ngide begini, tapi banyak orang. Sudah buah musiman, lagi diskon pula, malah ditester sampai habis. Idiih, tester apa doyan gratisan? Ish..ish..isssh… Tak patut.

Udah ditimbang, tahu harganya mahal ditaruh di sembarang tempat

Ilustrasi membeli buah [Sumber Gambar]
Naini nih, salah satu kelakuan tidak bertanggung jawab. Beli buah atau bahkan daging, tapi batal karena tahu harganya mahal setelah ditimbang. Karena tengsin buat balikin ke petugas, kadang diletakkan saja di tempat yang tidak semestinya. Hmmm, ini sangat merugikan ya, Sobat Boombastis. Sebelum plastik diikat dan ditempeli stiker harga, kita boleh kok minta pada petugas yang menimbang untuk mengurangi isi supaya tetap dibeli sesuai kondisi dompet.

Pegang-pegang daging dan ikan dengan tangan terbuka

Ilustrasi memilih daging [Sumber Gambar]
Kelihatannya sepele ya, tapi tangan kita ini bisa menjadi perantara kuman. Biasanya ibu-ibu atau anak kecil yang penasaran suka pegang enyoy-enyoy daging atau ikan. Tindakan ini bisa menghantarkan kuman dari tangan ke bahan makanan atau dari daging tersebut ke tangan kita. Biasanya disediakan jepitan kalau kita mau mengambil atau berinteraksi dengan daging dan ikan tersebut. Jadiii, kalau memang suka yang enyoy mending main squishy atau ngulen adonan roti aja yah agar lebih tepat guna.

Ambil barang tapi enggak jadi beli, balikinnya sembarangan

Ilustrasi ambil barang [Sumber Gambar]
Hampir sama dengan poin kedua, tidak hanya bahan makanan segar, kadang snack sampai handuk yang tidak jadi dibeli, suka tiba-tiba nongol di antara produk yang bukan sejenisnya. Padahal petugas supermarket itu menata sedemikian rupa agar kita enjoy dan lebih mudah dalam berbelanja. Plis, jangan nambah-nambahin kerjaan deh.

Ketemu rekan, ngobrol sampai ngalangin orang

Ilustrasi ngobrol di supermarket [Sumber Gambar]
Silaturahmi itu indah, tapi jangan di tengah jalan dan nutup-nutupin produk juga ya. Kasihan kan kalau yang lain mau ambil belanjaan dan dikejar waktu seperti kurir belanja online yang kini makin ramai digunakan. Kalau memang mau ngobrol, pastikan Anda tidak menghalangi jalan dan rezeki orang yes, Sobat Boombastis.

Bikin konten di supermarket

Bikin konten di supermarket [Sumber Gambar]
Sekarang semua bisa jadi konten. Ngedance di antara rak supermarket, foto dengan buah dan sayuran, ngevlog belanjaan dari berbagai angle, dan yang terbaru adalah aksi viral remaja perempuan makan buah lalu dibalikin lagi ke tempatnya.

 

View this post on Instagram

 

. Jangan ditiru yaaakss . Karena ujung ujungnya juga minta maap

A post shared by OFFICIAL LAMBE TURAH ENTRNT (@lambe_turah) on

Ngonten memang jadi kebiasaan baru di era ini, tapi pastikan bukan untuk pansos atau merugikan yang lain ya. Daripada tercyduk dan malunya sejagat maya. Bisa-bisa ke warung depan aja dibully lu.

BACA JUGA: 10 Kelakuan Nyeleneh Para Pembeli Online Shop Ini Malah Buat Gak Bisa Berhenti Ngakak

Dah, semoga kita tidak termasuk beberapa golongan merugikan di atas yes. Enggak ada faedahnya dan tidak bikin harga belanjaan kita lebih murah juga. Mari jadi smart buyer yang tetap keren tapi punya etika di tempat umum.