in

Mengenal Silariang, Kawin Lari Asal Suku Bugis yang Bisa Berakhir dengan Pertumpahan Darah

Ketika tak ada restu dari orangtua, sepasang kekasih terkadang berpikiran nekat supaya tetap melangsungkan pernikahan. Dengan kawin lari misalnya. Menurut beberapa pasangan, cara ini cukup ampuh supaya jalinan cinta mereka tetap berjalan. Walaupun mereka tahu kalau restu orangtua di atas segalanya.

Omong-omong soal kawin lari, Suku Bugis mempunyai istilah tersendiri. Yaitu Silariang. Sebenarnya ini sama dengan kawin lari biasa, namun berbeda di beberapa aspek nih Sahabat Boombastis.

https://www.instagram.com/p/Bul2xX2gcf3/

Jika di Makassar, Silariang itu termasuk perbuatan yang disebut dengan Annyala. Di mana Annyala merupakan kesalahan terbesar yang dilakukan pasangan di mabuk cinta saat ingin menembus tembok restu dari kedua belah pihak keluarga. Dan fenomena tersebut menjadi aib dan dapat mencoreng nama keluarga besar, terutama untuk pihak perempuan.

Nah, ketika dua pasang kekasih ini memilih untuk Silariang, maka keluarga masing-masing mendapat julukan dari masyarakat. Untuk pihak perempuan akan disebut dengan appakasirik. Artinya, si perempuan sudah menjatuhkan harga diri keluarga. Sedangkan pada keluarga laki-laki akan dijuluki sebagai tumasirik. Sebutan tersebut mempunyai makna jika laki-laki yang membawa kabur perempuan, maka keluarganya akan kehilangan muka di masyarakat.

Silariang adalah kawin lari asal Suku Bugis [Sumber Gambar]
Tapi, si wanita dan pria yang melakukan silariang juga ikut mendapat julukan buruk di mata masyarakat. Namanya adalah tumate attallasa yang artinya adalah orang mati namun masih hidup. Maksudnya, mereka berdua sudah diibaratkan mati dan tidak akan dianggap lagi oleh pihak keluarga. Akan tetapi, anggapan ini akan hilang dengan sendirinya jika mereka melakukan mabbajik alias memperbaiki hubungan.

Akibat dari silariang ini bukan hanya mendapatkan julukan buruk gengs. Namun untuk keluarga wanita akan tercipta dendam yang dibebankan ke pundak para laki-laki. Ini dilakukan lantaran untuk menegakkan harga diri keluarga di depan masyarakat. Jadi, wajib hukumnya bagi para lelaki untuk melukai lelaki pasangan silariang tersebut menggunakan badik. Tak peduli di mana dan kapan pun para lelaki harus melakukannya tanpa ampun.

Keluarga dari pihak perempuan diharuskan membunuh lelaki dengan badik [Sumber Gambar]
Namun, pasangan silariang tidak akan mendapat julukan-julukan atau hukuman apabila mereka sudah berada di rumah imam kampung. Berdasarkan peraturan yang berlaku, pasangan tersebut tidak boleh diganggu dalam bentuk apapun. Tapi di sini imam kampung juga tidak berpangku tangan begitu saja. Ia bertugas untuk mendamaikan pasangan silariang dan masing-masing keluarga.

Lalu, bagaimana silariang di zaman sekarang? Dilansir dari laman daenggasing.com, hukum adat atas pelaku silariang masih terus dilakukan. Bedanya hanya menusuk pasangan silariang dengan badik semakin menurun. Dikarenakan itu dianggap tidak adil dan bisa menjebloskan diri ke penjara.

BACA JUGA : Wajib Kawin Lari Hingga Tidur Terpisah, Begini Kehidupan Pernikahan ‘Nyeleneh’ Sasak Ende

Ya begitulah sedikit penjelasan mengenai silariang. Tindakan kawin lari dianggap sebagai aib dan menjatuhkan martabat keluarga di mata masyarakat. Dari sini, kita bisa belajar kalau kawin lari memang perbuatan tak baik. Pasalnya, restu orangtua adalah jalan menuju kelancaran hubungan kalian nantinya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tidak Banyak Diketahui, Inilah Deretan Warga Kim Jong Un yang Sukses Tembus Klub Eropa

Viral Perempuan Makan Tisu Bekas Pakai, Apa Sih Penyebab Pastinya?