Era 90-an sinetron persahabatan antara jin dan manusia memang laris manis. Sebut saja seperti Jinny Oh Jinny, Jin dan Jun, serta Tuyul dan Mbak Yul. Sinetron yang terakhir pasti lekat di benak genrasi 90-an. Serial ini mengisahkan tentang persahabatan tuyul bernama Ucil dan wanita cantik bernama Yulia, atau sering dipanggil Mbak Yul.

Mbak Yul nggak cuma cantik tapi juga baik hati dan bijaksana. Menjadi satu-satunya orang yang bisa melihat Ucil, mbak Yul sering memberi nasihat agar Ucil tidak berbuat nakal lagi. Tokoh Mbak Yul ini diperankan oleh beberapa aktris. Namun yang paling melekat tentu adalah Dominique Sanda. Lama tak pernah muncul di layar kaca, kira-kira gimana kabarnya ya? Ketahui lewat ulasan berikut.

1. Memutuskan jadi muallaf dan menikah dengan Reza Wahab

Mungkin tak banyak yang mengetahui kalau pemeran Mbak Yul ini dinikahi oleh seorang drummer dari band Bragi, Reza Wahab. Setelah menikah, Monik –panggilan akrabnya- memutuskan untuk masuk islam dan menjadi muallaf.

Monik dan keluarga [Image source]
Tak banyak cerita yang terdengar dari pernikahan keduanya. Ini jadi bukti keharmonisan antara Mbak Yul dan suaminya. Dari pernikahannya dengan Echa, Monik dikaruniai dua buah hati, yaitu Rakeen  Ario Seto Djojohadikusumo dan Raya Candara Wahab. Si bungsu terlihat begitu mirip dengan ibunya.

2. Membuka toko kue bersama temannya

Tuyul dan Mbak Yul adalah sinetron pertama yang dimainkan Monik, namun di sela-sela syuting serial tuyul kocak itu, ia juga pernah ambil peran di sinetron Air Mata Ibu. Setelah dua sinetron tersebut, dirinya juga pernah bermain di film horror Suster N, sekuel dari film suster ngesot. Namun, setelah Suster N rilis pada 2007, Monik memilih vakum dari dunia hiburan.

Dominieq sanda[Image source]
Tidak pernah terlihat di layar kaca, ia memilih berbisnis kue bersama temannya. Bisnis ini sebenarnya berawal dari ketidaksengajaan membuat kue dan memposting di facebook, ternyata ada yang memesan. Dari sana, Monik memilih untuk merintis bisnis kue yang diberi label Sugamom Cupcakes & Co.

3. Kembali syuting setelah 8 tahun vacuum

Delapan tahun vacuum dari dunia hiburan, tahun 2015 Monik kembali mendapat tawaran untuk bermain di layar kaca. Berbeda dengan biasanya, jika ia selama ini bermain sinetron, kali ini Monik bermain di film bergenre komedi action berjudul Gangster. Di film ini Monik beradu acting dengan actor Hamish Daud, Yayan Ruhiyan, serta Agus Kuncoro.

Dominique di film Gangster [Image source]
Walaupun mengaku dirinya agak grogi dan deg-degan karena sudah lama tidak acting, Monik merasa lega karena mendapati bahwa timnya sangat kooperatif dan menyenangkan, terutama aktor Agus Kuncoro. Walaupun lama menghilang, ia mengaku kalau kecintaannya terhadap dunia akting masih seperti dulu.

4. Masih akan terus berakting di layar kaca

Setelah Gangster rilis pada 2015 lalu, Monik mengaku kalau dirinya akan kembali berakting untuk film tanah air. Sekian lama absen, ternyata alasan vakum selama ini adalah karena tidak mau meninggalkan anak-anaknya yang masih kecil. “Ya, anak-anak saya kan sudah besar. Mereka sudah bisa ditinggal syuting,” ucapnya dilansir dari lewatmana.com

Transformasi dari aktu ke waktu [Image source]
Ke depannya, ibu dua anak ini menuturkan kalau ia akan kembali menggeluti pekerjaannya di pentas akting. Namun, tetap akan selektif dalam menerima tawaran. “Saya sekarang lihat kalau semuanya cocok, karakter dan pemainnya oke, kenapa ngga saya ambil tawaran itu.” Tandasnya lagi. Kita lihat saja nanti bagaimana kiprahnya dalam dunia akting.

Walaupun sudah belasan tahun berlalu sejak sinetron Tuyul dan Mbak Yul ditayangkan, sosok Dominique tetap cantik dan awet muda ya? Alhasil masih banyak orang yang tetap menunggu aksi-aksinya di dunia akting. Kira-kira film atau sinetrona apa yang bakal digelutinya? Kita nantikan saja.