Bukan rahasia lagi jika pemilik mobil-mobil mewah di Indonesia bakal kena pajak yang super duper tinggi. Selain karena “mewahnya” mobil tersebut, si roda empat tergolong bukan kendaraan “biasa” yang bisa dibeli orang secara bebas di pasaran. Harganya yang selangit dan pajaknya yang tinggi, tentu membuat orang awam berkantong pas-pasan bakal garuk- garuk kepala.

Meski harganya yang kelewat mahal, ternyata banyak warga “high class” Indonesia yang ketahuan memiliki “tunggangan mewah” tersebut. Tak pelak, semakin menumpuknya “populasi” mobil tersebut, tentu berimbas pula pada “besaran” pajaknya yang jika dikalkulasikan bisa buat sedekah orang sekampung tujuh turunan. Lalu mobil seperti apa yang di Indonesia pajaknya bisa bikin sakit gigi? Simak ulasannya berikut.

Pajak setahun Mercedez Benz S Class bisa buat traktir “pizza” satu kecamatan

Pemilik mobil mewah di Ibukota ternyata sangat menyukai model buatan Jerman, Mercedez Benz. Terhitung ada sekitar 210 kepemilikan pribadi untuk mobil mewah yang identik dengan logo bintang tersebut. Diketahui mobil mewah ini sendiri memang mempunyai spesifikasi yang tak ada di kendaraan roda empat lainnya.

Artikel Lainnya
70 Tahun Berada dalam Konflik, Ini Momen Bersejarah Saat Korea Mengusung Bendera Persatuan
Heboh Jokowi Freestyle Naik Moge, Inilah Fakta Stuntman yang Asyik Sekaligus Uji Nyali

Mewah dan juga “nguras kantong” [image source]
Misalnya untuk model S Class ditenggarai memiliki mesin 2996 cc dengan tenaga mencapai 333 hp. Selain itu, mobil ini juga dibalut kemewahan yang benar-benar nggak biasa. Lalu soal harga di Indonesia, Model S 500 AT dibanderol dengan harga Rp. 3.401.000.000. Pajaknya? jangan ditanya. Pertahunnya bakal dikenai Rp 313.742.300 sekali bayar. Lumayan buat traktir “Pizza” satu kecamatan.

Pajak Rolls Royce Phantom Coupe asli bikin “kanker ” alias kantong kering

Salah satu mobil mewah yang “lumayan’ sering dijumpai di jalanan Ibukota Jakarta adalah Rolls Royce Phantom Coupe. Mobil “berkelas” buatan Inggris ini termasuk salah satu “tunggangan” pribadi yang jadi favorit para warga “elite” Ibukota, termasuk di dalamnya adalah para pejabat dan selebritis.

Elegan dan “khusus kaum berduit” [image source]
Dibanderol dengan harga Rp 4.340.000.000, Rolls Royce Phantom menjadi salah satu mobil elegan yang dilengkapi dengan mesin bertenaga buas. Jantung mekanis tersebut adalah mesin V12 6,75 liter twin turbo. Mesin ini mengasilkan tenaga hingga 563 PS dan torsi 900 Nm yang disalurkan transmisi otomatis 8 percepatan. Untuk pajak pertahunnya, mobil ini dikenai biaya Rp 96.440.000. Masih berani beli?

Mewahnya Masserati Quatroporte S30L AT, tapi pajaknya bikin mules

Mobil mewah Masserati ditenggarai banyak dimiliki oleh orang-orang kaya di Indonesia. Contohnya adalah aktor Verrel Bramasta dan Raffy Ahmad yang memiliki mobil tersebut. Berdasarkan catatan agen resmi Masserati Indonesia, ada sekitar 100 unit terjual, baik dari model klasik maupun yang terbaru.

Jadi idola artis Indonesia [image source]
Salah satu contohnya adalah Masserati Quatropole S30L AT yang dijual seharga Rp 2.134.000.000. Mobil berkarakter sport yang dikenal dengan logo trisulanya ini, menggunakan mesin V6 berkapasitas 3.0 liter. Dengan kekuatan mesin tersebut, performanya sanggup meraung hingga mencapai 330 hp. Desain yang wah, juga berpengaruh pada pajaknya yang “sadis”. Total ada sekitar Rp 42.680.000 yang harus dibayarkan pertahunnya. Bayar pajak segitu kira-kira ikhlas gak ya?

Bayar Pajak Jaguar XJL 5.0 S/C V8 AT, bisa buat pesta kawinan

Salah satu sedan yang terkenal elegan dan mewah ini, datang dari produsen mobil Jaguar. Mobil yang satu ini dikenal sebagai tunggangan para menteri dan tamu resmi kenegaraan. Tak hanya para elite Negara, sejumlah artis Indonesia juga banyak yang “kesengsem” dengan pesona elegan dari mobil buatan inggris tersebut. Salah satunya adalah Dewi Persik dengan Jaguar XF.

Simbol kemewahan pejabat Indonesia [image source]
Sedan mewah yang dibanderol dengan harga Rp 2.094.000.000, mempunyai spesifikasi mesin yang melebihi ukuran sedan “mewah” lainnya. Dilengkapi dengan mesin 8 silinder berkapasitas 5.0 liter, transmisi otomatisnya sanggup membawa pengendara menjelajah hingga mencapai batas kecepatan maksimum. Tak disangka, pajak kendaraan ini juga tergolong “maksimum”. Pemilik kendaraan akan dikenai biaya pajak Rp 102.040.000 per tahun. Bisa buat pesta kawinan bahkan mengundang Nella Kharisma.

Edisi terbatas BMW i8 Protonic Red Editon yang biaya pajaknya “nyelekit”

Selain Mercy, merk lain dari pabrikan asal Jerman yang populer di kalangan “orang kaya” Indonesia adalah BMW. Mobil yang varian terbarunya berada di kisaran harga 1 miliar ini, menjadi kendaraan yang sanggup membuat “kantong jebol” bagi mereka yang berkocek pas-pasan. Tak heran jika mobil-mobil ini hanya dinikmati oleh kalangan atas.

Orang Indonesia pertama yang punya [image source]
Salah satu contohnya datang dari Sonny Kastara Dhaniswara. Yang istimewa, dirinya diberitakan sebagai orang Indonesia pertama yang memiliki BMW edisi khusus yang berkode i8 Protonic Red Edition. Mobil yang dijual dengan harga Rp 3.549.000.000 tersebut, merupakan mobil yang juga digunakan actor Tom Cruise dalam filmnya Mission Imposible 4. Mobil sekeren itu bakal kena pajak sebesar Rp 36.9000.000.

Menjamurnya mobil-mobil luar negeri mahal di Indonesia, menjadi sebuah pertanda bahwa Indonesia menjadi “pasar” yang empuk untuk penjualan mobil-mobil tersebut. Sayangnya, hanya orang-orang kaya saja yang bisa menjajal mewahnya mobil-mobil tersebut. Jika Seandainya mobil-mobil tersebut dijual dan uangnya disumbangkan, tentu kan ada lebih banyak warga Indonesia yang merasakan manfaatnya hanya dari satu mobil saja.