Menjelang idul adha, bagi mereka yang punya kelebihan harta dan mampu secara materi maka kurban adalah hal yang sangat dianjurkan. Hewan yang nantinya dikurbankan ini bisa berupa sapi, kerbau, domba atau kambing.

Ya, menjelang pemotongan setelah pelaksanaan salat ied selalu saja ada drama unik yang datang dari hewan-hewan ini. Seperti tahun ini, kelakuan hewan yang melarikan diri dan tak mau disembelih sempat membuat repot orang sekampung. Lebih lengkapnya simak deh ulasan Boombastis berikut.

Sapi ngamuk dan masuk sumur di Bandung

Sapi masuk sumur [Sumber gambar]
Kejadian ini dialami oleh masyarakat Desa Nyalindung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Dilansir dari detik.com, sapi dengan berat 4 kuintal tersebut melarikan diri karena tali pengikatnya kurang kencang. Iwan Lesmana selaku Wakil Komandan Rescue Regu Satu Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Barat mengatakan bahwa si sapi mencoba berlari sebelum akhirnya masuk ke sumur dengan kedalaman 15 meter. Tentu setelahnya petugas langsung melakukan evakuasi –yang memakan waktu 45 menit. Ketika diangkat ke atas, sapi tersebut sudah pingsan, tetapi masih ada detak jantungnya, sehingga langsung disembelih di tempat.

Sapi ‘mampir’ ke kafe sebelum berhasil di sembelih

Sapi mampir ke kafe [Sumber gambar]
Kejadian tak kalah unik juga terjadi di Semarang. Seekor sapi berhasil kabur dan mampir ke sebuah kafe, Portabello di Jalan Setiabudi, Nomor 82. Kejadian ini terjadi pada malam idul adha tepat sekitar pukul pukul 22.30 WIB saat para karyawan akan menutup kafe. Ia melihat si sapi yang terekam CCTV bingung karena tak tau harus ke mana. Sapi tersebut berada di dalam kafe sekitar setengah jam, sebelum akhirnya diarahkan keluar dan disembelih keesokan harinya. Ternyata sapi juga butuh ngopi 😀

Pak RT yang babak belur karena terseret oleh sapi

Pak RT yang terseret sapi [Sumber gambar]
Kalau yang ini kejadiannya di Jambi Sahabat Boombastis, tepatnya di RT 43, Kecamatan Jambi Selatan. Dari 7 ekor sapi yang akan dibawa ke masjid Sa’adunnajah, satu di antaranya mengamuk saat sedang dalam perjalanan. Karena takut melihat kerumunan warga, sapi yang talinya dipegang oleh Herman sebagai ketua RT tersebut berlari kencang. Herman sendiri akhirnya terseret sejauh 2 meter dan mengalami luka-luka akibat ulah si sapi. Herman dibawa ke puskesmas, sementara warga berusaha mengamankan hewan besar tersebut. Untung satu jam setelahnya, sapi bisa dievakuasi dan menjadi sembelihan.

Kaget mendengar petasan, sapi di Surabaya nyemplung ke sungai

Sapi masuk sungai [Sumber gambar]
Bunyi petasan memang suka bikin jantungan dan mengejutkan. Hal ini tidak hanya dialami oleh manusia saja loh, seekor sapi kurban di Surabaya pun merasakan hal yang sama. Peristiwa epic ini terjadi di Petemon Barat, Surabaya, Jawa Timur. Diduga kaget mendengar suara petasan saat warga sedang takbiran, sapi ini berlari lalu nyemplung ke sungai. Untung, petugas pemadam kebakaran dibantu oleh warga sigap mengevakuasi hewan ini. Hingga ia bisa selamat dan jadi santapan bersama di hari idul adha. Aneh-aneh aja deh kelakuan kalian para hewan kurban!

Yap, begitulah serangkaian drama oleh hewan kurban menjelang pemotongan di hari raya. Sebagai panitia atau pengurus kita juga harus tau bahwa sapi kadang bisa stress karena melihat kerumunan orang yang terlalu banyak, sehingga mereka kadangkala melarikan diri dan membuat repot panitia.