in

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Ribuan Warga Telah Diungsikan

Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus

Salah satu gunung berapi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, baru saja meletus. Mengeluarkan lava pijar, hingga membuat warga panik tak karuan. Ternyata, gunung berapi ini sudah berstatus Awas sejak satu minggu sebelumnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Meletus Disertai Lontaran Lava Pijar

Gunung Lewotobi adalah gunung berapi di NTT yang memiliki dua puncak, ialah Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan. Gunung ini memiliki ketinggian 1.584 mdpl. Pada malam hari Selasa (16/1), sekitar pukul 20.58 Wita, Gunung Lewotobi Laki-laki erupsi disertai lontaran lava pijar.

Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus
Gunung Lewotobi Laki-laki saat erupsi [Sumber Gambar]
Jarak luncuran hingga 2.000 meter dari kawah dan mengalir ke arah utara-timur laut. Tinggi kolom abu sekitar 700 meter di atas permukaan puncak. Warnanya putih hingga kelabu dengan intensitas tebal. Saat meletus, gemuruh terdengar begitu kuat hingga membuat warga panik.

Ribuan Warga Telah Diungsikan

Status Awas atau level IV sudah ditetapkan sejak seminggu sebelumnya, tepatnya pada Selasa (9/1). Beberapa desa di 2 kecamatan di Kabupaten Flores Timur telah dikosongkan. Hal ini guna menghindari adanya awan panas guguran, lava pijar, juga banjir lahan dingin jika ada hujan dengan intensitas tinggi.

Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus
Kolom abu tinggi dan lebat [Sumber Gambar]
Warga diminta untuk waspada terhadap potensi banjir lahan dingin, sehingga mereka dilarang beraktivitas di luar rumah dalam radius 5 km dari pusat erupsi. Sebanyak 6.000 warga telah diungsikan dari kediaman mereka untuk keamanan.

BACA JUGA: Seluruh Indonesia Rawan Bencana, Yuk Persiapkan Tas Siaga dari Sekarang

Tingginya kolom abu dan adanya lontaran lava pijar, menunjukkan betapa pentingnya warga untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana alam. Semoga keadaan segera tenang dan membaik.

Written by H

Kiky Saputri hamil anak pertama

Kiky Saputri Umumkan Kehamilan Anak Pertamanya Saat Sedang Liburan di London

Caleg Mau Jual Ginjal

Ada-Ada Saja, Orang Jatim Ini Mau Jual Ginjalnya Buat Modal Nyaleg