Siapa yang masih ingat tayangan sitkom Bajaj Bajuri yang tayang pada medio 2002 hingga 2017? Sebuah acara komedi yang menampilkan sosok tambun Mat Solar sebagai supir bajaj yang bernama Bajuri. Beberapa waktu berlalu, para pemerannya perlahan mulai terlupakan seiring dengan semakin derasnya aktor dan aktris muda pendatang baru. Namun baru-baru ini, sosok Mat Solar kembali muncul di hadapan publik.

Bukan untuk berakting kembali, sosok yang lekat dengan karakter sebagai rakyat jelata itu tengah menghadiri acara wisuda sang anak di sebuah universitas. Sejak tak lagi bermain sinetron, sosoknya seolah telah tenggelam dari dunia keartisan. Tercatat, ia terakhir membintangi sinetron yang berjudul Tukang Bubur Naik Haji. Sayang, karena alasan kesehatan, ia memilih mengundurkan diri dari peran yang membesarkan namanya itu. Lalu, bagaimana kondisi dan kabarnya saat ini.

Dikenal lewat sitkom Bajaj Bajuri

Nama Mat Solat mulai dikenal publik setelah membintangi sebuah acara situasi komedi (sitkom) bersama beberapa artis lainnya. Seperti Rieke Diah Pitaloka, Nani Widjaja dan Fanny Fadillah. Alur cerita yang segar dan menggambarkan realita yang lekat dengan masyarakat, menjadi daya tarik bagi sitkom tersebut. Alhasil, nama Mat Solar yang berperan sebagai Bajuri pun melambung tinggi.

Menghilang tiba-tiba dari sinetron Tukang Bubur Naik Haji

Karakter H Sulam terpaksa dihilangkan [sumber gambar]
Dalam pertengahan episode, Mat Solar yang memerankan karakter Sulam terpaksa “dihilangkan” dengan alasan pergi ke Arab untuk membuka cabang warung bubur di sana. Setelah lama vakum, dirinya tak kunjung muncul meski sinetron tersebut telah berjalan hingga beberapa episode. Usut punya usut, Mat Solar ternyata diharuskan istirahat karena kelelahan. Hal ini sejalan dengan keterangan Azis, kepala Production House (PR) Sinemart yang memproduksi Tukang Bubur Naik Haji.

Ada yang harus dia jaga, supaya jangan kelelahan, sehingga dia harus istirahat,” kata Azis yang dilansir dari tabloidbintang.com.

Terserang stroke dan menjalani terapi

Mat Solar terserang stroke [sumber gambar]
Komedian bernama asli Nasrullah itu, memutuskan vakum dari dunia hiburan lantaran terkena penyakit stroke. Hal tersebut membuatnya harus bergantung dengan kursi roda untuk beraktivitas. Selain itu, Mat Solar ternyata sempat terkena penyakit serupa untuk pertama kalinya di 2015 silam. Usut punya usut, stroke yang ia derita berawal dari sakit diabetes yang telah lebih dulu ada di tubuhnya.

Sakitnya itu kena serangan pertama di 2015. Kemudian, dua bulan lalu kena serangan lagi. Pakai kursi roda baru dua bulan saja,” ujar Idham Aulia, putra sulung Mat Solar yang dilansir dari kumparan.com.

Menghadiri wisuda sang anak dengan berkursi roda

Mat Solar hadiri wisuda sang anak [sumber gambar]
Meski terlihat sakit, Mat Solar ternyata tetap mengupayakan untuk menghadiri proses wisuda sang anak, Mikhail Ali Sidqi. Dengan menggunakan kursi roda, ia terlihat berfoto dengan sanak famili yang menemaninya. Termasuk sang anak yang telah memakai toga kelulusan. Diketahui, Mikhail sendiri berhasil merancang sebuah perahu boat bertenaga surya bersama Timnya, Marine Solar Boat dan berhasil menjuarai kompetisi dunia lewat Jalapatih, perahu buatan mereka di ajang tersebut.

Penyakit Stroke Mat Solar diterapi oleh Seorang anggota TNI AD

Stroke Mat Solar diterapi seorang anggota TNI AD [sumber gambar]
Dilansir dari liputan6.com, sosok Kapten (Inf) Tatang Taryono-lah yang berada di balik proses terapi penyakit stroke yang diderita oleh Mat Solar. Pria yang menjabat sebagai Komandan Koramil 2101/Sukaraja, Kabupaten Bogor itu, menggunakan daya kejut listrik lewat kabel dan lempengan sebagai bagian dari proses penyembuhan. Sasarannya adalah kepala, leher dan kaki agar aliran darah bisa mengalir secara maksimal. Selain upaya tersebut, kunci utama dari kesembuhan sejatinya adalah doa.

Yang penting adalah doa dulu. itu kan yang terpenting memohon kepada Allah yang menciptakan kemudian menggunakan ilmiah, ya daya kejut itu,” kata pria yang aktif memberikan terapi sejak tiga tahun lalu itu.

Mengharukan ya Sahabat Boombastis. Lama tak muncul di layar kaca, Nasrullah alias Mat Solar ternyata harus berkursi roda karena penyakit stroke. Sebagai netizen yang baik, kita doakan yang terbaik untuk dirinya. Agar semua penyakit yang dideritanya bisa segera sembuh dan kembali sehat.