Bank Mandiri Catat Remittance Mencapai Rp 143 Miliar di Hongkong

oleh didi
08:49 AM on Oct 28, 2014

Jakarta — PT Bank Mandiri Tbk terus mengembangkan bisnis di Hongkong untuk mendukung ekspansi usaha perusahaan Indonesia. Hingga akhir September 2014, PT Bank Mandiri Tbk mencatat transaksi remittance yang dilakukan pekerja Indonesia di Hongkong mencapai 42.596 transaksi atau senilai Rp 143 miliar.

Transaksi remitansi yang dilakukan meliputi incoming atau outgoing remittance dalam mata uang dollar AS, Euro, Yen, Dollar Hongkong, dan remitansi dalam mata uang rupiah ke Indonesia yang kebanyakan dilakukan oleh pekerja migran Indonesia di Hongkong. Dari 150.000 pekerja migran Indonesia di Hong Kong, sekitar 33.266 pekerja atau 22 persen merupakan pemegang rekening Bank Mandiri di Indonesia.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Bank-Mandiri-Catat-Remittance-Mencapai-Rp-143-Miliar-di-Hongkong
Bank-Mandiri-Catat-Remittance-Mencapai-Rp-143-Miliar-di-Hongkong

General Manager Bank Mandiri Hongkong, Dikdik Yustandi mengatakan bisnis remittance dilakukan untuk mempermudah pengiriman uang ke tanah air. “Bank Mandiri Hongkong tidak hanya menjadi tempat menabung bagi imigran Indonesia di Hongkong, tapi juga bisa menjadi tempat pengiriman uang bagi para pekerja migran Indonesia,” ucapnya.

Total kredit yang disalurkan perseroan melalui Bank Mandiri Hongkong mencapai 161,6 juta dollar AS meningkat 22 persen dibandingkan posisi September 2013 lalu sebesar 131,7 juta dollar AS. Kualitas kredit pun tetap terjaga dengan rasio non performing loan (NPL) sebesar 0 persen.

Selain itu, Bank Mandiri Hongkong juga memberikan fasilitas layanan trade financing baik ekspor maupun impor. Hingga September 2014, transaksi trade finance Bank Mandiri Hongkong mencapai 406,5 juta dollar AS meningkat 6 persen dibanding dengan September 2013 yang tercatat sebesar 385 juta dollar AS.

Dikdik mengemukakan, pihaknya terus memperkuat bisnis trade finance di Hongkong untuk mendukung peningkatan perdagangan internasional Indonesia baik perusahaan Indonesia yang berekspansi ke Hongkong dan Tiongkok maupun perusahaan Hongkong dan Tiongkok yang berbisnis di Indonesia, mengembangkan bisnis remitansi (pengiriman uang) dengan total transaksi mencapai 2,7 miliar dollar AS hingga September 2014.

 “Pencapaian tersebut merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan untuk tumbuh bersama Indonesia, termasuk dalam mengembangkan bisnis di luar negeri,” jelasnya dalam siaran pers Investor Daily, Senin (27/10).

Secara rutin Bank Mandiri mengadakan pelatihan kewirausahaan sebagai bentuk kepedulian dan penghargaan Bank Mandiri kepada pekerja migran. Program ini menuntun pekerja migran untuk membangun pola pikir, sikap, kecakapan, pengetahuan dan kreativitas yang memadai untuk mulai menjalankan usaha setibanya di Indonesia.

Program tersebut telah diikuti lebih dari 3.000 pekerja migran Indonesia di Hongkong. Banyak alumni program ini yang akhirnya memutuskan pulang ke tanah air menerapkan ilmu yang diperoleh, membuka lapangan kerja dan sukses menjadi pengusaha di daerahnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA