Categories: Olahraga

5 Julukan Legendaris Bagi Pesepak Bola Indonesia Ini Nggak Bakalan Mungkin Dilupakan

Kebanyakan dari pemain bola yang menjadi kunci timnya, biasanya memiliki julukan. Julukan ini umumnya diberikan fans, teman seprofesi, bahkan media. Latar belakang pemberian julukan pun berbeda-beda. Ada yang merunut bentuk fisik, kebiasaan, hingga kepiawaian dalam bermain bola sang atlet.

Contoh julukan yang umum disebut bagi pemain dunia di antara Cassano “The Peterpan”, Montella “The Aeroplane” hingga Ronaldo dengan “The Phenomenon”. Nah tidak hanya pemain dunia yang memiliki nama alias seperti itu, para pesepak bola tanah air pun juga banyak yang mempunyai julukan. Selanjutnya, mari kita simak berbagai panggilan bagi pemain legendaris Indonesia berikut ini!

Si Kurus Kurniawan Yulianto 

Kurniawan Yulianto [image: source]
Kurniawan Yulianto salah satu pemain sepak bola legendaris Indonesia yang memiliki julukan Si Kurus. Pemain yang pernah merumput di Sampdoria ini dilabeli julukan itu karena memiliki perawakan kurus. Meski begitu, Kurniawan merupakan salah satu pemain yang menjadi andalan timnya. Sebab badan kurus itulah yang pandai mengolah bola, dan badan kurus itu yang begitu lincah dan sukses mengecoh lawan. Kurniawan pun menjadi salah satu pencetak gol andalan Timnas Indonesia pada masanya.

The Phyton/Budigol, Budi Sudarsono

Budi Sudarsono [image: source]
Memiliki karakter gerakan yang cepat dan ‘licin’ bak ular, Budi Sudarsono mendapat julukan The Phyton. Meski di kehidupan nyata, ular Pyton tidak memiliki gerakan yang cepat, namun fans terlanjur mengingat nama itu dengan baik. Selain julukan ini, pemain gelandang yang dikenal haus gol itu juga di juluki Budigol. Sebutan Budigol diberikan seiring kemampuannya yang sering membobol gawang tim lawannya.

Si Jabrik, Nuralim

Nuralim [image: source]
Menjadi salah satu pemain Timnas pada Piala Tiger tahun 1996, Nuralim menjadi sosok yang tak mudah dilupakan. Sebab di tiap pertandingan Nuralim kerap tampil dengan rambut jabrik tak rapi. Karena itulah, the Jakmania pertama kali menjulukinya sebagai Si Jabrik.

Lord Atep, Atep Rizal

Atep Rizal [image: source]
Lord merupakan kata dalam bahasa Inggris, artinya Tuan atau Raja. Maka sebutan Lord Atep adalah mewakili sifat kharismatik si pemain yang juga menjadi orang paling didengar (panutan) pemain lainnya itu. Terkenal dengan kiprahnya di Persib Bandung, sebelumnya Atep juga sempat merumput bersama Persiba Bantul dan Persija Jakarta.

Palang Pintu, Simson Rumah Pasal

Simson Rumah Pasal [image: source]
Kalau pemain yang satu ini ada di kejayaan sepak bola Indonesia pada era tahun 1970-1990 an. Simson merupakan pemain legendaris Indonesia yang membela Timnas Indonesia terhitung selama delapan tahun. Posisi yang ditempati Simson adalah bek kanan. Disebut sebagai palang pintu, pria ini memiliki pertahanan yang kokoh serta kemampuan fisiknya yang luar biasa hingga membuat striker lawan manjadi ciut nyalinya. Intinya, butuh usaha yang kuat buat melewati Simson si Palang Pintu.

Lima pemain di atas digadang-gadang sebagai pemain legendaris dengan kemampuan memukau pada masanya. Nah, dari kelima julukan tersebut, mana yang menjadi favoritmu?

Share
Published by
Aini Boom

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

16 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago