Imej Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang kerap dipandang jelek oleh masyarakat karena ulah segelintir oknum-oknumnya, tentu tak semuanya dilakukan oleh korps baju cokelat tersebut. Masih banyak dari mereka yang melakukan kegiatan positif yang justru mendatangkan manfaat besar sekaligus inspiratif bagi sesama. Salah satunya yang dilakukan oleh anggota Polres Mamasa, Sulawesi Barat berikut ini.

Dilansir dari News.detik.com, petugas polisi bernama Bripda Yusran tersebut membuat perpustakaan keliling demi bisa meningkatkan minat membaca anak-anak di Mamasa. Tak ayal, apa yang dilakukannya itu banyak diapresiasi oleh banyak pihak. Selain Bripda Yusran, masih banyak dari polisi yang juga melakukan hal inspiratif dengan caranya masing-masing. Tak hanya bermanfaat, tapi juga membuat hati kita tersentuh.

Sedekah pada mereka yang membutuhkan ala Brigadir Polisi Sandi Praja

sedekah ala Brigadir Sandi Praja [sumber gambar]
Menebar manfaat pada sesama lewat sedekah, menjadi rutinitas bagi seorang anggota Bhabinkamtibmas dari Sukabumi, Jawa Barat yang bernama Brigadir Sandi Praja. Dilansir dari News.detik.com, ia memiliki program khusus yang ia terapkan secara konsisten yakni satu bulan satu kebaikan, di mana dirinya menyisihkan gaji dan tunjangan untuk dibagikan pada warga yang membutuhkan.

Jenderal Polisi Umar Septono yang humanis dan dekat dengan rakyat

Kerap bantu gali kubur [sumber gambar]
Sosok Irjen. Pol. Umar Septono, bisa dibilang merupakan sosok perwira polisi yang membumi dan dekat dengan rakyat. Hal ini dibuktikannya dengan serangkaian aksi inspiratif yang mungkin tak banyak dilakukan oleh perwira tinggi Polri kebanyakan, seperti ikut membantu menggali kubur bagi seorang warga yang meninggal, mencium tangan seorang pengemis wanita renta saat melakukan sidak ke pasar Terong, hingga memerintahkan seluruh anggota di jajarannya untuk mencari orang yang dilanda kesusahan untuk diberi sedekah.

Bripka Fauzi Alqomar yang sediakan nasi bungkus gratis

Bripka Fauzi Alqomar yang rutin bersedekah nasi setiap Jum’at [sumber gambar]
Sama seperti Brigadir Polisi Sandi Praja yang menyedekahkan sebagian pendapatannya, sosok Bripka Fauzi Alqomar juga menebar manfaat dengan menyediakan nasi bungkus gratis. Dengan gerobak bernama Warung Shadaqah, anggota Polri yang bertugas di Kepolisian Sektor Sempor, Kebumen ini membagikan nasi bungkus gratis sebanyak 2.000 bungkus setiap Jum’at.

Brigadir Nur Ali Suwandi yang mendirikan panti asuhan

Berbagi kasih sayang dengan sesama, ditunjukkan oleh Brigadir Nur Ali Suwandi dengan mendirikan sebuah panti asuhan. Ia tulus merawat anak yatim yang berjumlah lebih dari 100 orang hingga berhasil membangun empat masjid. Alhasil, apa yang telah dilakukannya diapresiasi oleh Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian. “Saya datang ke sini, saya kagum dengan sosok Bintara yang tulus merawat anak yatim lebih dari 100 orang, mampu membina mereka, meyakinkan banyak pihak memberikan bantuan, telah membangun 4 masjid, semua ini dilakukan bukan untuk keuntungan pribadi,” katanya yang dikutip dari Regional.kompas.com.

Bripda Yusran yang menjadi ‘lentera’ bagi masyarakat sekitarnya

Bripda Yusran yang menjadikan motornya sebagai perpustakaan keliling [sumber gambar]
Jika anggota Polri lainnya banyak yang melakukan sedekah harta dan tenaga, Bripda Yusran yang merupakan anggota Polres Mamasa, Sulawesi Barat ini punya caranya sendiri untuk berbagi kebaikan. Dilansir dari News.detik.com, ia menyulap motor dinasnya menjadi perpustakaan keliling demi bisa meningkatkan minat membaca anak-anak di Mamasa. Buku dan boks yang dibawanya tersebut, dibuat oleh petugas Bhabinkamtibmas di Polsek Tabulahan itu dengan cara menyisihkan gajinya.

BACA JUGA: Seladi, Seorang Bintara Polisi yang Juga Berprofesi Sebagai Pemulung Sampah

Polisi juga manusia. Setidaknya, hal mulai di atas menjadi bukti bahwa para petugas Polri di atas sesungguhnya memiliki empati dan kepedulian yang tinggi pada masyarakat. Dengan caranya masing-masing, mereka sukses mengubah imej kepolisian yang selama ini kerap dipandang miring oleh masyarakat, menjadi rasa hormat dan menginspirasi sesama.