Di unggahan akun instagram @media.netizen, ada video seorang remaja yang bikin geleng-geleng para netizen. Entah karena enggak ada kerjaan, sekedar iseng atau ingin viral, gadis berjilbab hitam ini memakan tisu yang telah dipakainya. Mulanya ia membersihkan wajahnya dengan tisu seperti pada umumnya para wanita. Tapi tanpa alasan yang jelas, gadis ini langsung saja memakan tisu tadi dengan santainya.

Mungkin bagi kita yang menontonnya, remaja ini hanya berniat iseng. Atau bisa juga ingin viral karena tingkah laku uniknya. Tapi, menurut kacamata kesehatan, gadis ini bisa saja mengidap sebuah kelainan. Adalah Pica, di mana itu merupakan sebutan untuk orang yang suka memakan benda-benda tak lazim.

Dikutip dari situs web National Eating Disorders, tanda-tanda seseorang mengidap penyakit pica adalah memakan benda-benda tak lazim yang tidak mengandung nilai gizi baik bagi tubuh. Selain itu, ia memakan benda tersebut secara terus menerus setiap harinya. Kemudian ciri terakhir adalah ia akan melakukan hal tersebut lebih dari satu bulan.

Tapi, bukannya ciri tersebut bisa saja terjadi pada suku yang sudah mempunyai kebiasaan itu sejak lama ya? Nah, kalau masalah itu sih lain cerita. Jika penderita Pica, ia akan memakan benda tak lazim tersebut seorang diri. Tanpa ada bimbingan dari keluarga atau pun masyarakat. Bahkan tidak ada paksaan dari siapapun agar dia mengonsumsi benda-benda tersebut. Pada intinya sih, itu adalah keinginan yang murni dari diri sendiri.

Bisa saja menderita penyakit Pica [Sumber Gambar]
Kalau si remaja tadi benar-benar menderita Pica, akan ada banyak dampak yang bakal ia terima. Dinukil dari okezone.com, tisu yang mengandung pewarna bisa menyebabkan keracunan pada tubuh. Bahkan bisa meningkatkan risiko kerusakan pada otak. Sedangkan pada WebMD, memakan tisu bisa menyebabkan penumpukan bakteri atau parasit di dalam perut. Nah, bakteri tersebut dapat menimbulkan infeksi yang berakibat merusak ginjal dan juga hati.

Efek negatif lainnya yang tak kalah mengerikan adalah sistem pencernaan menjadi amburadul. Melansir dari laman okezone.com, pencernaan bisa melambat sampai gerakan peristaltik yang tiba-tiba berhenti. Keadaan ini akan membuat si penderita Pica mengalami kenaikan berat badan yang sangat cepat. Lalu akan lebih sulit untuk menurunkan bobot tubuhnya.

Sebenarnya peristiwa seperti ini tidak terjadi satu kali saja. Tapi sudah ada fenomena sebelumnya yang tak kalah viral di media sosial. Yaitu wanita bernama Khosik Assyifa memakan sabun batangan seperti cokelat. Bahkan ia sudah melakukannya berulang kali dengan merek sabun yang berbeda. Terbukti dengan beberapa video yang diunggahnya di akun instagram pribadinya.

BACA JUGA :Kebiasaan Makanmu Jadi Aneh? 4 Kelainan Ini Bisa Jadi Sedang ‘Bertamu’ ke Tubuhmu

Namun atas apa penyebab gadis memakan tisu bekas pakai ini masih belum diketahui ya. Jadi kita tidak bisa memvonis perempuan tersebut sebagai penderita Pica. Pasalnya, butuh keterangan lebih lanjut dan juga pemeriksaan dari dokter. Jadi, anggap saja apa yang dilakukan oleh wanita tersebut hanya iseng belaka.