4 Jasa Soekarno Kepada Dunia ini Bikin Bangga!

oleh Rizal
07:10 AM on Apr 8, 2016

Membahas tentang kiprah internasional Soekarno, jujur saja belum ada satu pun presiden Indonesia setelahnya yang punya pamor serupa. Ya, di luar negeri sosok sang Putra Fajar ini begitu memiliki pengaruh yang kuat. Bahkan lawatan Soekarno ke sebuah negara pasti akan disambut dengan sangat meriah. Kalau sekarang? Ya, mungkin tetap ada tapi takkan pernah seheboh presiden pertama.

BACA JUGA: 5 Kasus Percobaan Pembunuhan Bung Karno ini Menjadi Bukti Jika Pemimpin Hebat Selalu Dijatuhkan

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Tentang pengaruh di dunia internasional, Soekarno memang memilikinya. Apa yang dikatakannya jadi sebuah hal yang sangat dipertimbangkan. Dalam karir kepemimpinannya, setidaknya empat kali pasangan Bung Hatta ini mengutarakan keinginannya kepada suatu negara dan benar-benar dituruti.

Uniknya, apa yang menjadi titah Soekarno itu berujung pada manfaat besar tak hanya kepada negara yang bersangkutan tapi juga orang-orang di seluruh dunia. Bagaimana kronologinya? Simak ulasannya berikut.

1. Soekarno Adalah Sosok yang Menyelamatkan Universitas Al Azhar Mesir

Al Azhar bisa dibilang salah satu kampus tertua di dunia. Ia dibangun di tahun 970an di masa dinasti Fatimiyah. Bagi Islam, keberadaan Universitas ini adalah hal yang sangat penting. Dan bagi Mesir, dunia mengenal mereka salah satunya lewat kampus yang umurnya sudah lebih dari 1000 tahun ini. Namun, pernah pada tahun 1955, presiden Mesir kala itu, Gamal Abdul Nasser, berencana ingin menutup Al Azhar lantaran alasan politik.

Soekarno dan Gamal Abdul Nassar [Image Source]
Soekarno dan Gamal Abdul Nassar [Image Source]
Hal ini tentu saja menghebohkan umat Islam seluruh dunia, tak terkecuali Bung Karno. Lalu, sejurus kemudian, Bung Karno langsung melakukan lawatan ke Mesir. Tujuannya untuk  kunjungan negara, tapi misi lain Bung Karno adalah untuk menyelamatkan Al Azhar. Seperti yang kamu tahu, hubungan kedua orang ini begitu hangat dan mesra. Gamal dikenal keras, namun berhadapan dengan Soekarno ia bisa lebih menerima kritik.

Pada pertemuannya dengan Presiden Mesir, Bung Karno pun mengatakan kenapa harus menutup Al Azhar padahal ia adalah simbol yang sudah kental dengan Mesir. Soekarno juga mengatakan jika orang Indonesia mengenal Mesir lewat universitas itu. Siapa sangka apa yang dikatakan Bung Karno ini membuat Gamal berpikir panjang dan akhirnya tidak jadi menutup Al Azhar. Kita harus akui seumpama Bung Karno tak langsung ke Mesir kala itu, maka universitas ini mungkin sudah tutup 61 tahun lalu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA