Merebaknya virus K-Pop di dunia membuat para fans menjadi fanatik terhadap idolanya. Pengin di-notice hingga menyentuh bagian-bagian yang seharusnya menjadi privasi bagi sang idola di tempat umum seringkali terjadi. Bukan hanya di Korea Selatan, pelanggaran privasi yang dilakukan oleh fans fanatik ini juga terjadi di Indonesia.

Bikin geleng-geleng kepala memang, tapi hal tersebut memang benar terjadi. Sayang banget, kelakuan fans fanatik di Indonesia sampai membuat para idol K-Pop trauma untuk datang lagi ke tanah air. Siapa sajakah idol K-Pop yang mendapat perlakuan kurang manusawi oleh fans fanatik di Indonesia?

GFriend, dibuat shock dan khawatir hingga dipepet tak diberi jalan

Kejadian ini baru saja terjadi beberapa hari lalu. Idol grup GFriend, yang terdiri dari Sowon, Yerin, Yuju, Eunha, SinB, dan Umji ini datang ke Jakarta untuk menggelar fan meeting—acara minta tanda tangan hingga foto bareng. Namun, karena tempat yang kurang leluasa, banyak fans yang berdesakan datang.

Belum lagi, banyak fans yang curang dan merebut kursi yang semestinya bukan miliknya. Pingsan hingga terluka dialami oleh banyak Buddies—sebutan untuk fans GFriend di Jakarta hingga sang idola melihat sendiri kejadiannya. Dirudung rasa khawatir, Sowon dkk juga dipepet sampai tak bisa jalan saking penuhnya venue. Beruntung mereka tak sampai luka parah.

BTS, diperlakukan layaknya maling!

Dikejar hingga dipukuli adalah hal yang biasa dilakukan masyarakat jika ada seseorang yang berteriak “maling.” Sayangnya, hal ini juga dialami oleh boy group BTS ketika bertandang ke Jakarta pada tahun 2015 silam. Rap Monster dan kawan-kawan seperti biasa disambut oleh Army di bandara Soekarno Hatta.

Sayangnya, mereka datang tanpa pengawalan ketat, sehingga para fans bisa menyambut mereka dari dekat. Alhasil, pengejaran hingga tarik-menarik terjadi antara member BTS dan para fans. Ketika mencoba menghindar dan melarikan diri, fans malah tampak mengejar Jungkook hingga dirinya oleng.

Onew dan Jonghyun SHINee, leader kebingungan hingga member masuk rumah sakit

Terjadi di dua kota berbeda, dua member SHINee dicelakai fans fanatik di Indonesia. Onew, sang leader dikejar-kejar di bandara Ngurah Rai, Bali. Ia tampak kebingungan hingga akhirnya melarikan diri dari kejaran fans. Namun, para fans malah semakin kencang berlari mengejarnya.

Hingga ada seorang fans yang memperingatkan, “jangan dipegang, kasihan,” tapi fans lainnya tetap mengejar Onew. Lainnya dialami oleh Jonghyun yang sudah berada di surga. Ketika mengadakan konser di Jakarta, ia sempat jatuh karena didorong-dorong oleh fans. Alhasil, ia harus cepat dilarikan ke rumah sakit dengan digendong sang manajer.

Sungjae dan Peniel BTOB, dipegang tanpa kontrol oleh fans hingga terluka

Yook Sungjae, anggota termuda yang paling banyak diidolakan, dan Peniel rapper BTOB berkunjung ke Indonesia untuk syuting program Law of The Jungle di Sumatra. Keduanya mendapat sambutan yang kurang manusiawi di bandara. Sungjae dipegang wajah dan pipinya secara brutal oleh fans.

Sungjae dan Peniel BTOB diserang fans fanatik di Indonesia [sumber gambar]
Sedangkan Peniel tampak memiliki guratan-guratan luka di pelipis dan lengannya. Meskipun begitu, keduanya hanya bisa pasrah mendapat serangan-serangan tersebut. Namun, para fans di Korea Selatan sungguh marah menyaksikan idolanya diperlakukan seperti atraksi sirkus.

Rain dan Kim Taehee, tak bisa menikmati bulan madu dengan maksimal

Pasangan selebriti yang jauh dari skandal ini memilih Bali dan Sumbawa untuk berbulan madu. Mereka berdua datang ke Indonesia pada awal tahun 2017 dan disambut oleh banyak fans di Bandara Ngurah Rai, Denpasar. Meskipun begitu, belum terjadi kejadian brutal dan tak diinginkan di bandara.

Rain dan Kim Taehee diserang fans fanatik di Indonesia [sumber gambar]
Namun, ketika akhirnya Rain dan Kim Taehee jalan-jalan ke tempat umum, ia mulai disentuh oleh fans fanatik. Rain pun tampak kaget hingga akhirnya menghindar dan tak bergandengan dengan sang istri. Bukannya memberikan kesan ramah, Rain dan Kim Taehee benar-benar tak diberi privasi oleh fans fanatik di Indonesia.

Taeyeon SNSD, sampai trauma!

Kejadian paling parah sepanjang fans menjemput idola di bandara Indonesia menimpa Taeyeon, leader grup SNSD. Taeyeon yang datang sendiri ke Jakarta, tanpa anggota SNSD lainnya tampak kebingungan ketika mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Ia yang kurus dan mungil tampak terombang-ambing dengan banyaknya fans yang menanti di bandara.

Selain itu, pengawalan yang diberikan pada Taeyeon juga sangat disayangkan oleh para fans di Korea Selatan dan juga agensi SM Entertainment. Sebab, Taeyeon sendiri curhat bahwa ia merasakan sentuhan di bagian dada dan pantat yang sudah termasuk ranah privasinya. Belum lagi dirinya jatuh di tengah kerumunan. Beruntung, ia bisa bangkit, kalau tidak kan runyam nama Indonesia di mata dunia.

BACA JUGA: Ngeri! 5 Artis Indonesia Ini Hampir Dapat Surat Berisi Darah dari Fans ‘Fanatik’ K-Pop

Maka dari itu, Sahabat Boombastis, suka yang berlebihan itu tidak baik. Sebab, tanpa disadari bisa mencelakai orang lain juga, lah. Boleh ngefans, tapi yang sewajarnya saja, ya.