Bukan sebuah hal baru jika dunia hiburan di Korea Selatan sangatlah keras. Tak jarang idol K-Pop berakhir dengan kematian tragis (bunuh diri) ketika mereka sudah tak lagi bisa mengatasi tekanan yang dialaminya. Hal ini juga disebabkan oleh tuntutan para fans atau netizen di sana yang 10x lipat lebih gila daripada kita.

Mereka bahkan menulis petisi yang menuntut agar seorang idol K-Pop yang melakukan kesalahan, walaupun kadang tak masuk akal, dihukum mati. Tak sedikit pula yang mengisi petisi tersebut hingga menyebabkan dunia hiburan Korea Selatan gonjang-ganjing. 4 artis ini pernah menjadi korbannya.

1. Lee Kwang Soo, dituntut karena guyonan-nya terhadap Hyejong AOA berlebihan

Baru-baru ini episode terbaru acara ragam Running Man ditayangkan. Bintang tamu yang datang didominasi oleh para idol, seperti Song Mino dan Kang Seungyoon dari Winner, Joo E dari Momoland, Dayoung dari Cosmic Girls, serta Seolhyun dan Hyejong dari AOA. Pada episode tersebut mereka diharuskan pasang-pasangan, dan Hyejong berkesempatan untuk menjadi partner Lee Kwang Soo.

Skandal Lee Kwang Soo [sumber gambar]
Episode yang bercerita tentang zombie vs manusia ini membuat Lee Kwang Soo menyebut Hyejong gold digger, yang dirasa menyakiti idola mereka yaitu Hyejong. Alhasil, Lee Kwang Soo dituntut mati dan banyak orang menandatangani petisi yang disebarkan secara online tersebut. Hingga artikel ini tayang, masih belum ada perkembangan mengenai kasus ini.

2. Suzy, bicara untuk korban pelecehan seksual tapi malah dituntut para pria

Idol sekaligus aktor yang sedang naik daun, Suzy, juga baru-baru ini diserang petisi mati. Hal tersebut dikarenakan ia menulis panjang lebar mengenai seorang korban pelecehan seksual. Ia benar-benar mengutuk perbuatan para tersangka hingga menyebabkan korban pelecehan seksual mengalami trauma.

Postingan Suzy [sumber gambar]
Namun, hal tersebut malah dinilai dari sudut pandang lainnya oleh netizen. Suzy disebut terlalu feminis, sehingga para pria, termasuk fans-fans Suzy menyerangnya dengan menandatangani petisi di mana ia harus mati akibat kata-kata yang ia tujukan kepada pelaku pelecehan seksual. Wajar enggak, sih?

3. Seolhyun AOA, diserang hanya gara-gara memberikan like pada postingan Suzy

Tak hanya Suzy yang diserang petisi, tetapi juga Seolhyun AOA. Ketika Suzy mengunggah tulisannya di akun instagram pribadinya (@skuukzky), Seolhyun yang merupakan pengikutnya memberikan like di sana. Merasa tak terima, para netizen pun juga menyerang Seolhyun.

Skandal Seolhyun [sumber gambar]
Mereka ramai-ramai meng-unfollow akun instagram Seolhyun (@sh_9513). Netizen pun menuliskan nama Seolhyun di petisi mati berdampingan dengan Suzy. Bermaksud baik tapi malah diperlakukan seperti ini, ada-ada saja netizen~

Lee Hongki, hanya gara-gara melihat video dari vlogger kontroversial

Satu lagi kasus yang tak masuk akal datang kepada Lee Hongki. Netizen memberikan petisi mati untuk personel grup band FT Island ini hanya gara-gara ia menonton sebuah video dari BJ Chulgoo, seorang vlogger yang mengesahkan kekerasan terhadap perempuan. Sebanyak 4000 netizen menandatangani petisi tersebut.

Skandal Lee Hongki [sumber gambar]
Merasa tak terima, Lee Hongki pun menuliskan klarifikasinya lewat instagram namun dengan caranya sendiri. Melihat hal tersebut, netizen makin naik pitam dan terus menggalang tanda tangan untuk petisi tersebut. Hingga berita ini ditayangkan, masih belum ada perkembangan juga mengenai kasus Lee Hongki.

Gila, ya, bayangkan saja kita ketahuan nonton video Lucinta Luna terus diberi petisi agar kita dihukum mati. Terkadang, netizen Korea Selatan memang berlebihan, tak ayal jika banyak artisnya yang stress dan tak ragu untuk mengakhiri hidupnya. Semoga hal yang seperti ini tak terjadi di Indonesia, deh.