Melihat namanya saja tentu kalian semua sudah tahu apa sih tugas seseorang Paspampres. Bahkan bila disuruh untuk menggambarkan sosoknya, tentunya bukan merupakan pekerja sulit. Pasalnya, pada umumnya mereka mempunyai ciri-ciri berbadan kokoh dan selalu siap siaga terus. Selain itu pasukan yang diwajibkan berkorban nyawa demi Kepala Negara ini, juga merupakan prajurit-prajurit terlatih. Jadi sangat siap dalam segala kondisi.

Masih tentang Paspampres, pernah enggak sih kalian membayangkan sebenarnya mereka ini dibayar berapa. Apakah layaknya pekerja di Bank, Pegawai Negeri Sipil atau malah lanyaknya seorang Tentara? Entahlah, dari pada berasumsi, yuk-yuk mari kita lacak bersama seberapa besar gaji mereka lewat ulasan berikut ini.

Bayaran komandan Paspampres Mayjen Maruli Simanjuntak

Kalau kalian merasa kaget di Paspamres ternyata ada komandannya, agaknya kita mengalami yang hal sama. Terlepas dari hal tersebut, untuk tahu ini nama Mayjen Maruli Simanjuntak menjadi prajurit yang akan menjabat posisi tersebut. Menurut Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018, tanggal 29 November 2018 lalu, dirinya dipromosikan sebagai komandan pasukan tersebut.

Mayjen Maruli Simanjuntak dan rekan [Sumber Gambar]
Kembali ke permasalahan bayaran, ternyata mereka yang menjadi anggota ini gajinya mengikuti jabatannya di kesatuan TNI. Dilansir Boombastis dari Moneysmart.id, lantaran pangkat menantu Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan tersebut adalah Mayor kini, jadi ia menerima gaji pokok sebesar 3.230.600 atau naik seratus ribu dari bayaran sebelumnya berjumlah 3.132.700. Tapi jumlah tersebut berpotensi bertambah lantaran di tahun 2018 silam, pemerintah lewat silam kementerian keuangan setuju menaikkan gaji tentara sampai 70 %.

Ilustrasi uang bayaran [Sumber Gambar]
Berkaca dari hal tadi, tentunya Gaji Paspampres yang kerap berada di sekitar Presiden juga mempunyai kemiripan yaitu berdasarkan pangkatnya di kesatuan TNI. Dari penelusuran penulis, bayaran tersebut dibagi menjadi empat golongan yaitu golongan I Tantama 1.555.200 – 2.819.500 , golongan II Bintara 2.003.300 – 3.839.800, golongan III Perwira Pertama 2.604.400 – 4.551.700 dan golonngan IV Perwira Menengah -Tinggi 2.856.400- 5.646.100. Data ini berdasarkan gaji TNI 2018.

Tunjangan-tunjangan yang juga diperoleh mereka

Selain hal tadi para Tentara juga masih menerima pemasukan lain dari profesinya itu. Bila mengacu pada komponen gaji prajurit yang sejak dahulu sudah ada, mereka wajib menerima dua jenis bayaran yaitu berupa gaji pokok dan tunjangan. Berbicara hal tersebut dari pantau penulis terdapat ada tujuh tunjangan yang bisa didapatkan oleh para Tentara Nasional Indonesia. Mulai dari tunjangan suami atau istri TNI sampai kinerja.

Hari Bhakti Paspampres [Sumber Gambar]
Khusus hal terakhir tersebut juga akan mengalami kenaikan sebesar 70 persen. Tunjangan yang juga bernama tukin tersebut menurut PP No.87/2015 tentang Tunjangan Kinerja TNI, sebelum kenaikan, besaran tunjangan berada pada rentang Rp 1,1-35,07 juta. Kenaikan yang tergolong lumayan untuk meningkatkan semangat para prajurit. Selain itu, tunjangan operasi pengaman juga tergolong besar dimana mereka yang melakukan kegiatan itu, akan mendapatkan rata-rata kenaikan gaji pokok sebesar 50 sampai 150 persen.

Aksi Pengawalan RI 1[Sumber Gambar]
Tergantung kategori operasi pengamanannya yang mana ada empat ‘level’ yaitu yang bertugas dan tinggal di wilayah pulau kecil terluar tanpa penduduk, lalu di tempat sama ada penduduknya, terus melakukan pengamanan di wilayah perbatasan, dan terakhir untuk mereka yang bertugas sesaat di wilayah udara dan laut perbatasan atau pulau kecil terluar.

BACA JUGA: 5 Pelajaran Hidup dari Figur Paspampres yang Bisa Digunakan Untuk Meraih Kesuksesan

Nah begitulah sobat Boombastis beberapa gaji seorang Paspampres, bagaimana apa kalian terkejut atau malah biasa saja? Kalau aku sih sedikit terkejut dengan jumlahnya. Tapi, terlepas dari hal itu harus kita akui mereka adalah orang-orang hebat, lantaran rela mempertaruhkan seluruh jiwa dan raganya untuk Indonesia.