Sudah menjadi rahasia umum, kalau di kompetisi mancanegara sana banyak ditemui pemain-pemain berdarah Indonesia. Raja Nainggolan adalah salah satu contoh mudahnya, punggawa Inter Milan ini mempunyai darah Indonesia dari sang ayah Marianus Nainggolan yang keturunan batak. Lalu ada pemain top lain yang kini jadi pelatih yaitu Giovanni van Bronckhorst, mantan kapten Timnas Belanda ini, berdarah Indonesia dari sang-ibu yang berasal dari Saparua, Maluku.

Berkat kondisi inilah yang banyak ditemui kisah pemain-pemain berdarah Indonesia yang diam-diam mempunyai hasrat mengenakan baju Timnas. Lebih jauh tentang hal ini, dalam sejarahnya juga ada lho pemain keturunan yang enggan untuk bergabung dengan skuad garuda. Tidak itu saja, bahkan pesepakbola yang nyata-nyata berdarah Indonesia pun juga ada yang melakukan hal serupa. Alasannya bermain macam, namun salah satunya tentang garansi prestasi.

Timnas Indonesia [Sumber Gambar]
Terkait hal ini, tentu sebagai pencinta sepak bola yang budiman kalian tahu siapa sosok tersebut. Meski membuat kita sedikit geram, namun bila melihat carut-marut persepakbolaan nasional, apa yang mereka lakukan ada betulnya juga. Masih berbicara sosok Andri Syahputra dan Emil Audero Mulyadi kira-kira bagaimana ya kabar mereka? Apakah sudah bisa bermain reguler di negara pilihannya, atau semakin bersinar kariernya di sepak bola luar Negeri?

Aksi Adry [Sumber Gambar]
Dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis sih, saat ini Andri Syahputra tengah bersiap untuk mengikuti ajang Piala Dunia U-20 di Polandia. Kepastian tersebut didapatkan bocah kelahiran Lhokseumawe, Aceh setelah dirinya belakangan ini mendapat kewarganegaraan Qatar. Penampilan bersama Timnas berjuluk The Maroon bukanlah kali ini saja. Sebelumnya, pada laga-laga uji coba Qatar, ia juga dipercaya masuk skuad.

Andri Syahputra sendiri kini berkarier di liga teratas negara barunya tersebut. Dimana ia bergabung dengan klub papan atas Al-Gharafa. Selama berkarier di Qatar sebelum prestasi telah direngkuhnya. Salah satunya adalah menyabet gelar The Best Player dan Top Skor U-17 (2013, 2014, 2015). Setali tiga uang dengan pemain kelahiran 1999 ini, Emil Audero Mulyadi juga sudah bergabung dengan Timnas pilihannya yakni Italia.

Emil Bermain dengan Sampdoria [Sumber Gambar]
Mantan pemain Juventus ini melakukan debut pada Kamis (06/09/18) dengan bergabung di skuad Gli Azzurri U-21. Saat itu dirinya membela Italia untuk lakukan laga uji coba melawan Slovakia U-21. Kalau melihat riwayatnya, Emil sempat membela Timnas Italia dari berbagai jenjang mulai U-21 sampai U-15. Karier, kiper berusia 22 tahun ini sendiri kini dihabiskan dengan bermain di liga teratas Italia Seri A.

Membela panji Sampdoria, Emil sukses banyak bermain reguler dan mengantarkan klubnya tersebut duduk di peringkat ke sembilan klasemen. Selain hal tersebut, dirinya juga membuat timnya dibelanya menjadi salah satu kesebelasan Liga Italia dengan jumlah kemasukan yang minim yakni 9 gol saja dari 39 laga telah dijalani.

BACA JUGA: Dari Batak sampai Maluku, Inilah 4 Pemain Bermarga Indonesia yang Sukses Tembus Eropa

Itulah tadi beberapa kabar, para pesepakbola berdarah Indonesia yang sempat menolak gabung Timnas. Kalau melihat capaiannya sih, sepertinya keputusan mereka yang ambil tepat ya. Kalau menurut kalian bagaimana sobat Boombastis?