Siapa sih yang nggak kenal nama Andy Lau? Sosok yang namanya beken nyaris di seluruh belahan dunia ini emang udah begitu lama terjun di dunia hiburan. Kemampuan akting dan actionnya bikin banyak orang terkesan. Sama seperti Jackie Chan, Andy Lau memang pantas disebut rajanya aktor Hong Kong. Nggak cuma itu, aktor senior ini juga tercatat dalam Guinness World Records sebagai artis pria dengan penghargaan terbanyak.

Bayangin aja nih, saat tahun 2000 saja beliau sudah punya sekitar 292 penghargaan. Wow, jumlah yang nggak main-main loh itu. Dari sekian banyak film yang dibintanginya, nggak kebayang deh berapa banyak kekayaan yang beliau miliki. Apalagi sejak dinobatkan sebagai  salah satu dari  4 Heavenly Kings (4 Raja Dunia) bersama tiga aktor lainnya. Kalau dibayangin sih, pastinya Andy Lau menjalani kehidupan yang bergelimang harta dan kemewahan ya. Tapi, ternyata semua nggak seperti yang kita bayangkan. Sebab, aktor satu ini ternyata lebih menikmati kehidupan yang sangat sederhana. Wah, seperti apa sih? Berikut ulasannya.

Terlahir dari keluarga yang rendah hati

Buah nggak bakal jatuh jauh dari pohonnya, mungkin kita udah nggak asing sama pepatah tersebut. Tapi bisa dipastikan kalau istilah itu memang benar adanya. Sudah banyak bukti di sekitar kita, dan rupanya aktor Andy Lau juga bisa dijadikan salah satu contohnya. Ia terlahir di keluarga sederhana di Tai Po. Dan karena terlahir dari keluarga sederhana, Andy juga tumbuh sebagai anak yang mandiri.

Andy Lau dan keluarga besar [sumber gambar]
Saat masih kecil, Andy selalu bolak-balik mengisi air hingga delapan kali sehari, karena keluarga mereka tidak memiliki saluran air. Tapi toh, ia sama sekali tidak pernah mengeluh. Dan ternyata, sikap tersebut terbentuk tak lepas dari peran keluarga. Nah, seorang anak emang lebih baik dididik dengan kesederhanaan daripada kemewahan ya, ini bakal punya pengaruh penting buat masa depannya.

Saat sudah jadi artis, tetap nggak sombong

Apa yang jadi kebiasaan kita sejak kecil bakal terus terbawa sampai tua. Ini nggak bisa dibantah lagi. Kebiasaan seseorang emang paling nggak bisa berubah. Jika terbiasa dengan sikap baik, sampai kapan pun kita akan melakukannya tanpa disadari, begitu pun sebaliknya.

Andy Lau dan kesederhanaannya [sumber gambar]
Jika Andy Lau memang terbiasa rendah hati, bahkan ketika ia sudah memiliki nama beken sebagai artis, ia tetap nggak sombong. Ia kerap ngobrol ramah dengan tetangga, bahkan sering nongkrong bersama tetangga sambil minum teh tanpa rasa canggung. Ini baru patut ditiru.

Keluarga Andy Lau juga menikmati hidup sederhana, jauh dari kemewahan

Diketahui jika Andy Lau memiliki 3 orang kakak perempuan dan seorang kakak laki-laki. Jauh berbeda dengan saudara artis-artis pada umumnya yang suka menikmati kemewahan, saudara-saudara Andy justru sangat sederhana.

Kakak Andy Lau [sumber gambar]
Kakak sulungnya seorang ibu rumah tangga pada umumnya, tinggal di rumah tua dan suka sekali pergi ke supermarket yang sedang diskon. Keseharian yang sama sekali tak menunjukkan bahwa ia merupakan kakak perempuan dari seorang bintang dunia. Sementara itu, kakak laki-laki Andy Lau juga sederhana, ia bekerja di dunia perfilman, namun di bagian belakang layar.

Aktor kaya raya tapi kehidupan keluarga tetap sederhana?

Ini loh yang bikin banyak heran. Kenapa aktor kaya raya seperti Andy Lau justru membiarkan keluarganya hidup sederhana. Apa nggak pengen bantu keluarga agar punya kehidupan yang lebih mewah? Hal ini tentu saja dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab, menurut Andy, kesederhanaan adalah pilihan setiap orang.

Andy Lau dan keluarga yang jarang terekspos [sumber gambar]
Bagi Andy, hal itu tidak perlu dijelaskan lagi. Yang pasti, sebagai seorang aktor, ia ingin melindungi keluarganya dan menjamin agar mereka bahagia. Dan ternyata, keluarga Andy sendiri adalah orang-orang yang tidak suka disorot media. Yah, memang lebih baik jadi orang biasa, nggak selalu dikejar-kejar oleh awak media. Salut loh dengan cara Andy Lau melindungi keluarganya.

Jiwa sosial yang tinggi

Diketahui jika Andy Lau juga punya jiwa sosial yang tinggi. Selama ini, Andy memang sangat dermawan. Ia bahkan tak segan mengangkat anak dari belahan dunia lain. Salah satu yang diangkat anak oleh Andy Lau adalah wanita asal Indonesia.

Andy Lau dan anak angkat asal Indonesia [sumber gambar]
Wanita tersebut diketahui bernama Ninuk. Yuph, nggak nyangka ya kalau sosok artis terkenal tersebut sangat baik hati. Diketahui Ninuk diangkat sebagai anak di tahun 1997. Dan saat ini, Ninuk sudah menikah dengan pemuda Hong Kong. Ia juga sudah memiliki seorang anak.

BACA JUGA: Kabar Terbaru Jet Li, Si Aktor Kungfu Legendaris yang Kondisinya Sekarang Miris

Itulah kehidupan sederhana dari seorang Andy Lau. Seorang aktor besar tingkat dunia yang justru sangat rendah hati. Sosok yang fenomenal itu saja sangat membumi. Lantas, kita gimana?