in

Diundang Oleh KSAU, Begini Kabar Perakit Pesawat Lulusan SD yang Dijuluki ‘Next’ Habibie

Masih ingat dengan sosok Chaerul? Pria Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan itu sempat viral dan menjadi sorotan lantaran membuat pesawat dari barang-barang bekas. Sayang, percobaan terbang perdananya sempat mengalami kegagalan pada saat itu. Meski demikian, dirinya tak menyerah untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

Setelah kabar tentang dirinya sempat tenggelam, pria lulusan SD itu kembali viral lantaran ia berhasil menerbangkan pesawat rakitannya meski tak terlalu tinggi. Atas keberhasilannya itu, Chaerul pun banjir pujian dari banyak pihak hingga diundang secara khusus oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut ini.

Berhasil terbangkan pesawat rakitan miliknya setelah dulu sempat gagal

Perasaan senang bukan main tentu menghinggapi diri Chaerul manakala melihat pesawat rakitannya bisa terbang. Berbekal mimpinya sejak kecil yang tak pernah naik pesawat, ia bertekad membuat dan kelak bisa menerbangkannya sendiri. Kini usahanya itu terbayar lunas saat pesawat berjenis ultralight itu akhirnya bisa mengangkasa.

Dilansir dari Regional.kompas.com, pesawat ultralight rakitan Chaerul mampu melayang setinggi 20 meter di atas tanah. Sebelumnya, ia sempat melakukan ujicoba terbang perdana pada 2019 silam dan berakhir dengan kegagalan. Setelah dievaluasi dan memberikan sedikit perubahan pada posisi mesin, Chaerul pun berhasil menerbangkan pesawat rakitannya.

Diundang ke Jakarta dan diapresiasi secara khusus oleh KSAU

Kabar dari Chaerul yang sukses menerbangkan pesawat rakitan sendiri, akhirnya sampai ke telinga KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Pria asal Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu diundang ke Jakarta. Sebagai seorang montir yang hanya bersekolah sampai kelas 3 SD, jelas hal ini menjadi kebanggaan bagi Chaerul.

Saat bertemu KSAU dan para petinggi TNI AU lainnya, Chaerul tak membawa pesawat ultralight rakitannya. “Dia tidak bawa apa-apa, agendanya juga besok akan dibawa ke Lanud untuk keliling dan naik pesawat. Pesawat jenis apa, besok akan kami rilis,”ucap Kasubdispenum Dispenau Kolonel Muhammad Yuris yang dikutip dari News.detik.com (19/01/2020).

Bupati Pangkep berniat membeli pesawat Chaerul berapapun harganya

Selain diundang ke Jakarta oleh KSAU, Chaerul juga mendapatkan sejumlah perhatian dari para pejabat yang ada di Sulawesi Selatan (Sulses). Salah satunya adalah Bupati Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Syamsuddin Hamid. Sebagai bentuk apresiasi, ia bahkan siap membeli harga pesawat berapa pun yang diminta.

Bagi Syamsudin, sosok Chaerul yang dijuluki ‘Habibie’ dari Pinrang itu membuat dirinya tertarik lantaran kemampuannya merakit pesawat secara otodidak. Terlebih, semua itu dikerjakan Chaerul dengan memanfaatkan bahan-bahan dan mesin bekas. Tak heran jika dirinya tertarik untuk membeli. “Kalau Chaerul mau jual, berapa pun harganya akan saya beli,” ucapnya yang dikutip dari News.detik.com (18/01/2020).

BACA JUGA: Heboh Pria Lulusan SD di Sulsel Bikin Pesawat dari Barang Bekas, Bisa Terbang?

Kisah luar biasa di atas, menjadi bukti bahwa mereka yang memiliki pendidikan rendah pun bisa sukses dengan kerja keras dan pengetahuan yang dimilikinya. Diketahui Chaerul merupakan seorang montir yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Meski demikian, kiprahnya mampu membuat takjub banyak orang.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Kemal Idris, Kisah Jenderal Paling Berang Indonesia yang Luluh karena Nasihat Istri

Diminati Menhan Prabowo, Inilah Alasan Jet Dassault Rafalle Cocok untuk Jaga Langit RI