Categories: Trending

Jalur-jalur Jalanan Terunik yang Pernah Ada di Dunia

Saat berada di jalanan, tentu kita akan bertemu orang-orang dengan aktivitasnya masing-masing. Ada yang sibuk menyetir kendaraan, ada yang asik dengan smartphonenya atau hanya sekedar berjalan kaki dengan setengah berlari dan masih banyak lagi yang membuat suasana di jalanan tersebut semakin semeraut.

Baca Juga : 6 Fakta Unik dan Menarik Aleksander Agung Si Penakluk yang Namanya Mendunia

Maka dari itu, dibuatlah sebuah jalur khusus yang akan memisahkan para pengguna jalan dengan aktifitas dan tujuannya masing-masing. Jalur ini membuat suasana jalanan terlihat semakin tertib dan teratur. Berikut adalah beberapa contoh jalur-jalur khusus yang ada di berbagai dunia.

1. Jalur Khusus Pengguna Smartphone di China

Saat ini banyak sekali orang yang tidak bisa lepas dari smartphonenya. Negatifnya, mereka ini sering kali menjadi sosok yang tidak peduli akan keadaan lingkungan di sekitarnya. Bahkan tak jarang membuat orang di sekitarnya menjadi celaka.

Jalur Pengguna Smartphone [imagesource]
Berangkat dari hal ini, China pun akhirnya membuat jalur khusus pengguna smartphone. Di sebuah jalan yang ada di kota Chongqing terdapat sebuah trotoar yang terbagi menjadi dua alur, yakni untuk yang sedang menggunakan smartphone dan tidak sedang menggunakan smartphone.

2. Jalur Khusus Pengendara Perempuan di London

Sering kali para pengendara wanita merasa tidak aman saat mengemudi di jalan raya. Tapi di London punya rencana agar pengendara wanita tidak merasa tersaingi lagi oleh pengendara pria saat berkendara di jalan raya. Akan dibuat sebuah jalur khusus untuk pengendara wanita.

Jalur Pengendara Wanita [imagesource]
Jalur ini nantinya akan ditandai dengan jalanannya yang berwarna pink cerah. Pengendra pria dan pengendara motor pun tidak boleh melewati jalur ini. Waah, idenya keren banget nih. Semoga saja segera terealisasi nih pembangunannya. Agar wanita akan selalu merasa aman saat di jalan raya.

3. Jalur Khusus Bebek di Inggris

Tak hanya jalur khusus untuk perempuan. Di London, bebek pun punya jalur tersendiri untuk melintas di jalanan. Jalur tersebut membentuk seperti bahu jalan yang bebas hambatan, lengkap dengan garis pembatas berwarna putih yang sejajar dengan jalur utama.

Jalur Untuk Bebek [imagesource]
Jalur ini merupakan sebuah kampanye yang mendorong kesadaran manusia untuk berbagi jalan saat sekelompok bebek berada di dekat mereka. Jadi saat ada segerombolan bebek lewat, orang-orang diharapkan untuk memberikan jalan untuk hewan tersebut.

4. Jalur Khusus Pengguna Sepeda di Belanda

Jika di Indonesia terdapat jalur khusus sepeda motor, di Belanda terdapat sebuah jalur khusus sepeda nih readers. Pemerintah Belanda memang telah mendorong peningkatan budaya naik sepeda sejak tahun 1970-an. Wajar saja memang jika negara tersebut mendapat predikat sebagai negara bersepeda terbaik.

Jalur Pengguna Sepeda [imagesource]
Jalur yang terbentang sepanjang 32.000 kilometer ini, dibangun lengkap dengan berbagai rambu-rambu lalu lintas khusus untuk sepeda. Jalur ini juga dibuat bercabang dan terkoneksi ke mana saja. Bahkan, ada beberapa tempat yang hanya bisa diakses dengan menggunakan sepeda.

Baca Juga : 5 Manusia Tak Dikenal yang Berhasil Mengubah Dunia ke Arah yang Lebih Baik

Jalur-jalur ini tidak hanya ada di negara yang disebutkan tadi saja loh. Di berbagai dunia pun sudah mulai banyak dibangun dan diterapkan jalur-jalur khusus tadi. Jalur-jalur yang sungguh unik dan tentunya sangat membantu untuk membuat kondisi jalanan semakin tertib dan teratur.

Share
Published by
Rahma Muliani

Recent Posts

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

11 hours ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

5 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

7 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago