Katanya, Indonesia adalah negeri yang indah baik dari sisi budaya dan alamnya. Jadi bukan hal yang aneh ketika banyak orang luar negeri yang jatuh hati pada negeri ini. Bahkan banyak dari mereka yang rela pergi dari negaranya hanya untuk hidup di negeri pertiwi. Persyaratan apapun akan dilakukan, bahkan jika harus menjadi WNI.

Saking kepincutnya dengan Indonesia, beberapa orang asing malah membawa apa yang mereka dapatkan dari sini untuk kemudian diperkenalkan ke negeri asal. Bentuknya sendiri macam-macam dan memang Indonesia banget. Uniknya lagi, hal tersebut rupanya juga menarik orang-orang dan akhirnya jadi semacam keviralan tersendiri. Lalu, seperti apa sih hal-hal yang Indonesia banget kemudian jadi tenar di luar sana? Simak ulasannya berikut.

“Kedai kopi” menjadi tempat nongkrong warga Amerika

Mungkin istilah kedai kopi sangat dekat dengan orang Indonesia, tapi uniknya yang satu ini tidak cuma berada di nusantara melainkan juga di Amerika. Seorang warga Amerika bernama Joshua, memutuskan membuka sebuah warung kopi dengan cita rasa khas Indonesia. Unik memang dan di luar perkiraan ternyata kedai kopi itu menjadi sangat ramai. Bukan orang oleh Indonesia tapi warga Amerika sendiri.

Joshua dan kedai kopinya

Menurut mereka, kopi cita rasa Indonesia ini memang berbeda dari yang lainnya. Menu yang paling banyak dibeli adalah Kopi Jahe, unik memang mengetahui ternyata orang bule juga suka minuman khas Indonesia itu. Setiap hari kedai kopi ini salalu ramai dengan para bule bahkan sangat sedikit orang Indonesianya.

Menggunakan nama “Indonesia” sebagai band

Kalo yang satu ini malah agak nyleneh. Beberapa band di Rusia menggunakan nama-nama yang berbau Indonesia untuk bandnya. Benar-benar tanpa diedit ataupun ditambah apapun, band rock alternatif ini mengambil utuh nama “Indonesia”. Menurut mereka Indonesia adalah nama paling keren untuk mewakilkan bandnya.

Band Indonesia [image source]
Lain lagi dengan band yang menggunakan nama salah satu pulau yang ada di Indonesia. Ya kalo yang satu ini menggunakan nama Sumatra sebagai panggilan untuk kelompok musiknya. Menurut mereka, menggunakan nama Sumatra untuk band metalcore, pastinya akan menambah popularitas yang mereka capai.

Sarung jadi fashion

Belakangan nama sarung mulai jadi perhatian dunia. Dimulai dari seorang model yang menggunakan sarung sebagai sebuah syal, sampai para artis sekelas hollywood yang menjadikannya sebagai salah satu aksesoris untuk gaya. Mungkin hal tersebut juga dipengaruhi oleh perilaku Presiden Jokowi saat berpidato menggunakan sarung.

Fashion Sarung [image Source]
Akhirnya banyak orang bule yang beranggapan bahwa sarung itu sendiri merupakan sebuah pakaian yang keren bagi masyarkat Indonesia sendiri. Alhasil banyak dari orang luar negeri yang memodifikasi sarung dengan berbagai bentuk agar terlihat sangat modis. Untuk masalah ini kita memang patut bangga.

Budaya bungkus daun pisang jadi trend sebuah tas

Entah apa yang dipikirkan orang bule tentang yang satu ini. Awalnya sebuah tas yang terbuat dari daun pisang muncul pertama kali di acara fashion show. Namun kemudian masyarakat mulai melirik dan menggandrungi tas daun pisang tersebut sebagai sebuah trend baru. Akhirnya banyak orang yang memakai tas unik itu.  Aneh memang, pasalnya menurut mereka selain daun pisang ini ramah lingkungan, namun juga praktis dan dapat di bawa kemana-mana.

Tas daun pisan

Tidak seperti tas-tas dari kulit binatang, kalau yang satu ini sangat mudah didapatkan dan bisa di daur ulang. Hal itu pastinya sangat berbeda dengan di Indonesia yang biasanya daun pisang hanya digunakan sebagai bungkus jajanan dan hajatan.

Beberapa hal di tas sangat membuktikan kalau bahkan orang asing pun menganggap apa yang ada di Indonesia bisa dijadikan sebagai tren. Namun bagaimana dengan kita sendiri? Boro-boro jadi tren, bangga dengan produk atau budaya Indonesia saja kadang jarang. Alhasil wajarkan kalau nantinya banyak orang asing yang lebih mencintai Indonesia ketimbang penduduknya sendiri.