in

Internet Dikabarkan akan ‘Tewas’ Selama 48 Jam, Inilah Hal yang Mungkin Terjadi

Pernah membayangkan jaringan internet mati selama beberapa jam? Mungkin kita semua di dunia ini akan merasakannya beberapa waktu ke depan. Sebab, dikutip dari NDTV, akan ada hari di mana jaringan internet lumpuh lantaran domain utama dijadwalkan untuk menjalani pemeliharaan rutin. Tak hanya satu atau dua jam saja, tapi selama dua hari.

Penulis bisa menebak nih kalau hampir semua Sahabat Boombastis tak rela dengan matinya internet. Ya bagaimana tidak, internet sekarang ini bagaikan oksigen. Kalau internet tak ada beberapa menit saja, semua orang bakal kelimpungan mencari jaringan yang lain. Nah, apalagi kalau dua hari, mungkin masyarakat di dunia akan nangis darah (wuoh lebay). Enggak sampai nangis darah kok, mungkin cuma merasa ada yang kurang layaknya sayur tanpa garam. Maka dari itu, dari kejadian ini penulis akan mencoba mengira-ngira nih apa saja yang bakal terjadi jika internet mati selama dua hari. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Setiap orang akan saling berkomunikasi secara langsung

Ya seperti yang kita tahu selama ini Sahabat Boombastis kalau sekarang manusia lebih suka berkomunikasi dengan gadget-nya. Meskipun ada orang di sebelahnya, tapi masih kalah dengan yang namanya smartphone. Yap, karena itulah, sejak kemunculan ponsel, banyak orang yang tidak menghargai adanya pertemuan. Coba lihat saja orang-orang yang sedang berkumpul. Mereka hanya berkumpul secara fisiknya saja, tapi tidak saling bertatapan apalagi berbicara.

Saling berkomunikasi [Sumber Gambar]
Nah, kalau internet mati, maka tidak akan ada yang namanya berbicara dengan gadget. Orang-orang akan saling berbicara secara langsung. Mungkin di tengah-tengah pembicaraan akan berhenti karena terlalu banyak yang hal sudah dibahas. Tapi yakin deh, itu tidak akan lama lantaran akan ada pembahasan lain. Itu akan terus berlanjut karena internet dalam keadaan mati. Hayo, kapan terakhir kalian ngobrol dengan teman tanpa memegang ponsel sama sekali?

Pekerjaan akan sangat terhambat

Dunia yang sudah sangat bergantung dengan internet, membuat semua hal dihubungkan oleh jaringan tersebut. Tak terkecuali adalah pekerjaan. Nah, kita sudah melihat bahwa setiap kantor sudah pasti menggunakan internet dalam sehari-hari. Entah untuk sekedar mengirim email, video call antar pemilik perusahaan dan juga mencari bahan-bahan kerja seperti yang penulis lakukan setiap hari.

Pekerjaan menjadi terhambat [Sumber Gambar]
Kalau internet benar-benar mati, bisa dikatakan seluruh pekerjaan di dunia akan macet total. Para pekerja tidak bisa beraktifitas seperti biasa dan yang pasti mau tidak mau harus libur. Ya karena tidak ada yang dapat dilakukan jika jaringan terpenting tersebut mati dalam kurun waktu cukup lama. Bahkan bisa dibilang hampir semua jenis pekerjaan akan mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Para pelajar dan mahasiswa jadi lebih rajin dalam menuntut ilmu

Bisa dibilang internet adalah maha guru. Alasannya ya karena dari jaringan tersebutlah kita bisa tahu semua hal. Hanya dengan satu klik, semua jawaban akan tertera di sana. Enggak heran deh kalau anak-anak kecil zaman sekarang lebih pintar dari orang dewasa.

Rajin membaca buku [Sumber Gambar]
Terus kalau internet mati bagaimana? Ya hal ini sangat berpengaruh positif untuk para pelajar dan juga mahasiswa. Ketika mereka ingin tahu sesuatu, maka mau tidak mau harus membaca buku. Jika tak baca buku, dijamin mereka akan tertinggal dari yang lain. Beda banget kalau ada internet. Mereka hanya tinggal browsing tanpa tahu apakah berita yang ia baca merupakan fakta atau sekedar hoax belaka.

Kurang update dengan kabar terbaru

Internet mempunyai manfaat yang tidak banyak dimiliki oleh alat komunikasi lain seperti koran ataupun majalah. Adalah lebih update dalam memberikan kabar terbaru. Nah, dalam hal ini tidak ada yang dapat mengatasi kecuali internet menyala kembali seperti semula.

Ketinggalan berita [Sumber Gambar]
Kalau sudah begini, siap-siap saja untuk ketinggalan informasi apapun. Misalnya saja ada peristiwa gempa di suatu daerah dan internet dalam keadaan tewas. Bantuan tidak akan datang tepat waktu dan selanjutnya bisa kalian perkirakan sendiri bagaimana dampaknya.

Itulah tadi perkiraan penulis jika internet benar-benar mati selama dua hari. Jadi kesimpulannya ada sisi positif dan negatif yang bisa kita dapatkan. Untuk sisi positifnya, tidak akan ada istilah asyik sendiri dan juga para pelajar menjadi tidak malas. Lalu untuk negatifnya adalah pekerjaan menjadi terhambat serta jadi ketinggalan berita. Jadi, apa kalian setuju nih dengan pendapat penulis di atas?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Budaya Tiongkok Hingga Terbuat dari Batu Meteor, Ini 4 Fakta Keris Sebagai Pusaka Indonesia

4 Lambang Unik Klub Sepak Bola Dunia yang Siap Membuat Kita Gagal Paham