5 Ilmuwan Cantik yang Penemuannya Berjasa Besar

oleh Rizal
15:00 PM on Nov 9, 2015

Mungkin klasik, namun pertanyaan kenapa wanita selalu bisa lebih pintar dari pria masih jadi hal yang misterius. Padahal, pria konon memiliki kecenderungan berpikir logis yang lebih dominan dibandingkan para wanita yang lebih banyak mengedepankan sisi emosional. Namun kenyataannya, wanita selalu bisa menggerus laki-laki soal intelektualitas. Banyak contohnya, di Indonesia sendiri ada Sri Mulyani, sampai sang penjunjung wanita masa penjajahan, RA. Kartini.

Ilmuwan wanita juga bisa kita angkat sebagai contoh jika wanita bisa lebih superior soal kepandaian. Ya, ada banyak sosok perempuan yang kiprahnya sangat fenomenal di bidang inovasi dan penemuan. Tak hanya sebagai bukti jika perempuan juga bisa sejajar dengan para pria soal inteligensi, tapi apa yang mereka lakukan bermanfaat besar bagi dunia.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Berikut adalah deretan para ilmuwan wanita yang hasil karyanya luar biasa. Dan satu lagi, mereka juga memiliki kecantikan yang bikin pria makin salut.

1. Hedy Lamarr

Lamarr adalah wanita paket lengkap yang hampir jarang ditemui di era kekinian. Sosok satu ini merupakan selebriti kenamaan pada masanya serta seorang ilmuwan yang sangat cerdas. Lamarr adalah aktris yang cukup terkenal di tahun 30an berbekal paras cantik serta akting-akting kontroversinya yang melegenda. Salah satunya dalam film berjudul Ecstasy yang membuatnya berakting sangat berani dan pasti bakal kena cekal jika diputar sekarang.

Aktris dan seorang ilmuwan? Cuma Lamarr yang bisa seperti ini [Image Source]
Aktris dan seorang ilmuwan? Cuma Lamarr yang bisa seperti ini [Image Source]
Kesampingkan dulu pesona selebritinya dan kita kuak bagaimana sosok satu ini dalam statusnya yang juga seorang ilmuwan. Lamarr adalah pemilik paten pertama untuk teknologi spektrum sebar dan perpindahan frekuensi. Implementasinya sendiri bisa digunakan untuk mengacaukan sistem detektor torpedo musuh. Alhasil, rudal bawah air yang dibekali dengan teknologi ini takkan bisa dilacak. Lamarr sendiri menemukan ini bersama dengan seorang komponis bernama George Antheill. Sayangnya, ketika mereka berdua mempresentasikan hal ini kepada angkatan laut Amerika, teknologi tersebut ditolak mentah-mentah.

Pada akhirnya mungkin penemuan ini tidak akan benar-benar berguna. Namun hal tersebut ternyata tak terjadi ketika beberapa tahun setelahnya teknologi tersebut menjadi dasar dari banyak penemuan penting. Ya, berbekal perpindahan frekuensi serta spektrum sebar milik Lamarr, kemudian muncul yang namanya Bluetooth, Wi-Fi, dan CDMA. Hingga akhirnya, penemuan yang gagal diterima ini diapresiasi dengan penghargaan pada tahun 1997.

2. Rosalind Franklin

DNA memegang peranan penting dalam berbagai bidang keilmuwan terutama biologi khususnya tentang genetika. Lewat DNA kita bisa mengetahui informasi apa pun tentang sifat-sifat organisme. DNA juga jadi pangkal dari pengembangan bio teknologi di masa depan. Nah, salah satu dari penemu konsep penting ini adalah seorang ilmuwan wanita bernama Rosalind Franklin.

Wanita cantik ini jadi penemu struktur DNA yang super penting itu [Image Source]
Wanita cantik ini jadi penemu struktur DNA yang super penting itu [Image Source]
Franklin sendiri tak hanya fokus kepada DNA saja, namun ia juga menemukan mekanisme untuk merumuskan model dan struktur DNA lewat sebuah aplikasi difraksi sinar-x. Karya ini berhasil membuat dunia tercengang dan pada tahun 1962 karya ini diganjar dengan hadiah Nobel.

Franklin sendiri mungkin akan terus menemukan hal-hal hebat. Namun sayangnya, di usia yang masih sangat muda yakni 37 tahun ia meninggal dunia. Di masa-masa terakhirnya, ia sempat merilis beberapa karya penting yang saat ini masih dijadikan acuan dasar ilmu virologi struktural.

3. Ada Lovelace

Teknologi komputer sekarang begitu canggih dan menjadi hal fundamental di banyak bidang. Termasuk juga bahasa pemrograman yang makin berkembang sehingga memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaannya. Percaya atau tidak, semua teknologi gila ini awalnya adalah hasil pemikiran seorang wanita cantik bernama Ada Lovelave. Wanita asal Inggris ini dikatakan sebagai penemu komputer mekanik pertama.

Wanita cantik ini adalah programmer pertama di dunia [Image Source]
Wanita cantik ini adalah programmer pertama di dunia [Image Source]
Ada Lovelace adalah matematikawan asal Inggris yang kesehariannya sama sekali tak berbeda dengan wanita normal pada umumnya. Namun kesukaannya kepada hal-hal logis yang terstruktur, membawanya menjadi salah satu penemu terhebat dalam sejarah manusia. Tak hanya berhasil menemukan komputer mekanis, Ada Lovelace adalah wanita pertama yang melakukan perhitungan algoritma untuk dipergunakan di dalam mesin. Dunia menyebutnya sebagai programmer pertama di Dunia.

Karyanya menginspirasi para profesor dalam penciptaan bahasa pemrograman kompleks yang ada sekarang. Termasuk juga evolusi hardware dan software yang asalnya adalah dari buah karya Ada Lovelace. Sayangnya, wanita hebat nan jelita ini tidak berumur panjang. Ia meninggal di usia yang juga masih sangat produktif yakni 36 tahun.

4. Sofia Kovalevskaya

Sofia Kovalevskaya, wanita cantik ini begitu sangat suka dengan hal-hal yang berbau matematis. Di usianya yang 11 tahun, ia sudah bisa melakukan perhitungan kompleks dan bahkan memenuhi dinding kamarnya dengan rumus-rumus kalkulus. Suatu ketika ia juga pernah diberi sebuah buku fisika di usianya yang 14 tahun. Hebatnya, ia bisa membedah rumus-rumus fisika tersebut dengan teramat baik.

Sofia Kovalevskaya bikin Rusia bangga karena kiprahnya di matematika sangat membanggakan [Image Source]
Sofia Kovalevskaya bikin Rusia bangga karena kiprahnya di matematika sangat membanggakan [Image Source]
Sofia pun melanjutkan pendidikannya di universitas. Namun lantaran wanita Rusia muda yang belum menikah tak boleh bersekolah, ia pun akhirnya menikahi seorang pemuda bernama Vladimir Kovalevsky. Mereka berdua pindah ke Jerman dan Sofia makin menggila dalam prestasi. Ketika itu ia belajar kepada matematikawan kenamaan Karl Weierstrass dan berhasil memukau sang guru. Prestasi paling membanggakan Sofia adalah berhasil menang dalam Prix Brodin dan masuk dalam deretan wanita Eropa pertama yang jadi guru besar.

Karya paling fenomenalnya adalah teori persamaan diferensial yang bikin mahasiswa matematika mumet itu. Wanita ini meninggal ketika menjabat sebagai professor di Universitas Stokholm lantaran influenza dan bakteri pnuemonia.

5. Haruka Obokata

Merupakan pemandangan yang jarang sekali melihat seorang ilmuwan cantik jelita dengan jas labnya berjibaku dengan pipet dan mikroskop. Namun suasana asyik itu bisa kita saksikan saat seorang ilmuwan wanita asal Jepang Bernama Haruka Obokata tengah berada di laboratoriumnya. Nah, terlepas dari penampilannya yang sangat menawan. Wanita ini sempat menggemparkan dunia lewat penemuannya di bidang biologi terkait dengan penemuan sebuah sel unik. Bernama STEM, sel ini konon bisa meregenerasi sel-sel hewani yang sudah rusak untuk kembali seperti awal.

Ilmuwan cantik mirip Dian Sastro ini karyanya masih jadi misteri hingga sekarang [Image Source]
Ilmuwan cantik mirip Dian Sastro ini karyanya masih jadi misteri hingga sekarang [Image Source]
Mekanismenya, sel bernama STEM ini berkembang di dalam tubuh seperti embrio. Penggunaannya sendiri bisa bermacam-macam, termasuk juga meremajakan organ-organ vital. Sayangnya, penemuan yang bikin gempar ini juga menyisakan pertanyaan besar. Termasuk kebingungan para peneliti lain ketika melakukan metode yang sama dan hasilnya selalu salah.

Akhirnya Obokata dituduh melakukan semacam penipuan sehingga hasil risetnya yang sudah dirilis ditarik kembali. Meskipun begitu Obokata mengaku kalau dirinya memang menemukan STEM hanya saja ada sebuah prosedur tertentu yang tidak bisa ia tunjukkan di depan publik. Hingga kini STEM masih jadi sesuatu yang misterius. Apakah ia benar-benar ada atau hanya imajinasi saja. Jika benar-benar eksis, maka tidak menutup kemungkinan manusia bakal bisa hidup abadi.

Deretan wanita di atas jadi bukti jika perempuan bisa menjadi apa pun. Bahkan menjadi ilmuwan besar yang karya-karyanya menginspirasi dan jadi dasar dari penelitian besar yang mengubah dunia ke arah yang lebih baik. Lalu, kapan ilmuwan wanita kita bisa unjuk kebolehan seperti deretan wonder woman cantik di atas? Semoga saja akan banyak wanita-wanita cerdas Indonesia yang mampu berprestasi seperti para perempuan cerdas ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA