5 Negara Besar ini Punya Tingkat Bunuh Diri Tertinggi di Dunia, Ngeri!

oleh Adi Nugroho
11:40 AM on Apr 4, 2016

Kanker, HIV/AIDS, atau penyakit jantung lagi menjadi momok paling mengerikan di dunia. Dewasa ini dunia sedang mengalami darurat bunuh diri yang teramat parah. Fenomena mengerikan yang bisa dilakukan oleh siapa saja di dunia ini mulai menyebar ke banyak negara. Bahkan karena fenomena bunuh diri ini banyak orang menganggap jika nyawa manusia seperti tidak ada harganya lagi.

Orang-orang dengan tekanan mental yang sangat kuat akhirnya menjadi bunuh diri sebagai jalan keluar. Mereka beranggapan jika bunuh diri adalah solusi dari segala solusi yang ada. Akibatnya, di lima negara besar ini, bunuh diri sudah menjamur dan menjadi sesuatu yang menakutkan. Mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

1. Guyana

Guyana menempati tempat pertama sebagai salah satu negara dengan kasus bunuh diri paling banyak di dunia. Setiap 100.000 orang di guyana, sebanyak 44 orang di antaranya bunuh diri dengan cara yang mengerikan. Rata-rata orang yang bunuh diri di negeri ini melakukan aksinya karena depresi, kemiskinan, dan tidak merasa bahagia dengan hidup yang dijalaninya.

Bunuh diri di Guyana [image source]
Bunuh diri di Guyana [image source]
Selain karena masalah di atas, hal-hal terkait dengan perdukunan sangatlah kuat di Guyana. Banyak orang meninggal karena meyakini ajaran sesat itu. Ada yang mengatakan dengan bunuh diri akan mendapatkan keberkahan. Ada pula yang mengatakan jika dengan bunuh diri bisa terjadi karena kepada dikendalikan oleh kekuatan gaib.

2. Jepang

Dalam setahun 25.000 orang di Jepang dikabarkan meninggal dunia karena melakukan bunuh diri. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat jika keadaan ekonomi Jepang kian memburuk. Orang-orang yang tak bisa hidup dengan baik akan berupaya mengakhiri hidupnya dengan sangat cepat. Bahkan ada dari mereka yang banyak melakukan hal ini dengan bersama-sama.

aokigahara [image source]
aokigahara [image source]
Bunuh diri di Jepang sebenarnya sudah membudaya sejak zaman samurai. Kala itu banyak samurai yang melakukan seppuku karena kalah dalam perang. Lebih modern dari ini di Jepang juga berdiri beberapa sekte aneh yang mewajibkan semua pengikutnya melakukan bunuh diri secara bersama-sama. Terakhir ada juga hutan yang digunakan khusus untuk bunuh diri, nama hutan itu adalah Aokigahara. Hal-hal semacam ini membuat kasus bunuh diri di negeri ini kian memprihatinkan.

3. Korea Selatan

Kasus bunuh diri di Korea Selatan terbilang sudah sangat memprihatinkan. Bahkan pemerintah setempat sudah melakukan beberapa pencegahan dengan banyak melakukan penyuluhan. Tingginya angka bunuh diri di negeri ini bisa terjadi akibat adanya tekanan yang sangat kuat dari masyarakat. Selain itu banyak orang yang terobsesi dengan dunia artis harus berakhir dengan mengerikan karena tak tahan dengan persaingannya.

Bunuh Diri Korea Selatan [image source]
Bunuh Diri Korea Selatan [image source]
Selain dua hal di atas, netizen di Korea Selatan juga sangat kejam. Mereka suka sekali menekan banyak sekali orang hingga mereka bunuh diri. Hal-hal semacam ini di Korea Selatan lama-lama dianggap biasa. Bahkan bunuh diri dianggap sebagai salah satu solusi yang tak merepotkan untuk menyelesaikan semua masalah. Bunuh diri di Korea Selatan banyak dilakukan dengan gantung diri atau mengonsumsi racun.

4. Sri Lanka

Dalam satu hari saja, terdapat 11 orang yang meninggal akibat bunuh diri di Sri Lanka. Artinya dalam setahun saja, sudah ada 4.000 orang yang meninggal dengan cara tidak wajar ini. Sri Lanka mengalami peningkatan jumlah bunuh diri sepanjang tahun sejak perekonomiannya kian memburuk. Banyak orang miskin dan merasa tidak bisa melanjutkan hidupnya memilih bunuh diri daripada hidup dengan mengerikan.

Bunuh diri Sri Lanka [image source]
Bunuh diri Sri Lanka [image source]
Selain masalah ekonomi yang sangat meningkat. Sri Lanka juga memiliki beberapa tradisi lokal yang menganggap bunuh diri adalah hal yang biasa. Selanjutnya negeri ini juga banyak memiliki kelompok penjahat dan geng yang membuat banyak sekali penduduk lokal tak tahan hidup dalam tekanan yang sangat kuat.

5. Nepal

Nepal mengalami darurat bunuh diri setelah tahun lalu negeri ini mengalami bencana gempa bumi sangat besar. Konon gempa ini menjadi yang terbesar di Nepal dan menewaskan banyak sekali orang. Negeri ini hampir seluruhnya hancur hingga penduduk banyak sekali kehilangan rumah hingga pekerjaannya.

Bunuh diri pasca gempa [image source]
Bunuh diri pasca gempa [image source]
Akibat gempa ini banyak orang tidak bisa melanjutkan hidup dengan baik. Bahkan banyak dari mereka memilih mengakhiri hidup dengan cepat. Hidup dengan sengsara dipandang tidak akan memberikan kebahagiaan. Akhirnya bunuh diri yang mengerikan dipilih. Data dari Kepolisian Nepal menyebutkan jika ada 4.000 orang lebih yang melakukan bunuh diri pasca gempa bumi.

Inilah lima negara yang memiliki tingkat bunuh diri terbesar di dunia. Di negara ini, nyawa seperti tidak ada harganya hingga semua orang tega membantai dirinya sendiri. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Negeri ini hanya memiliki sedikit orang bunuh diri, dari 100.000 orang hanya ada 4 kasus bunuh diri. Semoga ke depannya, bunuh diri ini semakin menurun di dunia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA