Bagi para pencinta hal-hal yang berhubungan dengan alam, nama Segara Anak pasti sudah tidak asing lagi. Ya, danau yang berada di dekat Rinjani ini memang luar biasa. Birunya air serta tanah-tanah tinggi yang memutarinya seolah menciptakan sebuah paket pemandangan yang tiada duanya. Makanya, tak heran kalau tempat ini selalu direkomendasikan jika pergi ke Lombok.

Tak hanya indah, tempat ini juga dilengkapi dengan cerita-cerita unik. Salah satunya soal emas yang ada di sana. Ya, jadi dipercaya jika di beberapa bagian Segara Anak ini terdapat emas-emas yang jumlahnya tak karuan. Tapi, jangan berpikir untuk mengambilnya karena itu akan berbuah petaka. Menurut masyarakat setempat sudah ada beberapa orang yang mencoba mengambil emas-emas itu dan berakhir dengan penyesalan.

Sampai saat ini masih banyak orang yang percaya kalau emas-emas ini masih ada. Namun, lagi-lagi informasi tersebut selalu dibarengi dengan peringatan untuk tidak mengambil barang satu buah pun.

Kebenaran Tentang Emas di Dasar Segara Anak

Tentu kamu tidak percaya begitu saja kalau di Segara Anak terdapat emas-emas yang dipercaya berjumlah sangat banyak. Tapi, soal rumor tersebut, sebaiknya memang kamu mempercayainya. Menurut banyak cerita, memang benar kalau di dasar danau gunung Rinjani ini terdapat begitu banyak logam-logam kuning yang harganya mahal itu.

Ilustrasi emas di dasar danau [Image Source]
Ilustrasi emas di dasar danau [Image Source]
Hal ini dikarenakan pada setiap kesempatan orang-orang sekitar akan melakukan semacam ritual untuk menghormati leluhur dan dewa. Nah, dalam upacara tersebut salah satu ritualnya adalah dengan melemparkan emas-emas ke dalam Segara Anak. Ritual ini sendiri sudah dilakukan sejak dulu dan bertahan sampai sekarang. Jadi, bisa dikatakan rumor soal emas di Segara Anak ini benar.

Emas-Emas yang Tergeletak Begitu Saja, tapi…

Dalam ritual yang sudah disinggung sebelumnya, emas-emas itu dilempar semaunya ke dasar danau. Jadi, tentu sangat mudah apabila ada yang mau mengambilnya. Tinggal berenang sedikit, lalu ambil deh emas-emas yang ada di sana. Tak lama kemudian, bisa jadi juragan emas.

Ilustrasi emas [Image Source]
Ilustrasi emas [Image Source]
Emas-emas yang tergeletak dengan gampangnya ini pun akhirnya menarik minat banyak orang untuk menyelaminya. Satu per satu dengan berani berenang dan menenggelamkan diri di Segara Anak yang dingin. Dan memang, emas-emasnya berada di dasar dan terlihat sangat mudah untuk diambil. Tapi, sejurus kemudian luapan kegembiraan karena bakal mendapatkan emas pupus dengan penyesalan.

Akibat Mengambil Emas di Segara Anak

Rumor emas di Segara Anak ini selalu satu paket dengan kutukannya. Jadi, dikatakan bahwa barang siapa yang dengan sengaja ingin mengambil emas-emas tersebut, maka ia bakal langsung otomatis mendapatkan kutukan. Kutukannya sendiri bukan sesuatu yang mematikan, namun tetap menakutkan.

Ilustrasi linglung [Image Source]
Ilustrasi linglung [Image Source]
Jadi, barang siapa ingin mengambil emas tersebut, maka ia akan otomatis hilang. Tapi, itu tidak bertahan lama karena keesokan harinya pasti muncul lagi di tepi Segara Anak. Namun, ada semacam keanehan yang menimpa si pelakunya. Ia bakal mengalami keadaan linglung di mana seolah tak tahu apa yang terjadi.

Segara Anak Memang Angker dan Katanya Dijaga Makhluk Halus

Segara Anak bukan tempat sembarangan yang bisa kita jelajahi begitu saja. Tempat ini bagi masyarakat sekitar merupakan spot keramat yang sangat dijaga. Tak hanya itu, rumor lain mengatakan jika tempat ini juga diawasi oleh makhluk-makhluk halus.

Segara anak [Image Source]
Segara anak [Image Source]
Makanya, karena keramat dan juga dijaga oleh makhluk halus, orang-orang yang berniat aneh pun mendapatkan celakanya. Termasuk aksi pencurian emas tadi. Hal ini mungkin bisa jadi perhatian bagi yang ingin mengunjungi Segara Anak. Bukan memaksa untuk percaya sesuatu yang gaib di sana, melainkan menaruh rasa hormat dengan tidak berbuat macam-macam.

Antara percaya dan tidak sih, tapi sudah ada banyak buktinya jika emas-emas yang ada di dasar Segara Anak ini bertuah. Jangan coba mencari tahu lebih dalam dengan menyelaminya, karena mungkin saja kamu bakal bernasib sama seperti para pencari emas sebelum-sebelumnya.