Kartika Jahja, Salah Satu Wanita Inspiratif Dunia Asli Indonesia

oleh Adi Nugroho
12:11 PM on Dec 3, 2016

Nama dari seorang Kartika Jahja mungkin tidak akan begitu dikenal oleh publik Indonesia. Beberapa orang mungkin lebih mengenal Kartika Putri yang meruapan artis dan kerap muncul di layar kaca dan masuk berita gosip. Kalau Anda penasaran siapa sebenarnya Kartika Jahja yang sampai dinobatkan sebagai salah satu wanita inspiratif dunia tahun 2016 oleh BBC.

Kartika Jahja adalah seorang musisi indie yang menaruh semangatnya pada kesetaraan gender. Lagu-lagu yang dia ciptakan dimaksudkan untuk memperbaiki penindasan kepada wanita dan juga stigma-stigma negatif lainnya. Kartika Jahja berjuang dengan mati-matian agar apa yang diabuat bisa didengar oleh banyak orang sehingga pendapat mereka terhadap wanita akan berubah dengan drastis.

Baca Juga
Bikin Jantungan, Pajak Mobil “Wah” Ini Bisa Buat Sedekah Orang Sekampung
Inilah 10 Meme, “Yang, di Rumah Lagi Sepi” Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sekaligus Gagal Fokus

Kartika jahja [image source]
Kartika jahja [image source]
Dilansir oleh BBC, Kartika Jahja dianggap sebagai penyanyi yang berjuang dengan lagunya. Dia menciptakan lagu-lagu untuk kesetaraan gender yang selama ini masih terjadi di Indonesia, bahkan dunia. Melalui lagu-lagu yang diciptakan, Kartika Jahja berusaha untuk menyadarkan banyak orang dengan cara yang lebih mudah dan kreatif.

Salah satu lagu andalan dari Kartika Jahja berjudul Tubuhku Otoritasku. Melalui lagu ini, Kartika berusaha mengungkapkan semua isi hatinya atau mungkin seluruh isi hati wanita di Indonesia yang menginginkan keadilan. Dia hanya ingin semua orang mendengar apa saja yang ada di sekitarnya dan bertindak lebih baik.

Kartika [image source]
Kartika [image source]
Oh ya, dalam daftar BBC 100 Women yang dirilis oleh kantor berita terbesar dari Inggris itu. Nama dari Kartika Jahja bersanding dengan wanita-wanita hebat di seluruh dunia. Bayangkan, nama dari wanita asli Indonesia dan tinggal di Jakarta ini sejajar dengan musisi besar sekelas Alicia Keys, lalu ada juga Jane Elliot yang merupakan aktivis wanita kelas dunia. terakhir, Kartika Jahja juga sejajar dengan Winni Harlow yang merupakan model dari Kanada yang juga merupakan aktivis perempuan.

Mendapatkan penghargaan yang sangat besar ini membuat Kartika Jahja cukup terkejut. Namun, dia menjadi semakin bersemangat untuk membuat karya-karya baru dengan band bernama Tika & the Dissidents yang baru-baru ini merilis album berjudul Merah.

Semoga apa yang dilakukan oleh Kartika Jahja mampu menginspirasi seluruh wanita di Indonesia. Apa pun yang terjadi pada tubuh setiap wanita, mereka berhak mendapatkan hak yang sama. Seperti judul lagu yang dibuat oleh Kartika Jahja, Tubuhku Otoritasku.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA