Kebakaran Komnas PA Diduga Ada Unsur Sabotase

oleh Adys Disty
07:00 AM on Jun 29, 2015
Kebakaran Komnas PA via tempo
Kebakaran Komnas PA via tempo

Peristiwa kebakaran Kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) diduga terkait dengan kasus pembunuhan Angeline yang sedang ditangani lembaga ini. Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan akan menginvestigasi kejadian ini. Mengingat Komnas PA sedang berupaya untuk mengungkap kasus pembunuhan yang terjadi di Jalan Sedap Malam Nomor 26 Sanur, Denpasar, Bali tersebut.

Arist menduga kantornya terbakar bukan karena kecelakaan. “Saksi mata mendengar suara ledakan atau petasan di atap sebelum api muncul. Jadi ini diduga ada keterkaitan dengan kasus Angeline yang saat ini sedang diperjuangkan sama Komnas PA” kata Arist di kantornya yang terbakar, Sabtu (27/6).

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Menurutnya, kebakaran ini mengindikasikan teror, intimidasi, dan sabotase. Sebab sejak 16 Mei 2015, Komnas PA sudah terus mengawal kasus kematian Angeline. Bahkan, kejadian ini mirip dengan kebakaran kantor Komnas PA pada tahun 2009 lalu. Saat itu, lembaganya juga tengah menangani kasus kekerasan terhadap anak yang fenomenal. “Saat itu, kami menjadi satu-satunya lembaga yang menyimpan hasil tes DNA kasus kekerasan anak,” tuturnya.

Ada sekitar 12.000 dokumen yang lenyap, diantaranya laporan pengaduan kekerasan anak pada 2010-2014. Namun, jika kebakaran kantornya hanya untuk menyasar dokumen kasus Angeline berarti pelakunya dianggap gagal. Sebab dia masih menyimpan kopi dokumen itu secara lengkap di tas ranselnya. “Bisa dibilang pelaku kecele bila menganggap telah berhasil melenyapkan dokumen Angeline,” ucapnya.

Arist menambahkan dalam waktu dekat dia akan berkoordinasi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menanyakan penyebab kebakaran tersebut. “Kemungkinan serba ada kemungkinan dari hasil investigasi. Kita akan koordinasi dengan pihak PLN, investigasi bisa berulang. Saksi yang ada di lokasi kejadian juga sudah dibawa ke Polsek untuk dimintai keterangan,” imbuhnya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Muhammad Iqbal mengatakan saat ini polisi sedang mengusut penyebab terjadinya kebakaran tersebut dan belum ada laporan dari laboratorium forensik. Polisi juga sudah memeriksa saksi dari penjaga sampai tetangga sekitar. Mengenai kerugian yang dialami atas kebakaran tersebut mencapai miliaran rupiah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA