Kabar tentang meninggalnya Supreme Leader Korea Utara, Kim Jong Un membuat geger netizen, enggak hanya di Indonesia tapi juga dunia. sebelumnya, Jong Un dikabarkan sudah melakukan operasi kardiovaskular akibat penyakit komplikasi yang ia derita. Namun, hasil dari operasi ini masih belum diketahui, ada yang menyebut bahwa pimpinan Korut ini mengalami koma, ada pula yang percaya bahwa Jong Un sudah meninggal.

Nah, spekulasi netizen yang yakin bahwa Kim Jong Un sudah meninggal juga bukan asal dibuat. Mereka melihat beberapa hal yang dinilai aneh di Korea Utara. Simak dalam ulasan Boombastis.com berikut ya!

Kereta dari Cina menuju Korea Utara yang ditangguhkan

Kereta Api Pyongyang [sumber gambar]
Pada 24 April #KimJongUnDead menjadi trending topic di berbagai media. Namun, masih belum ada konfirmasi kalau hal ini memang benar adanya, mengingat sangat sulit sekali mengakses informasi dari Korut. Namun, anehnya, beberapa kereta yang beroperasi dari daratan Cina menuju kota yang berada di Korut ditangguhkan. Biro kereta api di kota Shenyang Cina menyebut ada sekitar 20 kereta (penangguhan ini akan berlangsung sampai 20 Mei mendatang). Hal ini sangat aneh, mengingat saat ada perayaan besar pun di Korut, kereta tetap beroperasi seperti biasa.

Laporan media HKTV

Kim Jong Un [sumber gambar]
Selain kereta yang mendadak berhenti beroperasi ini, salah satu media Hong Kong yakni HKTV mengatakan kalau Jong Un memang sudah meninggal. HKTV ini adalah media yang sangat dekat dengan Cina, bahkan menjadi corong pemerintah Cina di Hong Kong. Selain HKTV, ada pula media Taiwan yang memberikan konfirmasi bahwa kemungkinan kondisi Kim Jong Un dalam keadaan tentative –sedang kritis atau bahkan telah meninggal dunia.

Pembakaran dua lilin oleh pejabat Cina

Bakar lilin saat kematian [sumber gambar]
Sehari setelahnya, di tanggal 25 April, ada beberapa delegasi yang dipimpin oleh pejabat senior Cina (yang mengepalai departemen luar negeri komite sentral partai komunis Cina) dikonfirmasi meninggalkan Beijing menuju Pyongyang untuk memberikan nasehat mengenai kondisi kesehatan Kim Jong Un. Belum lagi, netizen Cina memberikan pernyataan kalau ada 2 orang dari pejabat Cina membakar 2 buah lilin, pembakaran 2 buah lilin ini menjadi desas-desus bagaimana kondisi Kim Jong Un sebenarnya.

Pengumuman kematian pemimpin di Korea Utara

Pemimpin Korea Utara [sumber gambar]
Yang terakhir, Korea Utara mempunyai tradisi unik mengenai kematian para pemimpin mereka. Pemimpin yang meninggal tidak akan diumumkan saat itu juga, melainkan menunggu hitungan bulan setelah kematian. Hal ini terjadi pada kakek dan ayah Kim Jong Un sendiri. Saat kematian Kim Il Sung (kakek Jong Un), 51 hari setelahnya baru diumumkan ke khalayak luas. Atau Kim Jong Il (ayah Jong Un) yang baru diumumkan kematiannya setelah 30 hari setelah jasadnya dibalsem terlebih dahulu. Andaikata pun Kim Jong Un memang meninggal sekarang, maka kemungkinan berbulan-bulan ke depan negara baru mengumumkannya.

BACA JUGA: Kim Yo Jong, Adik Kim Jong Un yang Tak Kalah Garang dan Disebut ‘Fotocopy’ Sang Diktator

Saat ini, kalau memang Kim Jong Un meninggal, maka sudah ada sosok yang berpotensi besar mengambil alih kursi kepemimpinan, trah kekuasaan kemungkinan akan dipegang oleh Kim Yo Jong, adik perempuan Jong Un yang disebut lebih sangar dari pemimpin diktator itu.