5 Tanda Tangan Ini Memiliki Harga Selangit, Yakin Kamu Mampu Beli?

oleh Anas Anas
07:11 AM on Apr 8, 2016

Tanda tangan merupakan tanda pengenal yang unik bagi tiap orang karena bentuk-bentuknya yang berbeda satu sama lain. Tanda tangan menjadi hal penting bagi kehidupan sehari-hari karena sering dibubuhkan dalam hal-hal administratif. Misalnya saja dalam surat perjanjian, akad, jual-beli, dan lain sebagainya.

Nah, seiring dengan berjalannya waktu, tanda tangan menjadi suatu hal yang sangat bernilai mengiringi ketokohan pemiliknya. Selain karena bersejarah, tanda tangan itu sangat terbatas jumlahnya di dunia sehingga banyak diburu oleh kolektor maupun penggemar fanatik. Begitu juga tanda tangan berikut yang dibandrol dengan harga selangit untuk mendapatkannya. Yakin kamu mampu membelinya?

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

1. Jimi Hendirx

James Marshall Hendrix, atau lebih dikenal dengan nama Jimi Hendrix, merupakan legenda musik rock dan blues. Dia dianggap sebagai salah satu gitaris terbaik dunia hingga saat ini. Sebagai seorang gitaris kidal, Hendrix adalah seorang yang penting dan berpengaruh bagi sejarah dan perkembangan musik populer di dunia. Jimi Hendrix melejit namanya pada tahun 1966 ketika tiga lagunya memuncaki tangga lagu UK Top Ten.

Most-Expensive-Autographs-in-the-World-04
Tanda tangan Jimi Hendirx [ Image Source ]

Kepiawaian performance dan gaya eksentriknya menjadikan Hendrix sebagai musisi yang mendapat bayaran paling mahal di zamannya. Sayangnya, kejayaan Hendrix berlangsung pendek. Dunia dikejutkan kabar bahwa Hendrix ditemukan tewas pada tanggal 18 Sepetember 1970 di kamar hotelnya di London. Namun tahukah Anda? Tanda tangan Jimi Hendrix yang terdapat pada sebuah kertas bernilai 41.000 Pounsdterling atau sekitar 750 juta rupiah.

2. Jimmy Page

Jimmy Page merupakan salah satu gitaris yang mempengaruhi banyak gitaris di zamannya sekitar pertengahan tahun 60-an dan tahun 70-an. Ia memulai karir sebagai gitaris rekaman studio di London. Pada tahun 1966 hingga 1968 ia ikut bergabung dalam band The Yardbirds. Kemudian ia ikut mendirikan salah satu band Inggris yang menjadi legenda dunia, Led Zeppelin.

fb34d-jimmy-page-signature
Tanda tangan Jimmy Page [ Image Source ]

Lewat album-album Led Zeppelin menjadikan band ini sebagai band tersukses di tahun 70-an. Wabah permainan Jimmy Page kemudian menjamur bagi gitaris-gitaris heavy metal beberapa tahun kemudian. Lewat kepiawaiannya memainkan gitar, tanda tangan yang dibubuhkannya di atas permukaan gitar dilelang dengan harga fantastis, yakni 49.000 Poundsterling atau 900 juta rupiah.

3. John Lennon

John Winston Ono Lennon, atau John Lennon merupakan vokalis band legendaris asal Liverpool, Inggris, The Beatles. Selain menjadi vokalis, ia bersama Paul McCartney juga menulis lirik lagu The Beatles yang terbukti paling sukses di abad 20. Lagu berjudul I Wanna Hold Your Hand yang dirilis tahun 1964 adalah lagu pertamanya yang menembus pasar musik Amerika Serikat dan disebut sebagai pembuka gerbang “British Invasion” di negeri Paman Sam.

9757395_2
Tanda tangan John Lennon [ Image Source ]

Pada tahun 2003, tanda tangan terakhir milik John Lennon sebelum ia ditembak mati oleh Mark Chapman, salah seorang fans gila The Beatles, terjual dengan harga 525.000 Dollar US atau setara dengan harga 7 milyar rupiah. Karya terakhirnya dicatat saat ia berkolaborasi bersama istri tercinta yang merupakan seniman asal Jepang, Yoko Ono.

4. Abraham Lincoln

Abarham Lincoln merupakan presiden Amerika Serikat ke-16 yang menjabat sejak Maret 1861 hingga akhir hayatnya yang terbunuh pada tanggal 15 April 1865. Ia terbilang sukses dalam memimpin Amerika Serikat dengan berhasil mengatasi krisis yang terjadi di negerinya seperti perang saudara, mempersatukan rakyat, dan mengakhiri perbudakan di Amerika Serikat.

2012814tanda-tangan-1
Tanda tangan Abraham Lincoln [ Image Source ]

Sayangnya, setelah menyeleseikan semua persoalan dari masalah perang saudara dan penghapusan perbudakan, justru Presiden Lincoln menjadi presiden Amerika Serikat pertama yag terbunuh setelahnya. Presiden Lincoln ditembak di teater Ford, Washington pada tanggal 14 April 1865 dan meninggal keesokan harinya dalam usia 65 tahun. Tanda tangan yang dibubuhkan Prsiden Lincoln pada Proklamasi Emansipasi terjual dengan mahar 748.000 Dollar US atau setara dengan nilai 9,8 miliyar rupiah pada sebuah acara lelang tahun 1991.

5. William Shakespeare

William Shakespeare dikenal sebagai salah satu sastrawan terbesar Inggris. Selama masih hidup, ia telah menulis sekitar 38 sandiwara tragedi, komedi, sejarah dan 154 sonata, 2 puisi naratif, dan puisi-puisi yang lain. Ia aktif menulis antara tahun 1585 dan 1613. Semua karyanya telah diterjemahkan hampir di semua bahasa dunia.

Most-Expensive-Autographs-in-the-World-01 (1)
Tanda tangan William Shakespeare [ Image Source ]

Di dunia ini diyakini hanya terdapat enam tanda tangan asli milik William Shakespeare yang masing-masing bernilai 5 juta dollar US. Dengan nilai selangit ini, banyak yang beranggapan tidak ada lagi tanda tangan yang akan mampu menyaingi harga yang dibanderol untuk tanda tangan maestro sastra Inggris ini.

Nah, itu tadi 5 tanda tangan yang memiliki harga selangit. Dari tiap tokoh yang bersejarah, apa saja yang ditinggalkannya pasti memiliki nilai histori sendiri. Untuk mendapatkannya saja, kamu harus bersaing dengan ribuan orang. Belum lagi harga yang ditawarkan pasti menggila. Namun itulah barang bersejarah, ada rupa pasti ada harga. Meski hal sederhana saja, barang itu bisa dijual mahal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA