Mie instan mungkin sudah jadi cemilan paling dekat di masyarakat. Selain harganya yang murah meriah juga rasanya yang luar biasa. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau banyak meme-meme tentang produk tersebut, bahkan ada akun khusus yang bernamakan “agama indomie”. Hal itu jadi bukti kalau mie instan memang susah untuk digantikan.

Soal Indomie, ada fenomena soal makanan instan ini di luar negeri, khususnya di beberapa penjara. Tahu kah kamu kalau mie siap saji ini ternyata adalah makanan yang sangat disukai, bahkan katanya bisa meredam emosi para napi. Luar biasa ya? Berikut beberapa fakta lain tentang indomie di penjara luar negeri yang pasti bikin kamu geleng-geleng.

Diberi mie instan Indonesia, tahanan Australia dituduh dimanjakan

Memang ada-ada saja berita tentang mie instan Indonesia ini, selain prestasi ternyata ada juga yang tak biasa. Seperti yang terjadi di Australia beberapa waktu yang lalu dimana napi di sana dituduh dimanjakan karena diberi mie Indomie dengan menggunakan uang negara. Mungkin buat kita terdengar agak konyol ya, namun ternyata tuduhan tersebut memang beralasan.

Memanjakan tahanan [sumber gambar]
Usut punya usut, semua berasal dari uang pajak sebesar 16 Miliar yang dialokasikan untuk membeli makanan tersebut dan beberapa cemilan lainnya. Ya, ternyata hal itu dianggap jumlahnya terlalu besar untuk sebuah makanan yang dianggap junk food dan instan oleh masyarakat di sana.

Indomie ternyata dianggap juga menurunkan emosi di penjara

Mungkin selama ini kita mendengar indomie sebagai salah satu produk yang cocok dengan berbagai lidah, namun apa pernah dengar kalau mie ini juga bisa meredam emosi? Ya, hal tersebut lah yang terjadi di Australia. Dilansir dari Vice, salah satu tahanan mengaku kalau mengkonsumsi mie instan asal Indonesia ini bisa mempererat hubungan antara satu dan lainnya.

Menurunkan emosi napi [sumber gambar]
Tepatnya saat dirinya bertugas jadi koki dan menyediakan makan buat tahanan lain, mie ini adalah salah satu masakan yang paling laku ketimbang yang lainnya. Hal ini menjadi wajar ketika tahu ternyata sang koki tersebut kadang juga mengajak teman-temannya juga ikut masak membuat mereka jadi semakin akrab.

Mie instan Indonesia jadi mata uang di AS

Lantaran jadi salah satu makanan favorit, siapa sangka kalau indomie juga bisa jadi mata uang baru para tahanan di Amerika. Cukup aneh mungkin kedengarannya, namun ada alasan yang lumayan logis di baliknya. Seperti yang diketahui kalau di areal penjara peredaran uang sangat minim.

jadi mata uang

Oleh sebab itu biasanya mereka menggunakan barang lain sebagai gantinya. Misalnya rokok yang hampir semua orang membutuhkannya. Nah rupanya hal itu juga berlaku buat mie instan ini karena juga memenuhi syarat tersebut. Seperti di Indonesia, orang-orang di sana sepertinya tidak bisa lepas dari mie instan.

Mie instan jadi sarana pendidikan manajemen uang

Ternyata salah satu alasan dibelinya Indomie di Australia untuk para tahanan lumayan mengejutkan. Bukan hanya untuk cemilan, nantinya mie instan itu digunakan sebagai pembelajaran pengaturan uang yang baik. Seperti yang dilansir dari Tempo, setiap tahanan diberikan izin untuk membeli mie instan dan cemilan lainnya dari uang yang telah mereka dapatkan setelah bekerja di penjara.

Memberi banyak manfaat [sumber gambar]
Menurut rett Collins, Grup Aksi Tahanan, organisasi advokasi bagi tahanan hal ini jadi salah satu cara agar mereka belajar mengola dana dan salah satu bagian dari mekanisme manajemen tahanan dan penjara.

BACA JUGA: Indomie, Alat Tukar dalam Penjara Amerika dan Makanan Favorit Para Napi di Australia

Melihat banyaknya manfaat yang tak terduga dari mie instan ini, tentu bikin kita sendiri kaget. Ternyata di luar sana banyak yang menggunakan mie instan kita dan sangat mencintainya. Hal ini tentu jadi salah satu target pasar dan menbuat negara kita makin mendunia.