5 Fenomena Alam Terburuk yang Bisa Membunuhmu Dalam Sekejap Mata

oleh Adi Nugroho
11:40 AM on Apr 4, 2016

Alam selalu menyimpan banyak sekali misteri dan fenomena yang susah sekali dipecahkan. Fenomena ini datang begitu saja hingga akhirnya membuat manusia jadi kaget. Bahkan sebelum bisa menerjemahkan apa yang terjadi, fenomena ini sudah merenggut nyawa manusia dengan cepat, tepat, dan tak meninggal apa-apa.

Bumi ini memiliki banyak sekali fenomena alam terburuk, sebut saja gempa bumi lalu juga tsunami. Selain dua hal di atas, bumi ini masih memiliki banyak sekali fenomena yang sangat mematikan hingga banyak manusia ingin menghindarinya. Inilah lima fenomena alam paling buruk yang pernah ada di dunia ini.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Erupsi Limnic

Erupsi Limnic adalah salah satu erupsi paling langka di dunia. Bahkan dalam sejarah manusia baru tercatat dua kali ledakan yang keluar dari dasar danau ini. Saat terjadi ledakan, sejumlah karbon dioksida yang jumlahnya sangat banyak mendadak menyebar di udara. Orang-orang yang berada di sekitar ledakan akan meninggal dengan cara yang mengenaskan. Mereka tidak akan bisa napas dan akhirnya meregang nyawa.

Danau Nyos [image source]
Danau Nyos [image source]
Kasus erupsi limnic terjadi di bumi ini pada tahun 1984 di mana Danau Monoun menyemburkan sejumlah gas beracun ini. Akibatnya 37 orang meninggal dunia dengan mengerikan. Selanjutnya di tahun 1986, Danau Nyos menyemburkan gas karbon dioksida ke udara dan membuat 1.800 orang meninggal dunia dalam waktu yang cepat. Bahkan semua hewan ternak yang ada di lokasi juga ikut menjadi korban.

2. Dirty Thunderstorm

Dirty Thunderstorm memang tak nyaris berbeda dengan kilat yang terjadi saat hujan badai berlangsung. Hanya saja, awan yang memicu munculnya kilat ini berasal dari awan yang muncul ketika ada ledakan gunung berapi. Kilat dari awan erupsi ini menciptakan kilat yang jumlahnya sangat banyak dan berkelanjutan di udara. Dalam beberapa kasus ada yang sampai menyambar dan menuju permukaan bumi.

Dirty Thunderstorm [image source]
Dirty Thunderstorm [image source]
Beberapa gunung dengan ledakan yang sangat besar biasanya menghasilkan Dirty Sthunderstorm. Di Indonesia sendiri fenomena ini pernah terjadi saat Gunung Kelud terakhir meletus dan membuat banyak daerah di Pulau Jawa menerima dampaknya. Fenomena ini sangat langka hingga kadang menjadi buruan para fotografer yang tak takut mati.

3. Gelombang Panas

Gelombang panas adalah salah satu fenomena alam yang paling banyak memakan korban di seluruh dunia. Fenomena ini bisa terjadi setiap tahun dengan daerah yang kadang berpindah-pindah. Tahun lalu gelombang panas yang sangat mematikan menerjang India pada bulan April dan Mei 2015. Akibatnya lebih dari 1.500 meninggal dunia karena tak kuat menahan panas dari tubuh.

gelombang panas India [image source]
gelombang panas India [image source]
Selanjut di tahun yang sama di Juni 2015, sebanyak 2.500 orang meninggal dunia di Karachi, Pakistan akibat kepanasan. Gelombang panas seperti ini juga sering melanda Amerika saat musim panas dengan korban yang berjatuhan cukup banyak. Fenomena gelombang panas bisa datang kapan saja dan merenggut banyak orang dengan sangat cepat.

4. Hailstorm (Hujan Es)

Hailstor, adalah sebuah fenomena hujan es yang akan menjatuhi apa saja yang ada di bawahnya. Berbeda dengan hujan salju, hujan es jatuh dalam bentuk bongkahan dengan ukuran yang beraneka ragam. Jika hujan ini terjadi maka manusia yang ada di bawahnya akan merasakan dirajam dengan batu yang jumlahnya sangat banyak.

Hujan Es [image source]
Hujan Es [image source]
Hujan seperti bisa terjadi di banyak sekali tempat di dunia. Namun fenomena ini sangatlah langka hingga tak bisa terjadi setiap saat. Rekor es yang jatuh ke permukaan bumi memiliki berat hingga 1 kg. Jadi bisa dibayangkan bagaimana rasanya dijatuhi batu seberat 1 kg dari ketinggian ratusan meter dari langit.

5. Angin Topan Tropis

Angin Topan ada fenomena alam paling mengerikan yang pernah terjadi dunia. Dalam setahun, puluhan topan besar bisa terbentuk di lautan lalu menghajar daratan dengan kekuatan yang sangat kuat Bahkan bangunan yang sangat kuat sekali pun bisa rusak. Tentu manusia yang sangat kecil bisa dilindas dan membuat mereka meninggal dalam sekejab mata.

Angin Topan Tropis [image source]
Angin Topan Tropis [image source]
Salah satu topan paling mengerikan adalah Topan Katrina yang menghantam wilayah Amerika Utara dan tengah. Selanjutnya ada Topan Patricia yang terjadi di tahun 2015 lalu dan memiliki kekuatan hingga 345 km per jam. Topan ini juga menghantam wilayah Amerika bagian tengah dan mengakibatkan kerugian hingga 460 miliar dolar.

Inilah lima fenomena alam terburuk yang bisa membunuh manusia dalam sekejap mata. Fenomena ini ada dan terjadi begitu saja tanpa bisa dicegah oleh manusia. Itulah mengapa kita semua harus mawas diri dan lebih bersahabat dengan alam. Karena jika alam sudah mengamuk, manusia tidak ada apa-apanya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA