Kartu BPJS Kesehatan Mulai Berlaku Setelah Sepekan Mendaftar

oleh didi
08:56 AM on Oct 28, 2014

Medan – Terhitung mulai 1 November 2014 mendatang, peserta yang mendaftar secara mandiri pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak bisa langsung memanfaatkan kartunya untuk jaminan pelayanan kesehatan.
Menurut Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Medan, dr Mariamah Mkes, selama 10 bulan pelayanan BPJS Kesehatan yang dimulai sejak Januari 2014 lalu, sesaat setelah mendaftar dan membayar iuran, peserta langsung bisa mendapatkan pelayanan. Namun, per tanggal 1 November 2014 mendatang, sudah tidak bisa lagi.

“Mesti menunggu 7 hari baru bisa digunakan,” kata Mariamah didampingi Kepala Unit Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Ratna Dewi Ningsih SKM, Minggu (26/10).

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

Kartu-BPJS-Kesehatan-Mulai-Berlaku-Setelah-Sepekan-Mendaftar
Kartu-BPJS-Kesehatan-Mulai-Berlaku-Setelah-Sepekan-Mendaftar

Dengan adanya informasi ini, dia berharap masyarakat dapat memahaminya. Jadi, begitu aturan ini dijalankan, masyarakat tidak bertanya-tanya lagi. “Penundaan waktu pelayanan selama tujuh hari sejak melakukan pendaftaran dan pembayaran pertama kali merupakan jangka waktu yang digunakan BPJS Kesehatan untuk menata proses konsolidasi data pada master file kepesertaan,” terangnya.

Kepala Unit Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Ratna Dewi Ningsih menambahkan bahwa perubahan aturan per November mendatang tersebut sudah disosialisasikan secara luas. Harapannya, masyarakat tidak merasa terkejut begitu aturannya direalisasikan.

Peserta juga harus memiliki NIK (nomor induk kependudukan) seperti yang tercantum dalam KTP elektronik atau kartu keluarga yang didasarkan pada ketentuan mengenai NIK sebagai nomor identitas penduduk yang bersifat unik/khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.

Selain itu, peserta BPJS kesehatan juga diwajibkan memiliki nomor rekening di bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan antara lain BRI, BNI dan Mandiri. Memiliki nomor telepon dan alamat email.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA