in

Sangarnya Negara-Negara dengan Kekuatan Laut Terbaik, Indonesia Termasuk?

Kita bisa dengan bangga mengatakan kalau Indonesia adalah salah satu negara maritim terkuat di Bumi. Alasannya apalagi kalau bukan karena kemampuan TNI AL kita yang luar biasa serta didukung oleh deretan alutsista yang mumpuni. Serius, kekuatan laut kita itu tak main-main. Kalau tidak, kenapa Tiongkok seolah seperti maju mundur ketika sengketa soal Laut China Selatan? Jelas karena mereka begitu memperhitungkan kekuatan kita.

Di Asia Tenggara Indonesia adalah negara dengan kekuatan maritim terhebat. Tapi, bagaimana di dunia? Tunggu dulu. Mungkin kita hebat ya, tapi kalau skalanya dibesarkan jadi level dunia, Indonesia kemungkinan bukanlah yang terbaik. Harus kita akui kalau beberapa negara di luar sana memang hebat soal militer khususnya di ranah kelautan. Nah, yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, siapa sih negara yang paling hebat di lautan? Jawabannya ternyata sangat tidak terduga, bahkan mungkin olehmu.

Baca Juga :10 Peraturan Aneh Bin Ajaib Yang Hanya Ada di Amerika Serikat

Jadi, negara mana yang layak untuk dijuluki raja lautan dunia? Berdasarkan data yang dihimpun oleh Global Fire Power, nih deretan negara paling jaya di samudera.

1. Korea Utara Adalah Sang Raja Lautan

Soal militer, Korea Utara selalu di-underestimate oleh barat. Yang ecek-eceklah, alutsista seken lah, dan sebagainya. Entah ya, barat kok selalu menghina Korut padahal aslinya negara ini luar biasa soal militer. Terutama angkatan lautnya. Global Fire Power menempatkan mereka di posisi pertama.

Kekuatan Laut Korut [Image Source]
Kekuatan Laut Korut [Image Source]
Tentu ada alasannya kenapa mereka sampai ditempatkan di posisi pertama. Yang pertama adalah jumlah alutsista mereka yang begitu horor. Kapal selamnya 70 buah, serta kapal defensif pesisirnya yang sebanyak 211 buah. Mereka juga punya beberapa Frigates dan juga Corvette full dengan meriam dan roket. Meskipun negara ini kadang bikin gregetan, tapi harus diakui kalau kekuatan lautnya luar biasa. AS pun bakal pikir-pikir kalau mau macam-macam.

2. Tiongkok Jadi Dewa Lautan Terkuat Kedua

Berawal dari negara cupu yang jadi mainan Jepang, kini Tiongkok berevolusi menjadi negara super gahar. Tanpa pernah disadari banyak negara, negeri tirai bambu melangkah pasti dengan makin memperkuat militernya dari waktu ke waktu. Tak hanya di darat dan udara, tentu Tiongkok juga memperkuat kekuatan lautan mereka. Kalau menengok daftar yang disusun oleh Global Fire Power, mereka adalah negara kedua terkuat di lautan.

Kapal Induk Tiongkok [Image Source]
Kapal Induk Tiongkok [Image Source]
Tiongkok ini memang benar-benar gila soal alutsista laut. Mereka hampir memiliki tiap jenis kapal tempur dan jumlahnya nggak main-main. Misalnya Frigates mereka punya 48 buah, Destroyer 32 buah, dan Corvette sebanyak 26 buah. Oh iya, Tiongkok ini juga punya satu kapal induk yang jelas harus dipandang sebagai salah satu pilar kekuatan laut mereka.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Inilah Kumpulan Video Penampakan UFO di Indonesia dan Sekitarnya yang Misterius

Mengenal Roebiono Kertopati, Sang Genius Ahli Sandi Pertama dari Indonesia