Kendati tidak bisa dibilang faktor utama, tapi kepergian Ronaldo awal musim kompetisi 2018/2019 dari Real Madrid, bisa dibilang mempunyai pengaruh lumayan besar untuk klub mentereng tersebut. Dimana ketidakhadiran Bintang Portugal itu, membuat klub asal ibukota Spanyol itu terlihat lupa cara mencetak gol. Alhasil, banyak hasil minor yang harus mereka catatkan.

Mulai takluk dengan klub medioker Spanyol, sampai dibabat habis-habisan di partai derby yang kerap disebut pecinta bola sebagai El-Clasico. Bahkan belum genap setengah musim usai, Real Madrid sudah harus berganti nahkoda untuk menambal ‘kebobrokan’ tim. Masih berbicara hasil buruk pemenang Liga Champions tiga kali beruntun ini, Boombastis telah rangkum deretan kekalahan menyakitkan Real Madrid pasca ditinggal Ronaldo.

Ditumbangkan saudara se-kota Atletico Madrid di final Super Eropa 2018

Gagal Juara Super Eropa [Sumber Gambar]
Berangkat dengan sebuah kepercayaan tinggi, lantaran mampu menjadi juara ajang tersebut selama dua tahun berturut-turut edisi sebelumnya, Real Madrid yang kalau itu menghadapi Atletico Madrid di final Super Eropa 2018, malah mendapatkan tamparan keras. Sergio Ramos dan kawan-kawan dibuat merasakan getir kekalahan setelah dibungkam saudara sekotanya tersebut. Tak tanggung-tanggung Atletico menghempaskan Los Blancos dengan skor telak 4-2. Empat gol juara UEFA Champions League dibuat oleh Diego Costa, Koke, dan Saul. Gol balasan Real Madrid diciptakan oleh Karim Banzema dan Sergio Ramos.

Sevilla buat Real Madrid rasakan kekalahan besar pertama di La Liga musim ini

Real Madrid kalah Sevilla [Sumber Gambar]
Selain Atletico Madrid, Sevilla juga menjadi salah satu kesebelasan yang memberikan derita berwujud kekalahan untuk Real Madrid di tahun 2018. Bahkan hasil minor yang dirasakan Madrid ketika menjadi kekalahan perdana di La Liga musim ini. Kala itu mantan klub Ronaldo itu dibuat tidak berdaya dengan berondongan tiga gol, tanpa dapat dibalas sekali saja oleh El-Real. Laga yang digelar di Stadion Sanchez Pizjuan itu memunculkan nama Andre Silva dan Wissam Ben Yader menjadi bintang lewat gol-gol cantiknya.

Klub medioker Levante buat Real Madrid rasakan kekalahan menyakitkan di Barnebau

Real Madrid takluk Levante [Sumber Gambar]
Masih berbicara hasil buruk Real Madrid di tahun 2018, Levante yang notabene klub medioker juga sempat melukai mereka dengan kekalahan. Saat itu klub berjuluk The Frogs, menggulung Madrid dengan skor 1-2. Dan parahnya lagi kemenangan penuh sejarah tersebut diciptakan dihadapan ratusan orang pendukung El-Real di Santiago Barnebau. Gol Levante yang membenamkan raksasa Spanyol itu diciptakan oleh Jose Luis Morales dan Roger Mariti. Sementara gol balasan Real di buat oleh Marcelo Viera.

Eibar buat Real Madrid bertekuk lutut dihadapan pendukungnya

Kalah dengan Eibar [Sumber Gambar]
Kekalahan atas tim semenjana juga ditorehkan Real Madrid kala berhadapan dengan SD Eibar. Ketika itu Madrid yang bertandang di kesebelasan peringkat 13 La Liga ini, ditekuk lewat tiga gol tanpa balas. SD Eibar membuka krannya gol di 16 menit pertandingan babak pertama berjalan lewat aksi ajaib Gonzalo Escalante. Lalu setelah torehan positif tersebut, tim berjuluk Armeros kembali menggetarkan gawang Madrid yang dijaga Thibaut Courtois masing di menit 52 dan 57. Kemenangan ini menjadi yang pertama Eibar setelah bertahun-tahun lamanya atas El-Real.

Di laga El-Clasico Real Madrid digunduli oleh Barcelona

Selebrasi Luis Suarez [Sumber Gambar]
Dari empat kekalahan tadi mungkin hasil akhir di partai El-Clasico pada bulan Oktober lalu menjadi cerita kekalahan paling menyakitkan di tahun 2018. Pasalnya saat itu Sergio Ramos dan kawan-kawan dibuat tidak berdaya dengan berondongan lima gol yang diciptakan oleh pemain Barcelona. Bahkan hanya satu gol saja yang mampu dibuat punggawa Real Madrid ketika itu. Hasil negatif tersebut semakin memperpanjang rekor kekalahan Madrid saat bertandang di Camp Nou.

CSKA Moscow buat Real Madrid telan kekalahan di Liga Champions

Dibungkam CSKA Moscow [Sumber Gambar]
Cerita kekalahan Real Madrid juga tercipta di pertandingan Liga Champions musim ini. Dan kesebelasan yang mampu membuat tim identik kostum putih tersebut adalah CSKA Moscow. Bahkan klub asal Rusia tersebut mampu mempermalukan Real Madrid dalam dua pertemuan. Dimulai dari bulan Oktober, CSKA Moscow mampu menaklukkan Madrid satu kosong, lalu pada Desember beberapa bulan lalu, juara liga Rusia ini kembali mengandaskan El-Real tiga kosong.

BACA JUGA: Layaknya Bumi dan Langit, Beginilah Perbedaan Nasib antara Ronaldo dengan Real Madrid

Begitulah Sobat Boombastis, beberapa kekalahan menyakitkan Real Madrid pasca Ronaldo hengkang. Apakah hal itu benar-benar akibat hilang CR7? Tentunya kalian-kalian bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan mudah. Tapi, terlepas dari hal itu harus diakui di tahun 2018 Real Madrid alami penurunan performa.