Semenjak Sandiaga Uno terpilih menjadi pasangan Anies Baswedan dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa pekan lalu, sudah banyak ide-idenya yang tak jarang membuat kita semua tepok jidat. Meski sudah menjabat sebagai Wakil Gubernur, sikapnya pun tak berubah. Namanya juga pebisnis, bukan politisi.

Melihat fenomena tersebut, redaksi Boombastis.com berniat untuk merangkum ide-ide sekaligus kebijakan Sandiaga Uno yang tak henti membuat geleng-geleng kepala. Mulai dari idenya untuk membuat becak terbang hingga mempersatukan warga Jakarta lewat Jakarta Dance Meet Up. Simak ulasan berikut untuk tahu lebih lengkapnya.

1. Inovasi ‘ojek terbang’ bagi solusi kemacetan

Sebelum Sandiaga Uno dilantik di Balai Kota DKI Jakarta, ia pernah memberikan janji-janji ketika kampanye, layaknya calon pemimpin daerah lainnya. Namun, yang membuat janji Sandi jadi sorotan adalah ide-idenya yang kurang bisa dinalar. Salah satunya adalah inovasi tentang ojek terbang.

Sandiaga – Ojek Terbang [image source]
Dilansir dari tempo.co, Sandiaga Uno menyatakan ingin merealisasikan ojek terbang ketika Dicky Triambudi, seorang warga Tangerang sedang mengembangkan inovasi drone. Selain itu, Sandi pun menyatakan akan ada becak terbang ketika masyarakat DKI Jakarta bingung Tanah Abang diisi PKL dan tak ada akses bagi pejalan kaki.

2. Memberi pelatihan tukang becak tentang cara genjot yang bagus

Satu lagi pernyataan Sandiaga Uno yang bikin geleng-geleng kepala. Masih seputar tukang becak, ia menyatakan bahwa penarik becak di kampung-kampung Jakarta, akan diberi pelatihan tentang cara genjot yang bagus, seperti yang diwartakan oleh kumparan.com.

Sandiaga – Genjotan Tukang Becak [image source]
Netizen pun kebingungan atas ide luar biasa Sandiaga Uno tersebut. Mereka pun berkomentar “wah, ternyata genjot pun ada tekniknya, ya.” Kalau menurut sahabat boom sekalian, gimana cara genjot bagi tukang becak yang paling ampuh dan berkhasiat?

3. Bagikan Kartu Jakarta Jomblo (KJJ) bagi para fakir cinta

Bagi para jomblowan, ide Sandiaga Uno ini mungkin dianggap jempolan. Namun, tidak bagi sebagian besar warga Jakarta, mereka menganggap KJJ hanya akan mencampuri kehidupan pribadi warganya. Dilansir dari tempo.co, seorang pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio pun menyatakan “ngapain urusan pribadi diatur-atur oleh negara?”

Sandiaga – Kartu Jakarta Jomblo [image source]
Rupanya Sandiaga Uno mengusulkan ide ini karena khawatir populasi kota besar di Indonesia akan menurun. Sehingga KJJ diciptakan untuk memfasilitasi warganya agar bisa melakukan perkenalan alias taaruf di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). Nantinya di RPTRA aka nada pojok taaruf, dan pemegang KJJ bisa melakukan taaruf masal di sana.

4. Transjakarta harus cari rute lain agar tidak menyebabkan kemacetan

Masalah kemacetan memang sudah menjadi momok terbesar bagi warga DKI Jakarta. Ketika warga menuntut kemacetan Jakarta diatasi, Sandiaga Uno malah menyampaikan pernyataan yang mencengangkan. Ia malah memberi usul agar Transjakarta berinovasi mencari rute agar tidak macet.

Sandiaga – Transjakarta [image source]
“Cari rute-rute yang Transjakarta bisa merekayasa jalurnya supaya tidak terlalu macet. Be innovative lah. Cari rekayasanya sementara, kasih kemudahan kepada warganya,” ungkapnya, dilansir dari tempo.co. Yoga Adiwinarto, selaku ahli transportasi pun membalikkan pernyataan Sandi, “kenapa mesti Transjakarta yang cari rute rekayasa, kenapa tidak kendaraan pribadi saja?” Hayo loh.

5. Alexis menjadi Al Ikhlas dan membuka wisata halal di Jakarta

Penutupan hotel Alexis beberapa pekan lalu memang jadi polemik besar dalam Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di sisi lain, banyak warga setuju tempat praktek esek-esek itu ditutup, tapi sebagiannya lagi kasihan karena para pekerja Alexis akan kehilangan pekerjaannya. Berbeda dari pendapat mayoritas warga DKI Jakarta, Sandiaga Uno miliki pemikiran sendiri.

Sandiaga – Alexis [image source]
Lagi-lagi membuat netizen bertanya-tanya, apa maksud dan tujuan dari pernyataan yang ia keluarkan. Sandi berkata akan mengubah Alexis menjadi Al Ikhlas dan menjadikan tempat praktek esek-esek itu menjadi wisata halal di Jakarta. Waduh, waduh, gimana wujudnya ya?

6. Atlet berprestasi unjuk gigi di trotoar Sudirman

Ketika para atlet bertanya nasib serta apresiasi pemerintah terhadap mereka, Sandiaga Uno lagi-lagi punya jawaban yang ajaib banget! Ketika sang Gubernur, Anies Baswedan menyatakan akan membuat hall of fame alias kumpulan foto-foto para atlet berprestasi di trotoar sepanjang jalan Sudirman, wakilnya malah mengatakan hal yang berlawanan.

Sandiaga – Atlet di Trotoar [image source]
Dilansir dari tempo.co, Sandiaga Uno malah menyatakan bahwa atlet-atlet berprestasi itu akan disediakan tempat di trotoar Sudirman untuk unjuk gigi alias menampilkan bakat-bakatnya. Sontak netizen Indonesia yang super kreatif pun membuat meme-meme tentang pernyataan Sandi tersebut. Untung saja ia tak seperti Papa Setnov yang mengancam para pembuat meme dirinya.

7. Persatukan warga DKI Jakarta melalui Jakarta Dance Meet Up

Sudah bukan hal baru lagi bahwa Sandiaga Uno adalah sosok yang rajin berolahraga, terutama senam. Setiap Jumat pagi, ia bersama ibu-ibu serta para PNS di Balai Kota melakukan senam bersama. Lagu andalan yang selalu diputar adalah Sayang milik Via Vallen.

Sandiaga – Jakarta Dance Meet Up [image source]
Namun ternyata, kebiasaannya tiap Jumat pagi itu memberikan Sandi ide kreatif. Seperti yang diwartakan oleh kompas.com, ia mengusulkan program Jakarta Dance Meet Up yang dibuat untuk mempersatukan warga Jakarta dalam trah kesenian. “Sebab, berdansa itu bisa memperpanjang umur kita,” pungkasnya.

7 pernyataan sekaligus rencana kebijakan Sandiaga Uno ini hanyalah secuil dari ide-ide unik bin ajaibnya. Belum lagi yang masih tersimpan di kepala serta beberapa yang tak terkuak ke publik. Ya, sebagai warga DKI Jakarta yang baik dan taat aturan, kritik serta solusi sangat diperlukan loh jika ada kebijakan pemerintahnya yang kurang masuk akal.