Nama Gugun Gondrong sempat melambung di era 90an sebagai artis papan atas tanah air. Menurut biodata yang dilansir dari wowkeren.com, ia pernah menjadi presenter di acara pada stasoun televisi Indonesia di tahun 1990-an. Sayang, karirnya sempat terhenti lantaran ia menderita sebuah penyakit pada kepalanya.

Selain tak lagi tampil di layar kaca, sakit yang dideritanya itu banyak menguras tenaga serta kondisi tubuhnya. Bahkan, rambut panjang Gugun yang menjadi ciri khasnya selama ini harus rela dicukur pendek demi kesembuhannya. Seperti apa perjuangannya menaklukkan keadaan hingga beranjak sembuh? Simak ulasan berikut.

Tenar sebagai artis dan presenter di tahun 1990-an

Sempat jadi artis tenar di tahun 90an [sumber gambar]
Di era 90an, Gugun Gondrong dikenal luas berkat karirnya yang apik sebagai model Majalah Aneka. Dilansir dari kapanlagi.com, ia juga sempat membintangi dalan film Kamulah Satu-satunya (2007) sebagai pemain pendukung (suporter Jakmania). Tak hanya itu, Gugun juga sempat hadir pada film lain yakni Detik Terakhir (2005). Sayang, ia akhirnya jatuh sakit pada 2008 dan divonis menderita tumor otak.

Menderita penyakit tumor ganas di kepala

Terserang penyakit tumor di kepala [sumber gambar]
Dari hasil pemeriksaan, ada ada tumor di otak bagian kiri depan yang bersarang di kepala Gugun. Hal inilah yang sempat membuat dirinya sempat tak sadarkan diri dan dilarikan ke RS Medistra pada tanggal 13 September 2008 pagi. Sumber dari kapanlagi.com menuliskan, penggumpalan atau pembendungan cairan otak yang menekan batang otaknya, akhirnya berhasil diangkat lewat operasi pertama ada tanggal 16 September 2008. Perlahan tapi pasti, kondisi Gugun berangsur-angsur pulih.

Berjuang demi kesembuhan dan perlahan memulihkan diri

Gugun bersama sang istri, Anna Marissa [sumber gambar]
Saat proses pemulihan, Gugun yang telah sembuh dari sakit sempat mendapatkan apresiasi dari rekan-rekannya. Baik berupa dukungan moril hingga bantuan finansial. Dilansir dari kapanlagi.com, para artis sahabat Gugun menggelar Malam Dana untuk Gugun Gondrong, di Resto Planet Hollywood, Jakarta tanggal 17 September 2008. Dana yang terkumpul pada malam itu mencapai Rp1 Miliar. Meski demikian, ia masih harus tetap menjaga kesehatannya.

Dikenal sebagai pentolan The Jakmania Persija Jakarta

Kembali aktif di sebagai fans Persija [sumber gambar]
Selain dikenal sebagai artis, Gugun juga merupakan pendiri Jakmania (Persija Fans Club). Hal ini terlihat saat dirinya tengah menonton sebuah pertandingan bersama seorang rekannya yang juga soerang artis tanah air. Sumber dari kapanlagi.com menuliskan, Gugun saat ini aktif sebagai direktur PBIJ (Pusat Berita Infotainment Jakarta), Ketua Umum (Asosiasi Artis Pebilyar Indonesia) dan juga aktif di sebuah partai politik.

Berjualan keripik demi menyambung hidup

Gugun berjualan keripik [sumber gambar]
Meski sempat dilanda cobaan berat, Gugun ternyata memiliki sifat yang pantang menyerah. Dilansir dari tabloidbintang.com, ia berusaha menafkahi kehidupannya dengan berjualan keripik. Bahkan, sang ibu juga berupaya untuk membuka kerjasama bisnis kepada beberapa orang untuk menggunakan nama Gugun Gondrong sebagai nama bisnis atau usaha mereka. Usaha ini dilakukan mengingat Gugun belum bisa bekerja pasca kesembuhan dari penyakit yang sempat dideritanya pada 2008 silam.

BACA JUGA: Masih Ingat Mat Solar ‘Bajaj Bajuri’, Ternyata Begini Nasibnya Sekarang

Hingga saat ini, Gugun merasa bersykur atas kesembuhan penykait yang dideritanya. Sebagai ungkapan syukur, ia kini mulai kembali menata kehiduoan rohaniahnya dengan lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Sama halnya dengan kehidupan ini, kita diajarkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang ada, dan bersabar jika tertimpa musibah. Semangat ya Gugun!