Semakin ke sini, persaingan di dunia hiburan semakin ketat. Banyaknya artis pendatang baru yang tak pernah absen muncul di layar kaca menjadikan selebriti “yang hits pada zamannya” semakin terkikis. Bahkan, pihak stasiun televisi maupun tender untuk memberikan mereka job pernah sampai lupa membayarkan honor, loh.

Tak hanya sekali, kejadian ini berulang beberapa kali dan menimpa selebriti yang berbeda-beda. Parahnya lagi, mereka bahkan sampai tak menerima honor dari 8 bulan hingga satu tahunan! Parah bange sih, ini. Ingin tahu siapa saja selebriti yang bernasib sial tersebut? Temukan jawabannya di sini.

1. Jane Shalimar, sudah 8 bulan tak ada kabar

Baru-baru ini artis yang pernah bersiteru dengan Vanessa Angel ini mengunggah sebuah tulisan dalam fitur instagram story-nya. Jane Shalimar secara spesifik menyebut acara talk show Hitam Putih di salah satu stasiun tv swasta. Dalam tulisannya ia berkata “syuting sejak November 2017, sampai saat ini belum ditransfer honornya.”

Honor Jane Shalimar Belum Dibayar [sumber gambar]
Ia juga menyebut stasiun di mana acara Hitam Putih dinaungi. Hal ini pun menimbulkan berbagai respon dari netizen. “Harusnya langsung hubungi pihak stasiun televisinya aja mbak, enggak usah diunggah ke media sosial juga,” tulis akun @lee_leana1. Sedangkan @maya.nysetyo berkomentar “semoga segera kelar masalahnya dan honornya juga cepat turun.”

2. Samuel Zylgwyn, sempat ditegur oleh istri sendiri

Tunggakan pembayaran honor juga terjadi kepada Samuel Zylgwyn. Artis yang baru saja menjadi ayah ini juga mengunggah curhatannya di fitur instagram story. Ia menyebutkan bahwa tidak apa-apa uang yang sudah menjadi haknya diambil oleh pihak produksi, tapi setidaknya katakana sesuatu, jangan diam saja.

Honor Samuel Zylgwyn Belum Dibayar [sumber gambar]
Postingan Samuel awalnya juga membuat Franda bicara. Ia sempat menegur suaminya karena menuliskan hal yang pribadi seperti itu. Namun, ketika diwawancara Franda mengatakan bahwa setelah Samuel mengunggah postingannya, akhirnya honor yang belum turun tersebut sudah dibayarkan.

3. Ayu Ting Ting, tagih kepada teman seperjuangan

Tak seperti kedua rekannya di atas, yang menulis curhatannya di instagram story, Ayu Ting Ting menggunakan cara lain. Ia langsung memberikan komentar di laman instagram milik temannya sekaligus menagih honor yang sudah menjadi haknya. Beberapa tahun lalu, ia sempat menulis komentar di unggahan Alm. Julia Perez.

Ayu Ting Ting Tagih Utang ke Jupe [sumber gambar]
“Mak, kan belum bayar Ayu waktu buat video klip emak waktu ntu, akhir bulan lunasin, ya. Jangan nyicil hahahahaha,” tulis Ayu. Hal ini pun membuat netizen berkobar emosinya dan saling menyudutkan kedua artis ini. Padahal, Ayu menagih hutang honor ke Alm. Julia Perez dengan santai dan bermaksud bercanda.

4. Fauzi Baadilla, 1 tahun belum ada pelunasan

Tak main-main, honor yang belum diberikan kepada aktor lawas Fauzi Baadilla adalah kerja kerasnya pada film layar lebar. Banyak film layar lebar seperti Mengejar Matahari, Tentang Kita, hingga di Balik 98 yang mengorbitkan namanya. Sehingga, ia benar-benar naik pitam ketika tak ada kejelasan setelah satu tahun produksi film diselesaikan.

Honor Fauzi Baadilla Belum Dibayar [sumber gambar]
Film tersebut garapan dari sutradara Amir Gumay dan berjudul Anak Negeri Megalith. Fauzi Baadilla yang didapuk menjadi pemeran utama pun memohon agar haknya segera diberikan. Tentu saja bayaran untuk aktor sekali main film layar lebar tidak sedikit, dong.

5. Aiman Ricky, curhat panjang lebar di instagram story

Meski tidak melakukan syuting layar lebar seperti Fauzi Baadilla, Aiman Ricky juga merasa dikhianati pihak produksi. Ia melakukan syuting FTV yang diproduk oleh production house ternama, yang mana ia sudah berulang kali bekerja sama dengan mereka. Dilansir dari liputan6.com, bermodal kepercayaan, Aiman Ricky langsung menerima tawaran tersebut.

Honor Aiman Ricky Belum Dibayar [sumber gambar]
Ia dijanjikan pembayaran honor akan dilakukan secara cash setelah 2 minggu syuting. Namun, setelah lebih dari tenggat waktu dan sang manajer terus menagih pihak production house, mereka selalu menyatakan bahwa honor masih dalam proses. Hingga akhirnya, honor tersebut dibawa kabur, Aiman Ricky tak bisa berbuat apa-apa karena tidak ada perjanjian tertulis yang ia lakukan.

Rupanya, berat juga ya jadi artis di Indonesia. Sudah banyak tekanan dan saingan, masih harus menghadapi komentar netizen, belum lagi jika honor tak segera dibayarkan seperti 5 artis di atas. Nah, sebagai apresiasi baik yang kita berikan sebagai pemirsa, makanya dukung terus produksi-produksi tanah air agar para pekerja seninya juga bisa hidup tentram, tak ada lagi deh tagih-menagih hutang di media sosial.