Fenomena padamnya listrik yang melanda beberapa wilayah membuat netizen panik bukan main. Bagaimana tidak, bukan hanya sinyal ponsel saja yang mati, berbagai pekerjaan juga ikut terhambat. Namun, setiap fenomena yang terjadi pasti ada hikmah yang bisa dipetik jika kita melihatnya dari sisi positif, bukan?

Begitupun dengan listrik yang mati ini. Walaupun banyak yang kesal, namun setidaknya ada beberapa dampak positif yang bisa dirasakan oleh sebagian manusia yang berada di pulau Jawa yang terdampak gelap gulita selama beberapa jam.

Udara Jakarta menjadi lebih bersih dari biasanya

Jakarta jadi lebih rendah polusinya [sumber gambar]
Nah, hikmah yang pertama adalah udara di Ibu Kota yang lebih bersih dari hari biasanya (saat listrik menyala). Melansir cnbcindonesia.com dari AirVisual, Air Quality Index (AQI) Jakarta kini berada di level 75. Rentang nilai AQI berada pada nilai 0-500. Semakin tinggi nilai, maka semakin tinggi pula tingkat polusi udara. Sebagai tambahan, Jakarta pada Senin pagi kemarin ada di angka 75, menunjukkan bahwa kualitas udara ibu kota berada pada level moderat. Posisi ini jauh lebih baik dari kualitas udara di Singapura yang pada waktu sama berada di level 100.

Bisa berkumpul bersama keluarga, enggak apa pakai lilin

Berkumpul bersama keluarga [sumber gambar]
Mati lampu di hampir seluruh bagian pulau Jawa membuat banyak orang punya kesempatan berkumpul lagi bareng dengan keluarga. Ya, mungkin hal ini langka bagi sebagian orang, karena kesibukan masing-masing yang membuat mereka harus selalu stand by bekerja serta berada di luar rumah. Namun, mati lampu ternyata membawa berkah kecil, satu keluarga bisa kembali berkumpul, menyalakan lilin, dan berbincang dengan hangat.

Rehat dari gadget untuk sementara waktu

Main gadget [sumber gambar]
Selama ini, setiap hari setiap saat, gadget pasti tak pernah lepas dari genggaman. Ada saja yang kita lakukan dengan handphone, tablet, ataupun laptop kita. Namun, satu hari mati lampu rasanya cukup untuk mengistirahatkan gadget dan menggantinya dengan mengerjakan aktivitas lain. Yup, mati listrik tak hanya membuat tidak tersedianya sumber energy saja, tetapi juga hilang sinyal di beberapa tempat.

Jangan ngeluh, nikmati saja kalau kata Aa Gym

Aa Gym [sumber gambar]
Saat listrik mati, Aa Gym menyempatkan memberi beberapa pelajaran yang seharusnya dipahami oleh manusia. Pertama, jangan mengeluh ketika tak ada cahaya, tapi disyukuri saja. Ke depannya mungkin bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan sumber energy. Mati listrik juga boleh jadi teguran untuk membuat kita sadar betapa lemahnya kita semua, bahkan kekayaan sekalipun. Aa Gym juga menambahkan bahwa beratnya hidup tanpa cahaya, tapi pasti lebih berat lagi orang yang hidup dalam kegelapan tanpa cahaya kebenaran.

Mati listrik tak lantas mematikan selera humor netizen Indonesia

Negara kita dipenuhi oleh orang-orang yang bisa membuat jokes-jokes lucu dari berbagai kejadian yang sedang menjadi viral dan trending, tak terkecuali mati lampu ini. Rakyat Twitter berbondong-bondong membuat meme dan hashtag #matilampu dan #matilistrik serta #terimakasihPLN yang kemudian menjadi trending. Ya, walaupun negara gelap gulita, selera humor netizen juga enggak berubah menjadi gelap ternyata.

BACA JUGA: Wow, Begini Beda Gaya Raditya Dika dan Raffi Ahmad Menghabiskan Malam Tanpa Listrik

Apakah kamu punya momen priceless yang berharga atau kocak saat mati lampu beberapa waktu yang lalu. Boleh dong dishare dan dibagi ceritanya ke pembaca Boombastis semua.