Urusan utang piutang memang selalu menjadi petaka. Ada banyak sekali orang yang stress, jual ginjal, atau bahkan bunuh diri karena terlilit utang dan tak mampu lagi membayar. Tetapi walaupun sudah mengetahui risiko dari berhutang, sebagian kalangan masih memilih meminjam kepada para rentenir demi memenuhi kebutuhan hidup.

Belakangan ini ada fenomena unik, di mana orang yang berhutang memberi jaminan foto-foto bugil mereka agar diberi uang pinjaman. Hal ini memang tidak terjadi di Indonesia, melainkan di China. Parahnya lagi, yang menjadi subjek pelaku adalah para mahasiswa. Selain foto bugil, berikut hal yang pernah dijadikan jaminan demi mendapatkan uang pinjaman.

Foto bugil mahasiswa di China

Mengutip dari berbagai sumber, virus foto bugil sebagai jaminan untuk utang ini sudah dimulai sejak dua tahun lalu. Korban-korban yang berhasil terjaring adalah generasi millennial yang lahir pada tahun 1990-an. Otoritas keamanan setempat mencurigai jika ada otak yang menggerakkan bisnis ini, karena mereka seolah memang mengincar generasi muda. Secara tidak langsung, pihak peminjam mengetahui jika anak-anak kelahiran 90-an tersebut butuh uang, namun tidakmemiliki jaminan apapun dan masih hidup bergantung pada orangtua.

Jaminan Utang di China [Sumber gambar]
Sistem peminjaman uang ini sangat mudah. Si anak akan mengirimkan foto vulgar mereka, pihak terkait akan memberikan uang dan harus dikembalikan dalam waktu yang telah disepakati. Jika tidak, maka foto mereka akan disebarkan.

Jaminan utang sertifikat tanah orang meninggal

Kejadian yang cukup unik ini dialami oleh warga Bojonegoro, Anik Zuliatin (37). Kepada polisi setempat ia melaporkan bahwa sertifikat tanah ayahnya yang sudah meninggal digunakan orang lain untuk jaminan utang di Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Sertifikat Tanah orang yang sudah meninggal [Sumber gambar]
Hal ini ternyata bermula dari tahun 2015, saat Anik membutuhkan uang tunai dan meminjam dari salah satu koperasi melalui Rahman. Melihat sertifikat itu, Rahman mengeluarkan uang pribadinya dan ditukar dengan sertifikat yang kemudian ia gunakan sendiri.

Istri dijadikan sandera demi jaminan utang

Utang menjadi masalah untuk banyak orang, termasuk bagi Iwan (34). Iwan diketahui bekerja sebagai sopir untuk manjikannya, Dg Gassing, warga Desa Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Nahas, Iwan mengalami kecelakaan saat sedang bekerja, sehingga mobil yang ia pakai rusak parah. Dg Gassing meminta Iwan mengganti dengan uang Rp16 juta rupiah.

Istri disandera karena utang [Sumber gambar]
Namun karena tak punya uang, istrinya-lah yang ditahan oleh sang majikan selama satu bulan. Merasa khawatir, Iwan hendak menukar sang istri dengan motor, namun ditolak oleh Dg Gassing. Masalah ini berbuntut panjang hingga Iwan melaporkan sang majikan ke kepolisian setempat.

Keju sebagai jaminan utang kepada bank di Italia

Jika beberapa jaminan di atas dianggap nyeleneh, tak kalah unik dengan yang ada di Italia. Di negara Menara Pisa ini, pinjaman atau utang di bank bisa dijamin dengan keju. Ternyata keju di sini bukan yang biasa kita beli di toko-toko ya, Sahabat.

Keju sebagai jaminan utang [Sumber gambar]
Melansir kumparan.com, praktik ini dilakukan di Emiliano, daerah penghasil keju Parmigiano-Reggiano. Di sini, keju adalah asset berharga yang nilainya bisa mencapai puluhan juta sehingga investasi ini dianggap menarik oleh bank. Semakin tua umur keju, semakin mahallah harganya.

BACA JUGA: 5 Negara Besar Tapi Memiliki Paling Banyak Utang di Dunia

Itulah 4 hal nyeleneh yang dijadikan sebagai jaminan utang. Satu pelajaran yang mungkin bisa kita ambil, yakinkan dulu dirimu sebelum berutang kepada orang lain, terlebih jika itu adalah rentenir. Utang tak hanya menempatkan hidup kita dalam kesengsaraan tetapi juga banyak orang yang stress berakhir bunuh diri karena masalah ini.