4 Tradisi ‘Saling Bunuh’ yang Mencengangkan Ini Ternyata Ada di Indonesia

oleh Riris Permatasari
13:25 PM on Mar 1, 2016

Mendengar kata pembunuhan, mungkin kita akan langsung bergidik ngeri membayangkan darah berceceran dan tubuh yang membujur kaku. Kengerian itu akan semakin menjadi-jadi saat kita mendengar adanya kelompok tertentu yang menjadikan pembunuhan sebagai kebiasaan dan tradisi. Lalu apa yang kalian pikirkan jika pembunuhan itu terjadi sangat dekat dengan lingkungan kita?

Well, bagi kalian yang belum tahu, ternyata ada beberapa suku di Indonesia yang menjadikan pembunuhan sebagai salah satu tradisi. Ada berbagai alasan dan tujuan di balik tindakan sadis yang mereka lakukan. Suku mana saja yang memiliki tradisi saling bunuh, dan apa tujuan mereka melakukan itu? Berikut ulasannya!

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

1. Carok, Madura

Tradisi carok menjadi alasan kenapa beberapa orang bergidik ngeri saat harus pergi ke Pulau Madura. Saat terjadi perselisihan, orang Madura akan mengambil sabit (pisau tajam berbentuk melengkung yang jadi senjata khas Madura), dan tak segan membacokkannya pada lawan.

Ilustrasi carok di Madura [image source]
Ilustrasi carok di Madura [image source]
Terlebih lagi, orang Madura dikenal memiliki temperamen yang sangat tinggi sehingga aksi carok dilakukan demi mempertahankan harga diri. Tradisi ini jelas dilarang karena bertentangan dengan hukum. Namun dalam beberapa kasus, beberapa orang Madura masih kerap melakukannya untuk melawan orang yang dianggap musuh.

2. Kanibalisme, Papua

Masih ingat dengan kasus Sumanto yang memakan mayat manusia beberapa waktu lalu? Well, ternyata itu bukan kasus pertama yang terjadi Indonesia. Ternyata, negeri kita sempat didiami oleh suku-suku yang melakukan praktek kanibalisme.

Suku asli Papua [image source
Suku asli Papua [image source]
Beberapa tahun lalu ada laporan adanya praktek kanibal yang dilakukan suku Korowai, di mana seorang ayah memakan putrinya sendiri yang baru berusia tiga tahun. Tragisnya, gadis tersebut dimakan dengan cara digigit lehernya, kemudian dinikmati daging dan darahnya. Menurut berbagai sumber, ritual kanibalisme ini hanya dilakukan pada orang-orang yang melakukan pelanggaran adat dan hukum.

3. Ngayau, Kalimantan

Ngayau atau kayau adalah tradisi berburu kepala yang dilakukan suku Dayak, Kalimantan. Dalam bahasa Dayak sendiri kayau memang berarti musuh. Dengan kata lain, ngayau berart berburu kepala musuh. Namun dengan adanya ngayau, bukan berarti orang Dayak adalah suku kejam yang tak mengenal peri kemanusiaan.

Ngayau di Kalimantan [image source]
Ngayau di Kalimantan [image source]
Nyatanya, perburuan kepala hanya dilakukan saat orang Dayak merasa terancam, misalnya dalam perang. Selain itu, bukan sembarang orang yang bisa melakukan kayau. Penebasan kepala musuh sendiri dilakukan karena mereka percaya cara ini akan menghindarkan dari gangguan roh musuh.

4. Ritual Suku Naulu, Maluku

Kalau di Kalimantan ada tradisi Ngayau untuk mempertahankan kekuasaan, maka lain pula di Maluku. Ada satu suku bernama Naulu yang dikenal memiliki tradisi penggal kepala manusia untuk persembahan. Bagi suku Naulu, persembahan kepala manusia adalah ritual suci yang akan melancarkan kehidupan mereka. Adapun persembahan kepala ini biasanya dilakukan saat pria melamar seorang wanita, atau saat pengukuhan seorang pemuda menjadi pria dewasa. Selain itu, ritual ini juga dilakukan untuk melindungi rumah dan warga dari kesialan.

Naulu di Maluku [image source]
Naulu di Maluku [image source]
Sempat dinyatakan punah, ritual ini ternyata masih berlanjut hingga tahun 2005. Saat itu, dua jenazah tanpa kepala ditemukan di kawasan Maluku. Setelah ditelusuri, ternyata mereka menjadi korban persembahan untuk menjaga rumah adat suku tersebut. Pemerintah setempat pun melakukan tindakan tegas dan melarang tradisi ini diteruskan. Beberapa pelakunya dihukum mati, sedangkan beberapa lainnya dipenjara seumur hidup.

Benar-benar kisah yang mengerikan bukan? Untungnya, Indonesia telah menerapkan hukum yang tegas atas tindak pembunuhan sehingga kejadian ini bisa diminimalisir. Sesuai dengan perkembangan jaman yang ada, tentunya pemerintah mengatur nilai-nilai yang lebih cocok diterapkan pada keberagaman masyarakat masa kini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA