Entertainment

Perbandingan Fashion Anak UB vs UGM, Mana Kampus yang Lebih Banyak Sobat Misqueen-nya?

Belakangan ini, trend mengenai “berapa harga outfit lo,” yang diinisiasi seorang YouTuber, YOSHIOLO, dalam acara Jakarta Sneakers Day 2019, tengah dibicarakan banyak orang. Melihat cuan-cuan bergelimpangan hanya untuk sebuah topi, selembar kolor, hingga sepasang sepatu, membuat DNA banyak sobat misqueen terguncang.

Hal ini pun diaplikasikan banyak orang untuk bertanya “berapa harga outfit lo,” kepada rekan-rekan di sekitarnya. Jika sebelumnya, Boombastis.com telah mengulas “berapa harga outfit lo,” milik artis-artis juga Hotman Paris yang katanya setara dengan harga mobil Ferrari, kini giliran mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang dan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kira-kira, kampus mana, ya, yang lebih banyak sobat misqueen-nya?

Uang kuliah mahal berbanding lurus dengan harga outfit anak Fakultas Kedokteran

Bukan hal baru lagi jika dari seluruh mahasiswa, mereka yang berada di Fakultas Kedokteran (FK) lah yang biasanya memiliki kekayaan berlimpah. Bukan hanya soal uang kuliah, tapi juga buku, material praktek, hingga alat-alat lainnya—meski tak sedikit pula yang masuk FK karena beasiswa. FK UB dan UGM sama-sama memiliki mahasiswa dengan selera fashion tinggi.

Fashion anak FK UB vs UGM [sumber gambar]
Diambil dari video YouTube Departemen Gaje dan Twentytwo-Zone, ada satu kesamaan fashion item yang dikenakan mahasiswa FK UB dan UGM, yaitu Apple watch—jam tangan pintar yang dibanderol harga Rp5 hingga 6 jutaan. Bedanya, mahasiswa FK UB yang diwawancara juga mengenakan tas dari Lacoste Rp1,3 juta dan sepatu Dr. Martens (Docmart) Rp1,8, sedangkan FK UGM hanya sebatas Adidas Falcon, tapi juga Rp2 jutaan, sih.

Mahasiswa gaul ber-hoodie, satu ngaku semua harganya, satu lagi katanya pinjam punya teman!

Salah satu outfit yang seringkali dijumpai di kampus ada hoodie—sweater lengkap dengan tudungnya. Terkadang, tudungnya juga dikenakan dengan menyisakan jambul yang sudah menjadi tren di kalangan para lelaki. Hal ini ternyata juga ditemukan di kampus UB dan UGM. Hanya saja, terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari dua mahasiswanya.

Mahasiswa UB yang mengenakan hoodie berwarna merah yang diakuinya dapat ketika cuci gudang, Rp299 ribu. Ia begitu menjelaskan detail dari kacamata hingga jam tangan, seperti video YOSHIOLO di Jakarta Sneakers Day. Bedanya dengan mahasiswa UGM, ia benar-benar mengenakan semua merek luar negeri yang harganya bisa mencapai puluhan juta, tapi hanya berkata “pinjam punya teman.”

Beli di butik luar vs depan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Berbeda dari poin sebelumnya, ketika dua mahasiswa FK UB dan UGM dibandingkan. Kali ini, satu mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UB, disandingkan dengan mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) UGM. Keduanya tampak sama-sama seperti mahasiswa aktif berorganisasi dan tak lalai mengerjakan tugas kuliah.

Fashion anak FPIK UB vs FT UGM [sumber gambar]
Dalam video milik Twentytwo-Zone, ketika mewawancarai mahasiswa FPIK UB ini, dirinya sempat bingung dengan harga tas yang disebutkan. “Kalau tas nih, butik luar, sih, kalau enggak salah $400,” ungkapnya, yang lalu dikonversikan ke rupiah menjadi Rp5 jutaan. Sedangkan, mahasiswa PWK UGM yang ternyata pernah masuk televisi ketika membongkar kecurangan Ujian Nasional (UN), mengungkap kacamatanya murah saja karena beli di depan UNY.

Nyentrik ala mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

Kebanyakan mahasiswa menyebut anak-anak FIB memiliki gaya berpakaian yang nyentrik. Rambut gondrong, dress bahkan kebaya pernah dikenakannya untuk ke kampus. Hal ini pun ditemui di kampus UB dan UGM. Mahasiswa FIB UB hanya tampak mengenakan sweater seadanya, sedangkan UGM mengenakan kaos pendek dengan luaran.

Meski tidak tampak seperti akan belajar di bangku kuliah, ternyata outfit yang dikenakan mereka cukup mengagetkan, sih, harganya. Terutama milik mahasiswa UGM, yang kaosnya saja beli di Inggris ketika sedang berkunjung ke sana. Harga yang tadinya Rp275 ribu, bisa mencapai Rp2 jutaan ditambah ongkos ke sana.

BACA JUGA: Perbandingan Gaya Via Vallen dan Nella Kharisma di Luar Panggung, Siapa yang Lebih Kece?

Berapa banyak sobat misqueen di setiap kampus cukup relatif, sih. Sebab, orang-orang yang diwawancarai oleh YouTuber Twentytwo-Zone dan Departemen Gaje, kan, hanya sampel, yang tidak mewakili keseluruhan mahasiswa dalam satu fakultas atau kampus. Namun, tak ayal UB menjadi akronim dari Universitas Berbayar, ya, outfit-nya meski terlihat biasa saja, harganya mehong, bok!

Share
Published by
Harsadakara

Recent Posts

Pecahkan Rekor! Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Jadi Jenderal Bintang 1 Termuda

Belakangan nama Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah menjadi sorotan publik karena prestasi yang ia…

3 days ago

Sejarah Panjang Sepatu BATA, Setia Temani Langkah Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berakhirnya produksi Pabrik Sepatu BATA yang bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.…

5 days ago

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

2 weeks ago

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

2 weeks ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

2 weeks ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

2 weeks ago