Belum sempat terbuai euforianya, Asian Para Games 2018 sudah akan bertatap muka dengan closing ceremony-nya besok. Sama seperti Asian Games 2018 lalu, idol K-Pop juga diusung untuk memeriahkan closing ceremony kali ini. Bukan boy band, yang terpilih untuk tampil di panggung Gelora Bung Karno (GBK) adalah girl band AOA.

Girl band asuhan FNC Entertainment ini beranggotakan Jimin, Seolhyun, Hyejeong, Yuna, Mina, dan Chanmi. AOA yang merupakan singkatan dari Ace of Angles memiliki image imut sekaligus seksi. Tak ayal jika banyak kaum Adam yang rela berdesakan untuk menonton konsernya. Sebelum nonton di televisi besok, yuk kepoin idol K-Pop closing ceremony Asian Para Games 2018 ini!

Aslinya terdiri dari 8 anggota

AOA dulu dan sekarang [sumber gambar]
Sebelum menjadi formasi seperti sekarang, AOA sempat mengalami jatuh bangun. Pada tahun 2016, berita mengejutkan datang dari member-nya yang bernama Yukyung. Ia memutuskan untuk meninggalkan AOA setelah 5 tahun debut. Setelahnya, pada tahun 2017, Choa juga meninggalkan AOA karena masalah kesehatan. Namun, netizen berpikiran bahwa hengkangnya Choa dari AOA disebabkan karena masalah hubungan percintaannya.

2 anggotanya pernah terlibat dating scandal

AOA dating scandal [sumber gambar]
Dua member AOA yang paling menonjol, Seolhyun dan Jimin, pernah tersaruk namanya dalam sebuah dating scandal. Seolhyun mengonfirmasi rumor tersebut, bahwa dirinya memang tengah berkencan dengan Zico, leader dari boy band Block B. Namun, hubungan mereka tak bertahan lama, karena salah satu “lambe turah” Korea Selatan yang bernama Dispatch terus mengejar dan mengusik hubungan mereka. Sedangkan Jimin pernah tertangkap kamera sedang belanja bersama Jinhwan iKON. Meskipun begitu, keduanya tak pernah mengonfirmasikan rumor tersbebut.

Memiliki 3 sub-unit dalam grupnya

AOA Sub Unit [sumber gambar]
Seperti dalam dunia hiburan Korea Selatan pada umumnya, beberapa girl atau boy band biasanya memiliki sub unit. Seperti dalam Bigbang ada GDxTAEYANG atau dalam EXO ada EXO-CBX, AOA pun memiliki sub unit. Terdiri dari band, vokal dan dance team. Jimin, Yuna, Mina, dan Yukyung (mantan anggota) tergabung dalam band bernama AOA Black. Sedangkan, Hyejeong, Seolhyun, dan Chanmi masuk dalam dance team bernama AOA White. Beda lagi dengan Yuna, Hyejong, dan Chanmi yang menamai dirinya AOA Cream untuk sub unit vokalnya.

Anggota AOA bisa main musik dan menulis lagunya sendiri

AOA Comeback Stage [sumber gambar]
Berbakat dan terkenal tidak menjadi jaminan idol K-Pop bisa menulis lagunya sendiri. Meski telah menjadi trainee untuk bertahun-tahun, sebagian idol K-Pop hanya fokus untuk meningkatkan kualitas vokal dan menarinya. Namun, AOA memiliki kemampuan di bidang musikalisasi. Jimin, sang leader kebanyakan menulis sendiri lirik dari lagu-lagu AOA. Ia juga pandai bermain gitar, sedangkan Seolhyun dan Yuna bermain piano. Mina lebih pandai memetik bass.

3 anggotanya telah debut menjadi aktor

Debut Aktor AOA [sumber gambar]
Tak hanya menyanyi, idol K-Pop yang memiliki reputasi baik biasanya juga main dalam drama. Syukur-syukur kalau mereka bisa memerankan pemeran utama. 3 member AOA juga telah merasakan hal tersebut. Seolhyun, Mina, dan Chanmi sudah pernah membintangi drama. Terutama Seolhyun yang sudah berkali-kali membintangi drama. Selain itu, ia kini merambah dalam film layar lebar. Tak main-main, lawan mainnya merupakan hallyu star Jo In Sung dan juga Nam Joo Hyuk.

Meski jarang terdengar eksistensinya di Indonesia, AOA ternyata merupakan girl band yang multitalenta, ya. Enggak hanya bisa lipsync dan joget-joget saja, tetapi mereka juga membuat karyanya sendiri. Selain itu, beberapa anggotanya juga menjajal dunia akting dan berhasil hingga tahap layar lebar. Wah, makin enggak sabar nih nonton AOA di closing ceremony Asian Para Games 2018 nanti. Ada yang mau datang?