in

Jadi Pahlawan, Ini 4 Langkah yang Akan Dilakukan Cina untuk Sikat Corona di Dunia

Sejak dikabarkan diserang oleh virus corona beberapa waktu yang lalu, Cina sempat jatuh dan menutup diri sementara dari luar. Ribuan orang meninggal dan puluhan ribu yang lain terinfeksi virus. Bahkan, tenaga medis harus berusaha super keras. Rumah sakit pun didirikan hanya dalam waktu 10 hari. Beberapa wilayah sempat diisolasi dan semua warganya tinggal di rumah.

Sekarang, saat virus corona berpindah tempat ke negara lain, Cina sudah mulai bangkit. Kegiatan perekonomian mereka mulai beroperasi, bahkan Cina bersedia membantu negara lain yang saat ini masih terdampak virus corona. Berikut ulasan selengkapnya.

Ciptakan vaksin untuk virus corona

Virus corona ini merupakan jenis wabah baru yang sebelumnya tak pernah ada. Sehingga, mau tak mau, mereka yang terinfeksi harus dikarantina dan dirawat secara khusus oleh tim medis, tanpa harus kontak dengan pasien. Meski presentasi kesembuhan penderita corona di atas 80%, namun, sudah banyak sekali nyawa yang melayang karena proses penyebaran yang sangat cepat.

Vaksin virus corona [sumber gambar]
Kabar baiknya, Cina sekarang sudah berhasil menemukan vaksin untuk virus corona ini. Guo Haodong, Konsulat Jenderal (Konjen) China untuk Bali, menegaskan bahwa pemerintahnya akan mendistribusikan vaksin tersebut untuk meredakan wabah virus yang tengah menjadi pandemi dunia tersebut, seperti dilansir dari wartaekonomi.co.id.

Membantu kirimkan tenaga medis ke Italia

Setelah Cina, Italia merupakan negara dengan jumlah pasien corona terbanyak yang pernah ada. Negara tersebut kini melakukan lockdown kepada semua warganya. Mereka harus tetap stay di rumah dan tidak boleh keluar kecuali untuk kepentingan yang sangat-sangat mendesak. Kasus corona yang mendera Italia ini membuat Cina mengirim tim medis –setelah negaranya bangkit—untuk membantu para dokter dan para stafnya yang ada di Italia.

Cina bantu italia [sumber gambar]
Melansir dari covesia.com, setidaknya selain tenaga medis, ada pula peralatan yang bisa digunakan untuk memeriksa dan menjadi kebutuhan pasien. Cina kemarin banyak di-bully, tapi nampaknya mereka sebentar lagi akan jadi pahlawan.

Membantu Irak perangi wabah virus

Tak bisa dipungkiri bahwa Cina punya kekuatan untuk membantu sejumlah negara dalam memerangi virus yang sedang naik daun ini. Selain Italia, Cina juga menerjunkan para pakar dan ahli medis ke Irak, agar negara tersebut bangkit dan bisa pulih kembali. Dari kumparan.com, melansir Xinhua News Agency, tim ini akan tinggal di Irak selama satu bulan.

Cina membantu Irak [sumber gambar]
Mereka akan mengajari cara menahan penyebaran wabah tersebut. “China telah mendapatkan pengalaman hebat dalam memerangi virus corona. Irak bisa mengambil manfaat dari cara pencegahan, pengendalian, deteksi, dan pengobatannya,” ujar pimpinan tim ahli Cina, Tao Zhongquan.

Akan membantu Indonesia lawan corona?

Untuk saat ini, Indonesia cukup getol melawan penyebaran corona yang semakin massive. Meskipun begitu, sampai saat ini, dari ratusan penderita yang sudah dinyatakan positive, ada 11 orang yang sudah sembuh. Namun, jumlah pasien yang positive juga terus bertambah. Maka, setelah memberikan bantuan ke beberapa negara, Cina tampaknya juga akan mengulurkan tangan untuk membantu Indonesia.

Akan membantu Indonesia [sumber gambar]
“Kami juga siap bekerja sama dengan Indonesia dan memberikan bantuan semaksimal mungkin bagi Indonesia untuk menangani pandemi ini,” kata Xiao Qian, Duta Besar Cina untuk Indonesia, melansir dari Kompas.com, Rabu (17/3/2020).

BACA JUGA: Perjuangan Tenaga Medis Indonesia untuk Atasi Virus Corona, Ada yang Harus Bertaruh Nyawa

Untuk saat ini, kepada semua lapisan masyarakat jangan takut untuk melawan virus corona. Karena, tingkat kesembuhan dari virus ini sangatlah tinggi, lebih dari 80%. Semoga saja, semua negara yang sudah terkena wabah corona ini segera mengikuti jejak Cina untuk sembuh dan bangkit kembali.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Melihat Kondisi Palestina di Tengah Wabah Virus Corona Global yang Tidak Banyak Diketahui

Percepatan Tangani Corona, 5 Rencana Pemerintah RI Ini sedang Disiapkan untuk Masyarakat