in

Inilah Alasan Penting Kenapa RI Butuh Pertolongan dari Cina untuk Atasi Corona

Cina menjadi salah satu negara yang terbilang sukses mengendalikan sekaligus mengatasi wabah virus corona yang telah ditetapkan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dalam Twitter resminya, China Daily mengunggah momen di mana para tenaga kesehatan Cina melepas masker usai jumlah kasus corona telah menurun.

Berkat keberhasilan ini, Cina kemudian bergerak ke banyak negara dan membantu mereka memerangi virus corona di sana. Melalui Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menegaskan, pemerintah negeri Tirai Bambu itu siap membantu untuk mengatasi virus corona di Tanah Air. Jelas, hal ini merupakan tawaran yang sangat berharga bagi Indonesia.

Cina terbukti sukses menangani virus corona di negerinya sendiri

Keberhasilan Cina menangani penyebaran virus corona di negaranya, menjadi harapan baru bagi negara-negara lainnya yang tengah berjibaku melawan wabah tersebut. Bahkan, Cina tak segan turun tangan untuk membantu negara lain yang membutuhkan. Salah satunya adalah Indonesia. “Kami juga siap bekerja sama dengan Indonesia dan memberikan bantuan semaksimal mungkin.” ucap Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian yang dilansir dari Nasional.kompas.com (19/03/2020).

Banyak negara dunia dibantu oleh Cina untuk mengatasi virus corona

Sukses mengatasi wabah virus corona di negeri sendiri, Cina kini bersiap untuk membantu negara lain guna mengatasi wabah tersebut. Salah satunya adalah Uni Eropa, di mana pemerintah negeri Tirai Bambu akan mengirim 200.000 masker N95, dua juta masker bedah dan 50.000 kit atau alat uji. Jelas, hal ini serupa juga sangat dibutuhkan oleh Indonesia.

Indonesia diketahui membeli alat rapid test untuk cegah corona dari Cina

Sebagai bagian dari upaya pemerintah guna menekan penyebaran virus corona, Indonesia melalui PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dikabarkan akan membeli alat untuk menguji virus corona atau rapid test dari Cina. Hal ini sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan melakukan rapid test massal virus Corona di daerah yang rawan seperti Jakarta.

Cina juga telah mengembangkan vaksin guna pengobatan pasien corona

Cina memang memiliki segudang hal yang bakal dibutuhkan oleh Indonesia ke depannya dalam konteks pencegahan virus corona. Selain bantuan tenaga ahli dan peralatan, negeri Tirai Bambu juga tengah mengembangkan vaksin untuk menyembuhkan penderita Covid-19. Jika hal tersebut bisa terwujud, Indonesia tentu memiliki pilihan apakah mau menerima vaksin dari Cina atau negara lainnya. Semua tergantung kepada keputusan pemerintah.

BACA JUGA: Jadi Pahlawan, Ini 4 Langkah yang Akan Dilakukan Cina untuk Sikat Corona di Dunia

Sebagai negara yang sukses mengatasi wabah virus corona di negaranya, kesiapan Cina untuk membantu Indonesia untuk hal serupa tentu merupakan kesempatan yang baik. Terlebih, pemerintah RI juga terlihat kerepotan dalam menghadapi penyebaran wabah yang disebut sebagai Covid-19 itu. Kita lihat saja ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Saad Bin Abi Waqqas, Paman Rosulullah yang Wafat dan Dimakamkan di Guangzhou, Cina

Tutup Usia, Ini Kisah Ibu Sudjiatmi di Balik Kesuksesan Presiden Joko Widodo