Tak lelah terus berinovasi, PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) meluncurkan sebuah pengisi daya listrik yang dinamakan Power Bank Express Power Service. Dilansir dari laman industri.kontan.co, alat tersebut serupa dengan alat charger ponsel namun memiliki ukuran yang lebih besar alias ‘Raksasa’.

Karena keberadaannya sebagai penyalur daya listrik, secara otomatis dapat memberikan manfaatnya lebih dibandingkan jika menggunakan alat konvensional biasa. Tentu saja, ada banyak keuntungan yang bisa diraih oleh masyarakat jika mau menggunakan teknologi tersebut. Apa saja yang bisa didapat?

Menghemat biaya pengeluaran listrik dari BBM

Ilustrasi lebih hemat dari genset [sumber gambar]
Selama ini, tenaga listrik alternatif yang banyak digunakan oleh masyarakat umumnya berasal dari genset yang menggunakan BBM. Dilansir dari laman industri.kontan.co.id, dengan asumsi perhitungan harga solar non subsidi sekitar Rp 9.000,00 per liter, berarti harga listrik dari genset adalah Rp 3.000,00 per Kwh. Sementara jika menggunakan Power Bank Express Power dari PLN, hanya dikenakan biaya Rp 1.600 per kWh.

Lebih sehat dan ramah lingkungan

Inovasi teknologi yang ramah lingkungan [sumber gambar]
Tak hanya menghemat dari segi biaya, alat hasil inovasi PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) itu juga ramah terhadap lingkungan. Seperti yang dituliskan laman industri.kontan.co.id, powerbank ala PLN Disjaya ini dianggap sebagai teknologi hijau karena tidak menggunakan pembakaran dari bahan fosil seperti genset konvensional. Alhasil, label efisien, efektif, dan ramah lingkungan pun disematkan pada pembangkit listrik canggih ini.

Bisa digunakan pada masyarakat terpencil untuk mengakses listrik

Bisa digunakan untuk masyarakat terpencil [sumber gambar]
Menurut asumsi pribadi penulis, alat Power Bank Express Power Service ini akan semakin bermanfaat jika digunakan di daerah-daerah terpencil yang masih terkendala sambungan listrik. Tak hanya mereka yang tinggal di daerah perkotaan saja yang merasakan, tapi juga masyarakat di pelosok desa yang minim sumber daya kelistrikkan. Jika diaplikasikan secara tepat guna dan sasaran secara merata, pemerintah bisa mengejar target rasio elektrifikasi nasional yang pada 2018 silam mencapai 98,3 persen.

Memudahkan aktivitas outdoor yang memerlukan tenaga listrik Besar

Memudahkan aktivitas outdoor yang memerlukan daya listrik yang besar [sumber gambar]
Selain memudahkan akses terhadap sumber daya listrik, alat ini juga dinilai menguntungkan bagi mereka yang banyak melakukan aktivitas besar di luar ruangan. Dilansir dari laman industri.kontan.co.id, para pengusaha event organizer atau penyelenggara acara bisa memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Terutama dari segi besarnya daya yang disediakan, di mana tidak bisa dilakukan oleh mesin-mesin biasa.

Menjadi jalan untuk terus melakukan inovasi di bidang kelistrikan

Menjadi jalan bagi inovasi lainnya di bidang kelistrikan [sumber gambar]
Keberadaan Power Bank Express Power Service hasil racikan PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) di atas, juga bisa menjadi jalan untuk meningkatkan inovasi canggih lainnya di bidang sejenis. Hal ini diperlukan, mengingat semakin majunya teknologi dewasa ini yang mulai diterapkan untuk mengatasi kebutuhan hidup di masa depan yang semakin bertambah. Khususnya permintaan akan sumber daya listrik.

BACA JUGA: Wacana Pemerintah Bakal Gratiskan Listrik, Efektifkah Untuk membantu Rakyat?

Menerapkan Inovasi, memang diperlukan untuk menjawab tantangan di masa depan yang semakin sesak dengan teknologi dan bertambahnya kebutuhan masyarakat. Seperti apa yang telah dilakukan oleh PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) di atas. Teknologi yang ditawarkan bisa menjadi sebuah jalan tersalurnya tenaga listrik dengan mudah dan efisien.