5 Sejarah dan Fakta Penting Jelang Gerhana Matahari Total di Indonesia Tahun Ini!

oleh Anas Anas
13:12 PM on Mar 1, 2016

Langit Indonesia akan mengalami fenomena langka dan unik di tanggal 9 Maret 2016 nanti. Apa itu? Ya, Indonesia akan dilewati fenomena gerhana matahari total. Gerhana matahari total adalah peristiwa matahari, bulan dan bumi terletak pada satu garis lurus. Bulan berada di antara matahari dan bumi sehingga cahaya matahari ke arah bumi terhalang oleh bulan secara keseluruhan.

BACA JUGA: 5 Fakta Tentang Nyai, Wanita Pribumi Peliharaan Pria Belanda Zaman Penjajahan

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Indonesia, selama satu abad terakhir, sudah mengalami 10 kali gerhana matahari total. Di antaranya tahun 1901, 1926, 1929, 1934, 1962, 1983, 1984, 1988, 1995, dan 2016. Di setiap momen gerhana tersebut masing-masing mempunyai cerita unik tersendiri. Nah, berikut kami sajikan beberapa cerita unik tersebut hanya buat kamu. Check this out!

1. “Gara-gara” Einstein

Di tahun 1929, Indonesia, yang saat itu masih beranamakan Hindia Belanda, dilintasi gerhana matahari total di bagian Aceh yang kemudian bergerak ke Laut Cina Selatan. Saat itu, gerhana matahari total terjadi cukup lama dibandingkan biasanya, yakni sekitar lima menit.

Albert Einstein [image source]
Albert Einstein penemu Teori Relativitas [image source]
Einstein, ilmuan tersohor abad 20, pernah membuat “gara-gara” ketika terjadi gerhana matahari total 1929 di Hindia Belanda. Menurut Einstein, dalam teori relativitasnya disebutkan cahaya bintang akan mengalami pembelokkan atau defleksi ketika melewati matahari. Karena teori inilah para ilmuwan Jerman yang dipimpin Von Kluber sampai mau jauh-jauh datang ke Hindia Belanda untuk penelitian. Momen gerhana matahari total ini dianggap momen yang pas untuk penelitian. Walhasil, Royal Astronomical Society mencatat ekspedisi ini sukses besar untuk penelitian teori relativitas Einsten itu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA