Nama Inneke Koesherawati tengah jadi pembicaraan di media sosial akhir-akhir ini. Bukan mengenai film atau iklan terbarunya, juga prestasi yang ditorehkan, tetapi skandal KPK yang menyeret namanya. Bukan rahasia lagi jika suami Innere Koesherawati, Fahmi Darmawansyah telah lebih dulu ditangkap KPK karena kasus suap.

Fahmi Darmawansyah pun divonis 2 tahun 8 bulan penjara oleh majelis hakim, dikutip dari grid.id. Seperti yang pernah diulas Boombastis.com sebelumnya pada artikel bertajuk Temani Orang Terkasih Buka Puasa di Penjara, 2018 Jadi Ramadan Terburuk Bagi 3 Artis Ini, Inneke Koesherawati kerap mengunjungi sang suami di Lapas Sukamiskin, Bandung, beberapa tahun terakhir.

Ditetapkan sebagai saksi

Tak disangka-sangka, ternyata di balik kesedihan model dan aktris legendaris ini telah melakukan hal yang fatal. Tak kapok oleh kasus suap yang dilakukan suaminya hingga membuat ia dibui, Inneke Koesherawati tercyduk KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Kepala Lapas Sukamiskin. Meskipun kini statusnya hanya menjadi saksi, tetapi Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husen, dan sang suami sendiri, Fahmi Darmawansyah sudah berstatus sebagai tersangka.

Inneke Koesherawati Suap Lapas Sukamiskin [sumber gambar]
Fahmi diduga menyuap Wahid untuk memberikan fasilitas bintang lima padanya di Lapas Sukamiskin. Dilansir dari grid.id, suap yang diberikan pada Wahid bermacam-macam. Mulai dari dua unit mobil, Mitsubishi Triton Exceed dan Mitsubishi Pajero Sport Dakkar.

Inneke Koesherawati terlibat pembelian mobil

Selain itu, Fahmi juga memberikan suap berupa uang sebesar Rp279.920.000 serta USD1,410 kepada Wahid. Bukti-bukti tersebut diamankan KPK di kediaman Wahid Husen. Nasional.tempo.co juga menyatakan bahwa Inneke Koesherawati tahu dan terlibat soal pembelian dua unit mobil milik Wahid.

Barang Bukti Lapas Sukamiskin yang Disita [sumber gambar]
“Mungkin kan suaminya di dalam lapas, makanya disuruh pesankan,” ungkap Ketua KPK, Agus Raharjo ketika menjelaskan kronologi pembelian mobil. Meskipun begitu, belum ada tanda-tanda Inneke Koesherawati akan naik statusnya menjadi tersangka. Pengacaranya hanya menyatakan Inneke harus kembali ke KPK dalam waktu dekat untuk melengkapi berkas-berkas.

Situasi kamar suami Inneke Koesherawati di Lapas Sukamiskin

Berawal dari laporan masyarakat tentang adanya suap di Lapas Sukamiskin, KPK lalu menggelar OTT di sana. Ternyata benar, di kamar suami Inneke Koesherawati saja ditemukan uang sejumlah Rp139.300.000, seperti yang diwartakan idntimes.com. Di beberapa sel lainnya juga ditemukan sejumlah uang serta handphone.

Lebih parahnya lagi, ada beberapa sel yang kosong, yang berarti para tahanan sedang melancong entah ke mana. Video situasi sel-sel di Lapas Sukamiskin pun beredar viral di media sosial, khususnya instagram. Sekali lagi, netizen tak menyangka dengan apa yang telah dilakukan Inneke Koesherawati di balik ini semua.

Dukungan para sahabat untuk Inneke Koesherawati

Syok? Tentu saja. Enggak hanya netizen kok, para artis juga begitu. Salah satunya Marini Zumarnis. Pesinetron sekaligus sahabat Inneke Koesherawati itu juga terkejut, tetapi tak mau ambil kesimpulan dulu sebelum KPK merilis fakta sebenarnya.

Inneke Koesherawati dan Marini Zumarnis [sumber gambar]
Bahkan, Marini Zumarnis juga menghimbau pada rekan-rekan media maupun netizen untuk tidak suudzon dulu. Sebab, Inneke Koesherawati juga masih diperiksa sebagai saksi, bukan dituduh sebagai tersangka, ungkapnya seperti yang ditulis oleh grid.id.

Apa yang bisa kita ambil dari kasus Inneke Koesherawati di atas? Manusia tidak ada yang sempurna, apalagi netizen. Meski nantinya terbukti Inneke Koesherawati memiliki andil dalam kasus penyuapan di Lapas Sukamiskin, mungkin ada baiknya kita dengarkan dulu alasannya sebelum mencecarnya dengan komentar negatif bernada kebencian.