Laoya, Desanya ‘Jomblo’ yang Dihuni Para Pria Kesepian Tanpa Kedatangan Wanita

Bahkan di desa ini para pria belum menikah di usia 40 dan 50 tahun

oleh Faradina
16:00 PM on Apr 10, 2017

Selalu saja ada yang menghebohkan dari Tiongkok. Setelah munculnya kehebohan tentang kondisi lingkungan yang miris, pelatihan yang ditujukan pada calon bodyguard wanita yang keras, makanan-makanannya yang membuat orang berpikir dua kali untuk mencicipi, dan sekarang muncul lagi berita mengenai salah satu desa unik di sana.

Desa Laoya, merupakan salah satu daerah di Tiongkok yang dikenal sebagai desanya para jomblo. Bagaimana tidak, banyak pria asli Laoya yang masih berstatus membujang meskipun usianya sudah menginjak separuh abad.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Sejarah bermula dari kondisi surplus pria di Tiongkok

Sebagian dari kalian mungkin sudah pernah mendengar sebuah kebijakan lama yang diberlakukan Tiongkok mengenai satu anak untuk satu keluarga. Kebijakan tersebut diberlakukan semata-mata untuk mengantisipasi terjadinya ledakan penduduk kelak. Selain itu dalam sejarahnya, masyarakat di negara ini lebih menginginkan memiliki anak laki-laki dibanding perempuan. Jadi wajar saja bila saat kebijakan itu diberlakukan banyak keluarga yang mempunyai anak laki-laki semata wayang.

Populasi pria [image source]
Hal seperti itulah yang kemudian membuat Tiongkok mengalami surplus laki-laki sejak tahun 1980. Kondisi surplus itu kemudian berbuntut dengan banyaknya jumlah laki-laki yang sulit mendapatkan istri. Salah satu daerah yang mengalami permasalahan ini terletak di provinsi terpencil bernama Anhui, bagian timur Tiongkok, tepatnya di desa Laoya.

Populasi pria belum menikah di Laoya cukup tinggi

Laoya sendiri memiliki arti Bebek Tua yang maksudnya adalah tempat para bujangan tinggal. Menurut masyarakatnya, populasi laki-laki yang belum berumah tangga di desa ini lumayan tinggi. Bayangkan saja pada saat diadakan survey pada tahun 2014, ternyata ada sekitar 112 penduduk laki-laki yang masih bujangan. Usia mereka pun bisa dikatakan tak lagi muda, yaitu berkisar 30 sampai 55 tahun.

Pria belum menikah [image source]
Padahal di kota-kota Tiongkok sendiri biasanya para lelaki mulai menikah ketika menginjak usia 20 tahun-an. Di umur tersebut mereka biasanya bahkan sudah memiliki rumah untuk tinggal keluarga kecilnya. Sangat bertolak belakang memang bila dibandingkan dengan Laoya yang tempatnya jauh terpencil ini.

Lokasinya yang terpencil membuat wanita enggan singgah

Menurut salah satu lelaki Laoya yang masih menyandang status bujangan di usia 43 tahun, lokasi desa yang terpencil menjadi salah satu faktor mengapa ratusan pria di daerahnya tetap sendiri. Laoya disebut-sebut memang sangat terisolasi dan juga memiliki akses transportasi sangat sulit, sehingga sedikit pula orang luar yang berkenan mengunjungi bahkan menetap di desa itu.

Desa Laoya [image source]
Salah satu alternatif perjalanan yang bisa digunakan adalah melalui jalur darat. Itupun harus dilewati selama satu jam lengkap dengan medan tanah curam. Belum lagi bila musim hujan tiba pasti tanahnya akan seketika menjadi becek dan cukup berbahaya juga untuk dilewati. Rumah-rumah di desa tersebut juga tersebar di wilayah perbukitan, dan bahkan ada beberapa tempat tinggal yang letaknya dikelilingi oleh hutan bambu.

Para perempuan biasanya enggan tinggal di daerah terpencil

Desa ini sebenarnya awalnya tak hanya dihuni oleh lelaki saja. Namun saat ini mayoritas perempuan muda asli Laoya sudah memilih mencari penghidupan di kota. Dan biasanya selain mendapat pekerjaan yang lebih baik, mereka juga akan menikah dengan orang kota. Jadi sekembalinya di kampung halaman status mereka sudah tak lagi single.

Desa Laoya [image source]
Selain itu pernah juga beberapa bujang Laoya membawa perempuan dari daerah lain untuk melihat  kondisi tempat tinggal mereka. Tapi sayangnya perempuan itu memang nampak tidak ingin tinggal di tempat ini, bahkan meskipun sang pria sudah menyediakan rumah cukup besar untuk mereka. Para wanita itu berdalih mereka tidak akan cocok bila hidup di sana.

Ketika para wanita desa memutuskan pergi ke kota, laki-lakinya justru memilih tetap tinggal karena mereka cinta dengan kampung halamannya. Para pria juga lebih memilih menjaga orang tua mereka yang telah tua dibanding pindah untuk mendapat istri. Wah mungkin dari kalian, cewek-cewek yang ingin mencoba sensasi hidup di desa bisa langsung berumah tangga mencari suami di Laoya.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA