Proses pemadaman api akibat kebakaran hebat yang terjadi di wilayah Kalimantan dan Sumatera masih terus dilakukan. Sepanjang kegiatan dilakukan, ada banyak hal yang ditemukan oleh petugas. Seperti yang pernah diulas oleh Boombastis beberapa waktu lalu, ada sebuah ekor ular langka yang disebut sebagai Tangkalaluk, ditemukan sudah tidak bernyawa.

Kini, kejadian yang sama kembali terulang. Petugas pemadam kebakaran hutan yang tengah memadamkan api di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, menemukan sosok ular berkaki tiga yang telah hangus terbakar. Peristiwa kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang terjadi di Indonesia, sempat menyita perhatian publik belakangan ini. Tak heran jika kemudian muncul beberapa kejadian penting yang jadi sorotan banyak pihak.

Ular berkaki tiga misterius yang ditemukan di lahan yang terbakar

Tim pemadam kebakaran yang tengah bertugas di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, dikejutkan dengan penemuan hewan yang cukup unik. Saat ditemukan, tampak seekor ular yang telah mati terpanggang terlihat memiliki kaki di bagian bawah tubuhnya. Meski terlihat cukup misterius karena tak seperti ular lainnya, jelas hewan tersebut merupakan korban dari peristiwa kebakaran yang ada.

Kebakaran di lahan gambut yang susah ditaklukan oleh petugas pemadam

Lahan gambut yang terbakar [sumber gambar]
Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh petugas saat menangani kasus kebakaran lahan dan hutan (karhutla) adalah, sulitnya memadamkan api di lahan gambut. Bahkan, Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan, Hanif Faisol Nurrofiq mengatakan, hal tersebut sulit dihilangkan dan diperkirakan akan abadi hingga tibanya musim hujan. “Perkiraan saya, saat ini kita sedang mendapatkan bencana kebakaran gambut yang akan sulit dipadamkan, sehingga asap yang kini terjadi akan terus menghantui warga hingga musim hujan,” ujar Hanif yang dikutip dari Liputan 6.

Peristiwa kebakaran yang dipotret oleh NASA

Titik persebaran api yang menyebabkan kebakaran [sumber gambar]
Dahsyatnya peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberap wilayah seperti Kalimantan dan Sumatera, diam-diam telah menarik perhatian NASA. Ya, Badan Nasional Antariksa Amerika Serikat itu memotret kondisi terkini dari peristiwa yang ada. Dilansir dari Detik Inet, terlihat beberapa titik api di beberapa tempat yang menjadi penyebab kabut asap akibat peristiwa kebakaran yang terjadi.

Ular langka di hutan Kalimantan yang ikut menjadi korban ganasnya kebakaran

Sosok Tangkalaluk yang mati terbakar [sumber gambar]
Sebelum ular berkaki misterius yang ditemukan gosong tak bernyawa, hewan serupa juga ikut menjadi korban. Bukan sembarang ular, makhluk melata tersebut dianggap sebagai ular terbesar di Kalimantan yang disebut sebagai Tangkalaluk. Sama seperti korban kebakaran lainnya, hewan itu ditemukan lunglai tak bernyawa dengan tubuh gosong terjilat api.

Kebakaran hebat yang berubah menjadi bencana asap

Kabut asap yang menyesakkan dada [sumber gambar]
Tidak dipungkiri, bencana asap yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia diakibatkan dari kebakaran yang ada. Bahkan, peristiwa ini juga sempat membuat Menteri Lingkungan Malaysia, Yeo Bee Yin, saling tuding dengan pihak Indonesia soal asap yang telah menyebar hingga ke negaranya. Hingga kini, bencana berupa kabut asap tersebut telah menyebabkan masyarakat terkena gangguan kesehatan dan aktivitas tertunda.

BACA JUGA: Bikin RI dan Malaysia Ribut, 5 Dampak Serius Ini Bakal Terjadi Akibat Kebakaran Hutan

Kebakaran hebat yang terjadi beberapa waktu lalu, bisa menjadi cerminan bagi kita tentang bahaya yang ada. Peristiwa di atas, tak hanya merugikan manusia dan hewan, tapi juga menjadi sorotan hingga ke luar negeri. Betapap ngerinya jika masalah ini tak bisa diatasi dengan segera.