Resmi sudah sosok Nadiem Makarim dilantik sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), di Kabinet Indonesia Maju periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo. Momen bersejarah ini pun mendapat banyak sambutan yang beragam dari netizen. Bahkan, mereka pun ramai-ramai menjadikannya sebagai meme di Twitter.

Sebagai salah satu sosok yang tergolong berusia mudah dibanding lainnya, mantan CEO Gojek itu bahkan di panggil dengan sebutan “mas” oleh Presiden Jokowi saat mengumumkan jabatan menteri. Karena menjadi sorotan, yuk kita lihat keunikan seperti apa yang terjadi saat Nadiem resmi menjadi Mendikbud.

Banyak yang tak menyangka jika Nadiem dilantik sebagai Mendikbud

Terpilihnya seorang Nadiem Anwar Makarim mungkin sangat mengejutkan bagi para netizen di Tanah Air. Alhasil, muncul beragam tanggapan dari mereka soal posisi baru yang dijabat oleh Mantan CEO Gojek tersebut. Mulai dari ekspresi tak menyangka, hingga optimis jika pria lulusan universitas Harvard itu bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

 

Sosoknya dijadikan meme dan dagelan oleh netizen di Twitter

Selain mengungkapkan ekspresinya, netizen pun menunjukkan kreatifitasnya dengan mengomentari pelantikan Nadiem sebagai Mendikbud dalam bentuk meme dan dagelan. Celetukan yang ditampilkan, tak jauh-jaih dari jabatan awal Nadiem saat masih menjadi CEO Gojek. Dipadukan dengan posisinya saat ini sebagai Mendikbud, meme ala netizen itu terlihat sangat menghibur.

 

Mendikbud baru yang banjir request dari netizen Tanah Air

Sosok Mendibud yang banjir request dari para netizen [sumber gambar]
Posisi baru Nadiem sebagai Mendikbud justru membuat dirinya dibanjiri komentar oleh netizen. Meski ada yang mengucapkan selamat, namun kebanyakan malah request banyak hal yang terkait dengan pendidikan di Indonesia, seperti minta penghapusan sistem zonasi, hingga meniadakan kebijakan full day schooll.

Dipanggil mas oleh Presiden Joko Widodo saat pengumuman jabatan menteri

Ada momen unik pada Nadiem saat pengumuman jabatan para menteri baru di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo. Saat itu, dirinya dipanggil “Mas” oleh Jokowi karena dinilai masih berusia muda. Dibanding dengan para menteri lainnya, Nadiem menjadi yang termuda, yakni berusia 34 tahun saat dilantik sebagai Mendikbud.

Tidak punya program 100 hari kerja setelah dilantik menjadi Mendikbud

Meski lazimnya menteri yang telah memiliki program kerja setelah resmi dilantik, Nadiem ternyata mengaku dirinya tidak punya program 100 hari menjabat sebagai menteri. “Saya sudah mempersiapkan diri. Saya mohon kepada semua Dirjen Dikbud dan Dikti untuk bersabar dengan saya. Walaupun bukan dari kalangan pendidikan. Saya murid yang baik, belajar dengan baik,” ujarnya yang dikutip dari Nasional Tempo.

BACA JUGA: Nadiem Makarim Hingga Erick Thohir, Para Menteri Baru Jokowi Ini Sarat dengan Prestasi

Sebagai sosok muda yang dipercaya oleh negara menduduki jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), jelas ada harapan besar yang disematkan pada diri seorang Nadiem Anwar Makarim. Yah, kita doakan dan menunggu kiprahnya terhadap wajah pendidikan di negeri ini.