Kondisi perekonomian saat ini memang sedang sulit, Sahabat Boombastis. Bahkan penghasilan tetap pun kadang masih tidak mencukupi, sehingga kita perlu putar otak agar bisa bertahan hidup dan dapur tetap mengepul untuk makan sehari-hari.

Untungnya, kondisi new normal ini masih membukakan pintu-pintu rezeki kalau kita mau mencobanya. Berikut ini adalah rekomendasi bisnis yang bisa dicoba kalau teman-teman ingin mendapat penghasilan tambahan.

Frozen Food

Peluang usaha frozen food masih menjanjikan

Semua kalangan bisa memulai bisnis ini. Cobalah dengan modal Rp200 ribu saja dan kulkas (lebih baik jika ada freezer). Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli frozen food di pemasok. Jangan khawatir, frozen food saat ini banyak yang tersedia dengan harga ekonomis tapi tetap tinggi peminat. Terutama ibu rumah tangga. Sambil mendongkrak penjualan, bisnis ini bisa dibarengi dengan Open PO masakan rumahan. Beberapa produk frozen food yang tinggi peminat di antaranya nugget, sosis, daging durian, seafood atau daging beku, snack hingga lauk pauk siap masak.

Minuman kemasan literan

Pandemi bikin orang susah ngopi di tongkrongan favorit mereka. Saat ini, banyak banget cafe menyediakan minuman dalam botol 500 ml hingga literan. Tak hanya kopi, kita bisa membuat minuman lainnya seperti Thai tea, dalgona, susu cokelat, hingga jamu-jamuan yang kini sedang banyak dibutuhkan orang untuk menjaga imunitas. Yang sedang hits saat ini adalah minuman susu dengan jelly dalam kemasan botol. Ide bisnis ekonomis ini potensial banget jika kamu tinggal di pemukiman yang banyak anak kecilnya.

Rempah-rempah

Rempah ini boleh dibilang mudah untuk dikelola, tapi bisa menghasilkan keuntungan melimpah. Saat ini, mulai banyak penanam rempah tidak hanya memasok ke pasar, namun juga secara online di media sosial maupun e-commerce. Peminatnya pun tetap tinggi karena produk ini memang dibutuhkan pembuat jamu besar, cafe, rumahan atau pembuat bumbu.

Bumbu masak

Bumbu masak jadi produk yang digemari kalangan ibu rumah tangga dan mereka yang hobi masak sendiri.

Ringankan beban para perempuan dari tugas rumah tangga mereka dengan mempermudahnya belanja dan memasak. Bisnis bumbu masak bisa berupa bahan mentah atau bumbu jadi siap pakai. Misalnya bumbu pecel, soto, lodeh, rawon, gado-gado-gado, urap dan sebagainya. Karena di masa pandemi yang rawan stres ini membuat banyak orang ingin makan enak, tapi praktis dan mudah memasaknya

Bibit tanaman hias

Tanaman hias kelihatannya biasa, tapi harganya mahal.

Bercocok tanam sedang menjadi kegemaran banyak orang saat ini untuk membangun ketahanan pangan. Namun, hal ini rupanya juga menular pada bisnis tanaman hias. Stay at home, membuat banyak kegiatan dilakukan di rumah, seperti membuat konten misalnya atau sekedar ingin mempercantik ruangan agar tetap semangat di rumah. Coba juga bisnis tanaman hias ini mulai dari bibitnya. Beberapa tanaman hias seperti aglonema dan monstera yang sedang hits saat ini, harganya bisa mencapai jutaan rupiah lho.

Masker

Masker kain harus diganti secara teratur, sehingga peluang berjualan produk ini masih tinggi peminat.

Benda yang satu ini juga masih tinggi permintaan. Karena masker kain sejatinya harus diganti secara teratur agar memberi proteksi maksimal. Jadilah penyedia terdekat bagi orang-orang di sekitarmu. Bisa dengan memproduksi sendiri sehingga kamu punya corak atau model masker yang khas, bisa juga menjadi reseller kalau modal dan usahamu masih terbatas.

Kurir belanja pasar

Jasa kurir yang banyak dibutuhkan di masa pandemi karena tak banyak orang mau keluar sendiri.

Kalau punya motor dan masih bisa keluar, jasa yang satu ini dibutuhkan banget lho. Banyak ibu rumah tangga yang membatasi aktivitas mereka ke pasar tradisional maupun supermarket. Nah, ini dimanfaatkan oleh beberapa agen belanja online atau individu untuk menawarkan jasa kurir mereka. Kita bisa mematok harga minimum, misalnya Rp 10-15 ribu dalam radius kurang dari 5 km dan tambahan Rp 5 ribu dalam setiap tambahan 2 km. Selain kurir belanja online, bisa juga jadi kurir untuk produk-produk makanan atau barang lainnya.

BACA JUGA: Begini Cara Tanam Cabai Merah Sendiri di Rumah, Bisa Dijual dan Hasilkan Ratusan Ribu!

Bisnis memang terasa agak rikuh di awal. Namun setelah penjualan pertama, biasanya kita akan lebih semangat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas berbisnis kita. Mudah-mudahan ide bisnis di atas bisa jadi momen pencetus untuk jadi entrepreneur ya.

Jangan menyerah, tak perlu minder dan jangan berhenti belajar. Banyak orang yang ahli juga bermula dari tidak bisa apa-apa. Semoga berhasil, Sobat Boombastis.